Pengertian dan Karakteristik Globalisasi | Sosiologi Kelas 9

Header SOS9 - Konsep Pelajaran - Pengertian & Karakteristik Globalisasi _ Sosiologi kelas 9 -01

Apa sih itu globalisasi? Yuk, kita bahas bersama mengenai pengertian dan karakteristiknya berikut ini.

--

Guys, pasti kamu sering kan menggunakan jasa ojek online? Biasanya kamu menggunakannya untuk apa sih? Apakah untuk bepergian, memesan makanan atau mengirim barang? Kamu sadar nggak sih kalau hadirnya transportasi dan penyedia jasa online lainnya itu merupakan dampak dari globalisasi?

Kini, semua bisa dilakukan dengan lebih mudah secara online. Bahkan, kita nggak perlu lagi membawa uang tunai kemana-mana karena transaksi bisa dilakukan secara online. Lalu, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan globalisasi? Yuk, simak pengertian, proses terjadinya, karakteristik, hingga dampak positif dan negatifnya berikut ini.

 

Pengertian Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata globe yang artinya bulat, bola, atau bola dunia, dengan kata -isasi yang berarti proses. Kita bisa mengartikan bahwa, globalisasi adalah proses interaksi dan integrasi (persatuan) di antara masyarakat dunia.

Secara sederhana, globalisasi dapat diartikan sebagai proses mendunia yang memungkinkan masyarakat untuk saling berinteraksi dengan orang lain meskipun berjarak cukup jauh. Akibat globalisasi, kebudayaan dan ilmu pengetahuan bisa tersebar ke seluruh penjuru dunia. Semua ini bisa terjadi karena perkembangan teknologi yang semakin modern.

Baca Juga: Beberapa Upaya untuk Menghadapi Globalisasi

Globalisasi identik dengan istilah global village atau desa global, di mana batas-batas wilayah negara menjadi pudar karena kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi.

Mengapa batas negara disebut pudar? Batas negara disebut pudar karena semua orang bisa mengunjungi negara mana pun dengan sangat mudah karena bantuan alat transportasi modern. Selain itu, komunikasi antarmasyarakat beda negara bisa dengan mudah dilakukan karena bantuan alat komunikasi dan jaringan internet.

Hasil dari global village yang membuka sekat dan batasan antar negara dan masyarakat untuk saling berhubungan ini memunculkan istilah borderless society. Misalnya, kamu bisa berteman dan berinteraksi dari orang dari negara lain.

pengertian globalisasi

 

Karakteristik Globalisasi

Menurut Robin Cohen dan Paul Kennedy, karakteristik globalisasi adalah sebagai berikut.

1. Meningkatnya Masalah Bersama

Penyebaran virus penyakit seperti Covid-19 yang terbawa dari orang-orang yang bermigrasi menjadi masalah untuk seluruh negara di dunia. Selain itu, perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina juga memberikan dampak kepada negara lainnya.

2. Meningkatkan Interaksi Kultural Antar Negara

Interaksi kultural melalui teknologi seperti media massa dan internet menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, adanya migrasi atau kunjungan wisata ke sebuah negara juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya globalisasi, lho.

3. Tingkat Ketergantungan Tinggi Antara Negara-Negara di Dunia

Akibat faktor pasar dan produksi ekonomi, negara-negara di dunia memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi. Kegiatan perekonomian yang dilakukan secara global mendorong lahirnya organisasi World Trade Organization, pengawas pelaksanaan ekonomi perdagangan internasional.

4. Perubahan dalam Konsep Ruang dan Waktu

Konsep mengenai batasan ruang dan waktu pun memudar akibat bantuan teknologi komunikasi, internet, ataupun kemudahan bepergian ke negara yang sangat jauh.

 

Proses Terjadinya Globalisasi

Globalisasi ternyata tidak terjadi secara tiba-tiba, lhoGlobalisasi terjadi dengan melalui banyak proses. Apa saja ya kira-kira prosesnya?

  1. Globalisasi muncul karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan adalah proses awal terjadinya globalisasi. Melalui pengetahuan, manusia bisa melakukan banyak perubahan.
  2. Perkembangan ilmu pengetahuan adalah awal dari kemajuan teknologi informasi, teknologi komunikasi, dan teknologi transportasi.
  3. Kemajuan teknologi akhirnya mendorong banyak inovasi di kehidupan sosial masyarakat.

Salah satunya adalah kemajuan teknologi yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan. Sekarang ini, anak-anak dapat dengan mudah mengakses konten-konten pendidikan dari smartphone yang mereka gunakan. Contohnya adalah aplikasi belajar Ruangguru. Melalui produk ruangbelajar, Ruangguru mampu menjadikan teknologi sebagai medium penyedia konten dan sistem pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

Perlu diingat nih, kemajuan di bidang pendidikan yang didukung oleh teknologi, memberi dampak pada naiknya kualitas sumber daya manusia. Naiknya kualitas SDM, akhirnya menghasilkan generasi muda berprestasi, yang mampu membuat temuan-temuan serta trobosan yang berguna dan berdampak positif bagi masyarakat luas.

 

Aspek Positif dan Negatif Globalisasi

Arus globaliasi memberikan dua aspek dalam kehidupan sosial kita, yaitu aspek positif dan aspek negatif. Namun, aspek positif dan negatif globalisasi sebetulnya bergantung pada bagaimana masyarakat dan negara menyikapi globalisasi.

 1. Aspek Positif Globalisasi

  • Perkembangan ilmu pengetahuan yang memunculkan inovasi-inovasi di bidang teknologi
  • Perkembangan teknologi yang mendorong munculnya inovasi seperti ojek online
  • Interaksi antarmasyarakat menjadi lebih mudah karena kemajuan teknologi komunikasi
  • Perdagangan internasional dan kegiatan wisata luar negeri menjadi mudah karena teknologi transportasi
  • Kemajuan teknologi yang mengubah pola hidup menjadi serba cepat

Baca Juga: Dampak Positif & Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi dan Sosial Budaya

 2. Aspek Negatif Globalisasi

  • Masuknya budaya asing kerap mengikis budaya asli masyarakat
  • Meningkatnya konsumerisme atau senang menggunakan dan mengonsumsi barang dari luar negeri karena perkembangan perdagangan internasional
  • Masuknya pola hidup Barat yang berbeda dari masyarakat Indonesia, atau disebut westernisasi
  • Berubahnya masyarakat agraris menjadi masyarakat industri yang membuat kehidupan pertanian mulai ditinggalkan

 --

Sekarang kalian sudah tahukan pengertian globalisasi beserta karakteristiknya? Globalisasi dapat berpengaruh positif dapat juga berpengaruh negatif. Pada dasarnya, globalisasi berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan, terutama pada ilmu pengetahuan. Jadiii agar globalisasi ini berdampak positif, maka kalian juga harus terus belajar dan berkembang ya. Ketika kalian tidak terus belajar dan mencoba beradaptasi, sudah pasti kalian akan tertinggal dengan perkembangan yang begitu pesat. Karena sekarang kalian sudah tahu apa yang dimaksud dengan globalisasi, maka kalian harus cermat dalam menghadapinya.

ruangbelajar

Referensi: 

Sunarto, K.(1993) Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit FE – UI.

 
Profile

Fahri Abdillah

Tertarik dengan isu pendidikan, literasi media, dan budaya. Suka jalan-jalan ke tempat baru, fotografi, dan menulis.