Penggolongan Materi Secara Fisika: Padat, Cair, dan Gas | Fisika Kelas 7

Hani Ammariah Sep 3, 2021 • 3 min read


Penggolongan Materi Secara Fisika

Dalam Fisika, materi digolongkan menjadi tiga macam, yaitu padat, cair, dan gas. Artikel ini akan menjelaskan pengertian materi, serta ketiga macam wujudnya.

--

 

Siapa sih di antara kamu yang nggak suka makan es krim? Rasanya yang manis dan lembut ini, pasti bikin banyak orang yang suka, ya. Apalagi kalo dimakannya pas siang hari yang terik. Beuuhh... segeerrr...!!!

Kamu tau nggak, es krim ini termasuk ke dalam materi loh, dan materi itu terbagi menjadi tiga macam wujud. Wah, apa tuh materi? Nah, di artikel ini kita akan bahas pengertian materi serta macam-macam wujudnya. Yuk, langsung aja kita simak, ya!

Apa Itu Materi?

Materi merupakan segala sesuatu (zat) yang menempati ruang dan memiliki massa. Maksudnya menempati ruang itu apa, sih? Artinya, materi ini memiliki volume. Sementara itu, maksud memiliki massa ini, artinya materi memiliki berat. 

Contohnya kayak es krim tadi, teman-teman. Es krim itu termasuk materi karena bisa kita masukkan ke dalam wadah (memiliki volume). Terus, kalo kita pegang es krimnya, pasti akan terasa beratnya. Yaaa... walaupun nggak berat-berat banget, sih. Hehehe...

Materi

Sampai sini, kamu paham ya mengenai materi? Intinya, materi itu punya dua syarat, yaitu punya volume dan massa.

Baca juga: Macam-Macam Sifat dan Perubahan Bentuk Zat 

 

Klasifikasi Materi

Nah, dari tadi kita ngomongin kalo materi itu punya volume dan massa. Tapi, kenapa bisa begitu? Alasannya karena materi ini punya wujud. Dalam fisika, materi digolongkan menjadi tiga macam wujud atau bentuk, yaitu padat, cair, dan gas. Masing-masing wujud ini, punya ciri yang berbeda-beda.

Penggolongan Materi Secara Fisika Padat Cair Gas

Sekarang, coba kamu lihat gambar di atas, deh. Ketiga materi tersebut, punya susunan partikel yang berbeda, berdasarkan wujudnya. Materi yang wujudnya padat memiliki susunan partikel yang rapat-rapat. Kemudian, materi yang berwujud cair, partikel penyusunnya agak sedikit renggang. Sementara itu, materi berwujud gas, susunan partikelnya saling berjauhan.

Baca juga: Yuk, Kenali Perbedaan Unsur, Senyawa, dan Campuran

Contoh materi berwujud padat, cair, dan gas itu ada banyak ya, teman-teman. Misalnya aja es batu, air, dan uap air. Es batu termasuk materi berwujud padat. Susunan partikelnya rapat-rapat, makanya permukaan es batu keras (padat). Karena padat, bentuk dan volume es batu bakal tetap. Lalu, bagaimana dengan air?

Air termasuk materi berwujud cair. Nah, kalo kita taruh ke dalam wadah, air ini akan mengikuti bentuk wadah tersebut. Misalnya, kalo kita taruh air ke dalam gelas, bentuknya akan seperti gelas. Kalo kita masukkan ke dalam mangkok, bentuknya seperti mangkok, dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena partikel-partikel penyusun air memiliki jarak yang agak berjauhan, sehingga partikel-partikelnya pun bisa bergerak mengikuti wadahnya. Makanya, bentuk air akan berubah-ubah, tapi volumenya tetap sama.

Terakhir, ada uap air. Uap air ini, biasanya dihasilkan dari air yang dipanaskan hingga mendidih. Uap air berwujud gas, ya. Partikel-partikel penyusun uap air ini sangat renggang, sehingga bisa bergerak bebas. Makanya, bentuk dan volume uap air bisa berubah-ubah, mengikuti bentuk wadahnya.

Wujud Materi

Oke, sekarang kamu sudah tau nih mengenai tiga wujud materi secara fisika. Ada padat, cair, dan gas. Terus, kita juga sudah tau kalo ketiga materi tersebut punya ciri yang berbeda-beda. Sekarang, coba deh, sebutkan contoh materi yang wujudnya padat, cair, dan gas lainnya. Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya! Hehehe... 

Wah, seru banget kan materi kali ini? Kalo kamu ingin memelajari materi fisika lainnya dengan lebih mudah, segera daftar di ruangbelajar. Di sana, kamu akan mendapat berbagai rangkuman yang berisi infografis menarik dan video pembelajaran, lengkap dengan animasi yang mendukung, lho!

New Call-to-action

 

Artikel ini telah diperbarui pada 3 September 2021.

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak perhitungan. Dulu pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Matematika. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.

Beri Komentar