Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia dan Afrika | Geografi Kelas 9

Fahri Abdillah Agu 19, 2021 • 4 min read


potensi sumber daya alam benua asia dan afrika

Artikel ini menjelaskan tentang macam-macam potensi sumber daya alam yang ada di benua Asia dan Afrika.

--

Siapa sih yang nggak tahu sebegitu beraneka ragamnya potensi sumber daya alam di Indonesia? Hampir semua negara mengakui Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam yang sangat berlimpah. Karena itulah, banyak negara yang ingin menguasai Indonesia. Bangsa-bangsa asing sangat tertarik dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, mulai dari rempah-rempah, minyak bumi, dan kekayaan alam lainnya. Tidak semua negara memiliki sumber daya alam seperti yang dimiliki Indonesia. Masing-masing benua pun memiliki potensi dan kekayaan yang berbeda-beda.

Nah, pada artikel ini, akan dijelaskan seberapa besar kekayaan sumber daya alam di Benua Asia dan Afrika. Apa saja sih potensi yang dimiliki masing-masing benua tersebut? Yuk, simak dan pahami dengan baik, ya!

 

Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia

Benua Asia mempunyai banyak lembah sungai besar yang subur dan terletak pada pertemuan jalur Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Sebagai akibatnya, Benua Asia mempunyai potensi alam yang menonjol di bidang pertanian dan pertambangan.

potensi sumber daya alam benua asia

1. Bidang Pertanian

Daerah pertanian potensial di Benua Asia terdapat di daerah sekitar lembah sungai besar. Kamu bisa lihat, di Asia Tenggara banyak negara-negara yang menghasilkan padi, terutama Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Sementara itu, di wilayah Asia bagian Selatan yang memiliki hasil padi adalah India, Bangladesh, dan Pakistan. Selain itu, India juga memiliki sumber daya alam lain, seperti sorgum, gandum, dan kapas. Kemudian, di Asia Tengah terkenal dengan hasil utamanya, yaitu gandum, kapas, dan buah-buahan, sedangkan Asia Barat adalah penghasil utama beras dan kopi.

2. Bidang Pertambangan

Hasil-hasil pertambangan yang menonjol di Benua Asia adalah minyak bumi. Negara-negara penghasil minyak bumi terdapat di Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Untuk timah putih terdapat di Negara Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Kemudian, batu bara terdapat di Siberia, Jepang, dan Indonesia. Selain itu, beberapa daerah penting, seperti Semenanjung Korea pun mengandung mineral, seperti biji besi, batu bara, emas, perak, timah hitam, seng, wolfram, dan grafit.

Baca juga: Potensi Sumber Daya Alam Benua Australia, Amerika, dan Eropa

 

Potensi Sumber Daya Alam Benua Afrika

Benua Afrika mempunyai potensi yang menonjol juga lho pada bidang pertanian dan pertambangan. Berikut ini adalah persebarannya:

potensi sumber daya alam benua afrika

1. Bidang Pertanian

Pertanian di Benua Afrika terdapat pada lembah sungai besar, seperti lembah Sungai Oranye di Afrika Selatan, lembah Sungai Zambesi di Zambia dan Mozambik, lembah Sungai Niger di Nigeria, dan lembah Sungai kongo di Zaire.

Hasil-hasil pertanian di lembah sungai tersebut, antara lain buah-buahan, jagung, kacang, ubi jalar, dan padi. Sementara hasil tanaman budidaya lain, seperti kapas, jagung, dan kopi terdapat di Ethiopia dan Sudan.

2. Bidang Pertambangan

Sebagian besar daerah Benua Afrika berupa dataran tinggi yang keras dan luas. Namun, daerah ini mempunyai kekayaan tambang alam yang besar. Barang tambangnya, antara lain tembaga, emas, uranium, dan timah yang terdapat di Zaire. Kemudian, di Negara Sudan terdapat mangan, krom, minyak bumi, tembaga, gas alam, dan emas. Ethiopia memiliki barang tambang berupa emas, tembaga, mangan, dan platina. Sementara Nigeria memiliki hasil tambang berupa minyak bumi, batubara, timah, biji besi, batu pualam, dan batu kapur.

Berdasarkan penjabaran tersebut, kita tahu nih kalau Asia dan Afrika sama-sama memiliki sumber daya alam berupa pertanian dan pertambangan. Lalu, bagaimana dengan sumber daya alam di tiga benua lain, seperti Benua Australia, Amerika, dan Eropa? Coba kamu cari tahu dan bandingkan ya dengan kedua benua yang sudah kita bahas tadi. Selamat membaca!

Jika kamu ingin belajar dengan metode yang asik dan efektif, kamu bisa download aplikasi ruangguru dan pilih produk ruangbelajar. Dengan begitu, kamu bisa belajar dengan lebih efektif dan tidak membosankan.

New call-to-action

Referensi:

Muslih, Ahmad, Iwan Setiawan, dan Retno Kuning Dewi Pusparatri. 2015. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumber Gambar:

Foto Potensi Sumber Daya Alam Benua Asia. Tautan: https://ailenrossananda.gurusiana.id/article/2020/06/puisi-untuk-negeri-178584?bima_access_status=not-logged

Foto Potensi Sumber Daya Alam Benua Afrika. Tautan: project-syndicate.org & timveni.com

 

Artikel ini diperbarui pada 19 Agustus 2021.

Profile

Fahri Abdillah

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman. Tertarik dengan isu pendidikan, literasi media, dan budaya. Suka jalan-jalan ke tempat asing, fotografi, dan menulis.

Beri Komentar