Pimpin Ruangguru, Belva Devara Dapatkan Penghargaan Alumni Terbaik dari Harvard

PR - Belva Alumni-01

Pendiri sekaligus Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara, memenangkan penghargaan Harvard Kennedy School Alumni Awards tahun 2020 di kategori Digital Innovation. Sesuai dengan pernyataan pihak Harvard, Belva menerima penghargaan ini atas kesuksesannya dalam menciptakan solusi pemanfaatan teknologi dan memimpin Ruangguru untuk menjadi perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar se-Asia Tenggara.

Setiap tahun, Dewan Alumni Harvard Kennedy School memilih sejumlah alumni dan jaringan alumni terbaik atas kontribusi dan upaya mereka dalam meningkatkan kehidupan publik komunitas lokal, nasional, maupun global, jelas laman penghargaan tersebut. Penerima penghargaan lain tahun 2020 adalah J. Mark Iwry (Amerika Serikat), Sara Minkara (Amerika Serikat-Lebanon), Theodora Skeadas (Amerika Serikat), Jerome Holmes (Amerika Serikat), Women in Defense, Diplomacy, and Development (W3D) Shared Interest Group (Amerika Serikat), dan Jerome A. Holmes (Amerika Serikat).

“Ini merupakan suatu kehormatan, bahwa almamater saya telah memberikan penghargaan ini,” ucap Belva. “Ini merupakan apresiasi dan pengingat bagi saya dan seluruh keluarga besar Ruangguru untuk terus berinovasi dan berpegang teguh pada visi kami, yaitu memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas dengan teknologi. Penghargaan ini untuk semua tim Ruangguru.”

 

Baca juga: Dukung Imbauan Social Distancing Pemerintah, Skill Academy by Ruangguru Buka Pelatihan Online Gratis

Belva mendirikan Ruangguru bersama sahabatnya, Iman Usman, di tahun 2014, ketika ia masih mengejar gelar master di jurusan Administrasi Publik di Harvard Kennedy School, Boston, Amerika Serikat. Selama masa belajarnya, Belva belajar bahwa kualitas pendidikan dapat mengubah masa depan seorang anak. Dalam semangat itu, Belva dan Iman memiliki visi untuk memanfaatkan teknologi dan menciptakan alternatif belajar dengan materi pendidikan berkualitas yang dapat diakses oleh lebih banyak siswa sekaligus. Melalui aplikasi mobile Ruangguru, kini materi belajar berkualitas dapat diraih dengan jauh lebih terjangkau dan efisien dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Kini, Ruangguru dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi yang mempermudah proses belajar bagi 17 juta murid dan memberikan akses kepada 300.000 guru, serta beroperasi aktif di Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 17 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat.

Ruangguru menyediakan layanan bimbingan belajar online dan marketplace guru melalui aplikasi Ruangguru, pelatihan soft skills untuk umum dan profesional secara online melalui platform Skill Academy, pusat pembelajaran blended learning secara online dan offline di 15 cabang Brain Academy di seluruh Indonesia, serta platform pelatihan bagi korporasi di aplikasi ruangkerja. Ruangguru juga telah melakukan ekspansi layanan dan produk ke pasar Vietnam  dan Thailand.

Ruangguru