Pengertian Konsumsi dan Perilakunya | Ekonomi Kelas 10

Ekonomi_10

Hayoooo Squad disini siapa yang hobi membaca? Pasti banyak nih Squad yang suka baca. Nah, Squad tau tidak kalau membaca merupakan salah satu contoh sederhana dari kegiatan konsumsi.

Kok bisa? Nah, definisi konsumsi adalah kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai atau kegunaan dari barang dan jasa. Kenapa membaca merupakan salah satu contoh kegiatan konsumsi? Karena pada saat membaca kita telah mengurangi nilai guna dari buku tersebut. Squad, orang yang melakukan konsumsi itu disebut konsumen.

membaca buku kegiatan konsumsi

Membaca buku termasuk kegiatan kunsumsi (Sumber: pngimage.net)

Berdasakan pengertiannya, tujuan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup guna memperoleh kepuasan. Contohnya, jika kita haus akan terasa puas jika sudah minum, begitu pula jika kita lapar akan merasa kenyang jika sudah makan. Suatu kegiatan dianggap kegiatan konsumsi ketika tujuannya untuk memenuhi kebutuhan. Jika ibu membeli beras kemudian dimasak menjadi nasi dan dijual maka BUKAN dianggap sebagai kegiatan konsumsi karena tidak dikonsumsi sendiri.

Tau nggak kenapa barang atau jasa yang dikonsumsi oleh setiap orang berbeda-beda? Mengapa bisa? Ini karena banyak faktor yang dapat memengaruhi konsumsi seseorang antara lain, pendapatan, harga, adat-istiadat atau kebiasaan, jumlah penduduk dan selera.

 

faktor yang mempengaruhi konsumsi

 Lalu, adakah aspek-aspek positif dan negatif dari perilaku konsumsi? Tentu ada, aspek-aspek ini dilihat dari bagaimana seseorang mengkonsumsi suatu barang yang berpedoman pada prinsip dan motif ekonomi.

Aspek positif perilaku konsumsi

  • Menjaga keberlangsungan siklus ekonomi, baik bagi konsumen maupun produsen.
  • Menyebabkan kegiatan perekonomian menjadi lebih maju
  • Arus perputaran barang dan jasa menjadi lebih cepat sebagai konsekuensi atas tindakan konsumsi yang berkelanjutan.

Bagi produsen terdorong meningkatkan produksinya, sedangkan bagi konsumen dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Adanya sikap konsumtif yang dilakukan oleh konsumen, sikap ini mendatangkan permintaan yang mendorong pertumbuhan kegiatan perekonomian.

Aspek negatif perilaku konsumsi

  • Dapat menyebabkan seseorang bersikap tidak hemat.
  • Sikap tidak hemat dapat menyebabkan terjebak utang-piutang
  • Menurunkan motivasi untuk menabung, mengakibatkan sumber dana investasi di Bank juga menurun.

rangkuman pengertian konsumsi

Nah Squad, ternyata perilaku konsumsi kita bisa memengaruhi arus perekonomian bangsa lho. Oleh karena itu selalu menjadi konsumen yang cerdas ya. Oh iya Squad, selain konsumsi ada dua kegiatan ekonomi lainnya lho yaitu produksi  dan distribusi. Coba yuk kalian baca juga artikel tentang produksi dan distribusi.  

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh lagi mengenai materi seperti ini dengan video-video yang keren disertai latihan soal, yuk tonton lewat ruangbelajar! DI ruangbelajar ada video penjelasan dari tutor dengan animasi-animasi yang menarik lho. Soal latihan dan rangkumannya juga ada. Daftar sekarang juga ya!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Alam S., (2016) Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Erlangga. 

Sumber foto:

Ilustrasi anak membaca [Daring]. Tautan: https://pngimage.net/anak-membaca-png-9/ (Diakses: 2 Desember 2020)

 

Artikel diperbarui pada 2 Desember 2020

Aulia Annaisabiru E