Peran IPTEK Terhadap Perubahan Jenis dan Struktur Pasar | Ekonomi Kelas 10

Ekonomi_10

Squad, apakah kamu pernah belanja online? Yap, sekarang berkat canggihnya perkembangan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi) kita sudah tidak perlu lagi repot-repot pergi ke toko atau pasar dan bermacet-macet ria di jalanan. Belanja kini semakin mudah, kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi, mencari barang apa yang dibutuhkan, lalu pesan, tinggal menunggu barang pesanan diantar ke lokasi tempat tinggal kamu. Mudah sekali ya,Squad!

Tapi tahukah kamu, jika aplikasi yang kamu gunakan itu termasuk e-commerce lho. Apa itu e-commerce? E-commerce merupakan kegiatan transaksi jual beli atau perdagangan yang memanfaatkan perkembangan IPTEK khususnya internet. Nah, berkat internet, penjual dan pembeli dapat “bertemu” di situs atau aplikasi e-commerce. Karena itu, e-commerce di sini juga bisa berarti perantara atau media yang memungkinkan terciptanya pasar di dunia maya.

Berkembangnya IPTEK dan menjamurnya situs serta aplikasi e-commerce memberikan manfaat bagi pembeli dan penjual dalam bertransaksi di pasar, di antaranya sebagai berikut.

1. Memperpendek jarak 

Jarak antara pembeli dan penjual menjadi terasa semakin dekat dengan adanya bantuan internet karena pembeli dan penjual tidak perlu bertemu untuk bertransaksi secara langsung.

 

2. Perluasan pasar 

Jangkauan pasar dari produk yang ditawarkan penjual semakin luas bahkan bisa sampai ke seluruh belahan dunia, yang sebelumnya jika tidak ada internet penjual hanya dapat menjual barangnya di suatu lokasi tertentu.

3. Perluasan jaringan mitra kerja 

Baik produsen maupun konsumen dari berbagai belahan dunia, tanpa batas negara, dapat saling bermitra dalam mengembangkan kegiatan ekonominya.

Baca Juga: Jenis dan Tingkatan Koperasi di Indonesia

4. Biaya lebih efisien

Interaksi antara penjual dan pembeli tidak harus secara fisik bertemu, sehingga mengurangi biaya transportasi. Penyediaan barang dan jasa juga cukup dengan menampilkan gambar atau foto dari produk yang diperjualbelikan, tidak perlu membangun atau menyewa toko yang menampilkan produk, dan  tidak memerlukan banyak tenaga kerja, pekerjaan dapat dikerjakan oleh aplikasi yang bekerja 24 jam non-stop.

5. Meningkatkan citra perusahaan

Citra perusahaan merupakan persepsi dari suatu perusahaan untuk dapat direkam oleh konsumen. Internet mempercepat  berkembangnya citra, karena profil perusahaan disebar melalui internet.

6. Menyederhanakan proses layanan 

Dengan layanan internet maka para konsumen tidak perlu antre dalam memesan produk, cukup membuka komputer atau handphone di rumah masing-masing, proses pembayaran juga dapat lebih mudah dan praktis dengan memanfaatkan layanan transfer antarbank.

7. Mempermudah akses informasi produk

Informasi produk dapat secara mudah dan cepat menyebar ke seluruh dunia, sehingga masyarakat calon pembeli dapat dengan mudah mengakses informasi kapan dan di mana saja.

Nah, dengan semakin berkembangnya kegiatan jual beli dengan internet, mendorong semakin berkembangnya jenis pasar abstrak karena kemudahan transaksi yang diberikan.

Pengaruh IPTEK Terhadap Perubahan Jenis dan Struktur Pasar

Gimana, Squad? Pembahasan kali ini mengenai peran IPTEK terhadap perubahan jenis dan struktur pasar sangat menarik ya. Ternyata begitu besar IPTEK mempengaruhi aspek hidup kita sampai pada jenis dan struktur pasar. Nah, kalau punya pertanyaan mengenai peran IPTEK dalam aspek-aspek lainnya kamu bisa tanya langsung lewat ruanglesonline dengan tutor yang kompeten kapan saja dan dimana saja, cobain yuk!

ruanglesonline

Referensi:

Alam S. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

Artikel ini diperbarui pada 7 Desember 2020.

Aulia Annaisabiru E