Beasiswa Luar Negeri: Segera Daftar, Kuliah S1 ke Turki Tanpa Biaya Sepeserpun!


Info_Beasiswa_-_Beasiswa_Turki_TDV-01

---

Apa sih yang ada di benakmu ketika mendengar nama negara ‘Turki’? Naik balon udara di Cappadocia? Atau berkunjung ke bangunan legendaris Hierapolis di Pamukkale? Tidak hanya destinasi wisatanya yang begitu menawan, Turki juga menjadi salah satu destinasi pelajar di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan lho

Turkiye Diyanet Foundation/Türkiye Diyanet Vakfı (TDV) saat ini menyelenggarakan program beasiswa bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat. Berbeda dengan Beasiswa Pemerintah Turki, beasiswa S1 Turki oleh TDV peserta akan mempelajari mengenai Teologi Islam (Islamic Theology) yang meliputi Islamic Studies (Studi Islam), Philosophy and Religious Studies (Studi Agama dan Filosofi), serta Islamic History and Arts (Seni dan Sejarah Islam). Universitas yang bekerjasama dengan program beasiswa ini adalah sebagai berikut: 

  1. Ankara University Faculty of Theology
  2. Marmara University Faculty of Theology
  3. Social Sciences University of Ankara Faculty of Religious Studies
  4. Istanbul University Faculty of Theology
  5. Uludag University Faculty of Theology
  6. Necmettin Erbakan University Faculty of Theology
  7. Erciyes University Faculty of Theology

Apakah ada nama universitas incaranmu? Supaya tidak kelewatan, segera persiapkan diri yuk! Baca detail persyaratannya di bawah ini:

mahasiswa beasiswa di turki

(Sumber: kuliahditurki.com)

Cakupan beasiswa:

  1. Gratis biaya perkuliahan hingga lulus (termasuk kursus bahasa Turki (TÖMER) dan kursus bahasa Arab).
  2. Tunjangan setiap bulan.
  3. Tiket pesawat PP Indonesia-Turki setiap tahun.
  4. Tempat tinggal berupa asrama.
  5. Asuransi kesehatan.
  6. Gratis Ijin/Biaya tinggal.
  7. Gratis camp musim panas dan musim dingin (berisi tambahan kursus bahasa Turki, bahasa Arab, dan Al Quran termasuk kegiatan sosial, pelatihan kepemimpinan, trip, dan sebagainya).
  8. Gratis kegiatan ekstrakurikuler (Bahasa Turki, Matematika, Bahasa Arab, Tafsir, Fikih, Hadith, Bahasa Inggris, dan lain-lain).
  9. Berbagai fasilitas dan kegiatan lainnya, seperti fasilitas olahraga indoor-outdoor, studi ekskursi pada situs bersejarah dan berbagai kota lainnya, piknik dan berbagai aktivitas sosial, konferensi, simposium, penelitian akademik, dan sebagainya.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Bukan merupakan warga negara Turki.
  2. Maksimal berusia 21 tahun (lahir setelah tanggal 1 Januari 2000).
  3. Tidak memiliki gangguan kesehatan baik secara mental atau fisik atau yang dapat menghambat studi di Turki.
  4. Merupakan lulusan SMA/SMK/Sederajat dengan hasil akhir yang baik (minimal 70% dari nilai maksimal. Misal: nilai minimal 70 apabila standar nilai maksimal adalah 100). Terbuka juga untuk pelamar yang masih menempuh kelas 12 (atau akan lulus tahun 2021).
  5. Tidak pernah mengulang atau dikeluarkan dari sekolah dengan waktu lebih dari dua tahun tanpa alasan yang sah setelah menyelesaikan sekolah menengah.
  6. Tidak pernah mendapatkan hukuman atau Surat Peringatan (SP) dari sekolah.
  7. Bagi mereka yang menjadi penerima Beasiswa TDV sebelumnya, dapat mendaftar beasiswa ini apabila beasiswanya tidak diakhiri secara sepihak oleh pihak yayasan.
  8. Bagi mereka yang saat ini sedang menjalankan studi di Turki tidak dapat mendaftar beasiswa ini.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Salinan resmi ijazah SMA/SMK/Sederajat yang telah dilegalisir. Apabila belum lulus, bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus dari pihak sekolah
  2. Salinan resmi transkrip nilai atau rapor yang menunjukkan bahwa pelamar telah menyelesaikan sekolah dengan nilai yang baik. Apabila belum lulus, bisa menyertakan transkrip nilai sampai semester 5 
  3. Salinan Kartu Identitas (dapat memilih salah satu, KTP/Paspor/Kartu Keluarga)
  4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas/Rumah Sakit yang menerangkan bahwa siswa tidak memiliki masalah kesehatan yang dapat mengganggu selama studi di Turki.
  5. Pasfoto ukuran 4,5cm x 6cm sebanyak 6 lembar.
  6. Visa pendidikan (dapat diurus setelah dinyatakan diterima pada Beasiswa TDV)
  7. Sertifikat prestasi akademik / kemampuan jurusan / kemampuan bahasa seperti TOEFL, IELTS (tidak wajib)
  8. Surat motivasi (Letter of Intent)
  9. Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru pembimbing
  10. Surat Penyetaraan dalam bahasa Turki. Surat Penyetaraan ini bisa didapatkan dari Kedutaan Besar Turki di Jakarta atau apabila tidak bisa, siswa dapat membuatnya di Kementerian Pendidikan di Turki setelah sampai di Turki.
Alamat Kedutaan Besar Turki di Jakarta:
Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. 1, Kuningan
Jakarta Selatan – 12950
Telp. 021-5256250

 

Catatan: Seluruh berkas dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

wisudawan di turki

(Sumber: kuliahditurki.com)

Untuk pendaftarannya dilakukan secara online melalui https://dbys.tdv.org/Account/Login. Jika belum memiliki akun, kamu harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara klik Sign Up, lalu pada bagian pilihan Nationality (kewarganegaraan), jika tidak ada tulisan Indonesia, pilih Endonezya (negara Indonesia dalam bahasa Turki). Pastikan alamat email yang kamu tulis merupakan alamat email yang aktif ya. Setelah membuat akun, cek email untuk mengaktifkan akunnya sehingga kamu bisa melengkapi formulir sesuai dengan data-data yang diminta. 

Pendaftaran beasiswa ini hanya dibuka hingga 15 Maret 2021. Pastikan kamu membaca syarat dan berkas dokumen yang dibutuhkan secara teliti ya, supaya tidak ada yang terlewatkan. Tahapan selanjutnya, akan ada seleksi wawancara yang dilaksanakan pada 15 April s/d 30 Juni 2021. Topik wawancara beasiswa ini, meliputi kemampuan membaca Al Quran, pengetahuan dasar Islam, pengetahuan umum, tingkah laku sehari-hari, ekspresi diri, keinginan dan kesadaran mengenai pendidikan tinggi, partisipasi dalam kegiatan sosial dan akademik, serta keterampilan bahasa dan visual.

Kontak yang Dapat Dihubungi

Email: egitim@tdv.org 

Website Resmi: https://diyanetburslari.tdv.org/ 

Wah, kesempatan bagus nih bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah S1 ke Turki. Semoga kamu menjadi salah satu orang beruntung tersebut ya! Sembari kamu menyiapkan seluruh berkas administrasinya, jangan lupa kalau kamu juga harus meningkatkan nilai rapormu. Supaya kamu makin semangat belajarnya, yuk, persiapkan prestasi akademikmu dengan belajar di ruangbelajar

New Call-to-action

Beri Komentar