Potensi Sumber Daya Alam Benua Australia, Amerika & Eropa | Geografi Kelas 9

Sumber Daya Alam Benua Australia, Amerika & Eropa

Kira-kira apa saja ya sumber daya alam yang ada di benua Australia, Amerika dan Eropa? Yuk, simak penjelasan dan contohnya berikut ini.

--

Setiap benua yang ada di dunia memiliki potensi sumber daya alamnya masing-masing. Benua Asia dan Afrika misalnya yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang berupa hasil pertanian dan pertambangan. Keberagaman sumber daya alam di antara kedua benua ini, membuat benua Asia dan Afrika melakukan kerjasama untuk memenuhi kebutuhan negaranya masing-masing.

Tetapi bukan hanya Benua Asia dan Afrika lho yang memiliki kekayaan sumber daya alam pertanian dan pertambangan, Benua Australia, Amerika dan Eropa juga punya kekayaan alam yang sama. Nah sekarang kita akan bahas potensi sumber daya alam yang khususnya dimiliki oleh Benua Australia, Amerika, dan Eropa.

 

Sumber Daya Alam Benua Australia

Benua Australia merupakan negara benua dengan daratan yang sangat luas. Luasnya daratan di benua Australia membuatnya memiliki padang rumput yang luas pula. Suburnya padang rumput di beberapa wilayahnya memungkinkan untuk pengembangan pada bidang peternakan. Tak hanya peternakan, Australia juga memiliki hasil tambang yang sudah terkenal sejak zama dahulu, seperti emas.

Sumber Daya Alam Benua Australia

1. Peternakan dan Pertanian

Kemajuan peternakan Australia juga didukung oleh beberapa faktor, di antaranya:

a. Adanya padang rumput yang luas 

Beberapa wilayah di Australia memiliki padang rumput yang luas sebagai lahan penggembalaan. Pasti kamu tau kan kalau sapi dari Australia terkenal sehat? FYI, kegiatan penggembalaan ini tidak dilakukan di seluruh wilayah benua Australia ya. Penggembalaan dilakukan di beberapa wilayah Australia dengan iklim yang mendukung untuk pertanian. Hal ini bergantung pada astronomis dan iklim fisik wilayahnya.

b. Peternakan modern

Peternakan di Australia sudah mempergunakan teknologi peternakan modern seperti pemilihan bibit unggul, pemeliharaan ternak yang sehat, pengawetan daging, alat pemerah susu, dan alat pencukur bulu domba.

Hasil-hasil peternakan di Benua Australia banyak lho, ada wol, susu, dan juga daging, yang diperoleh dari hewan ternak seperti domba dan sapi. Selain peternakan, terdapat pula pertanian dengan hasil biji-bijian, buah-buahan, serta gula.

 

2. Pertambangan

Tak hanya pertanian, hasil tambang yang ada di Australia cukup beragam. Ada tambang emas Gruyere ini berlokasi di Gurun Victoria Besar, 650 kilometer di timur laut kota perburuan emas bersejarah di timur laut Kalgoorlie-Boulder. Lalu ada tambang batu bara yang terletak di Yandicoogina dan Nammuldi. Serta ada pula tambang minyak bumi di cekungan Arckaringa Australia Tengah.

 

3. Kehutanan

Australia adalah negara yang memiliki teknologi yang canggih dalam bidang kehutanan. Nggak heran, Australia mampu memproduksi kayu dengan jumlah yang sangat banyak dari hutannya. Bahkan, jumlah produksi dari hutan produksi di Australia mencapai 14 kali dibandingkan hutan alam. Tanaman utama yang dihasilkan dari hutan Australia adalah eucalyptus dan pinus monterey. Pada tahun 2008 saja, Australia bisa menghasilkan hingga 1,7 milyar dolar dari industri kayunya.

Baca juga: Potensi Sumber Daya Alam  Benua Asia dan Afrika | Geografi Kelas 9

 

Sumber Daya Alam Benua Amerika

Wilayah Benua Amerika dilalui oleh jalur pegunungan muda Sirkum Pasifik. Bentuk wilayahnya yang memanjang dari utara sampai selatan, menyebabkan Benua Amerika mempunyai variasi iklim, ada iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin. Potensi alam dibidang pertanian dan pertambangan telah diolah dan dilakukan menggunakan teknologi modern. Lalu, negara mana sajakah di Benua Amerika yang memiliki potensi SDA pertanian dan pertambangan?

 Sumber Daya Alam Benua Amerika

 

1. Pertanian

Hasil pertanian berupa padi terdapat di daerah Louisiana, California, Georgia, Carolina, dan Texas. Kemudian kapas terdapat di daerah Louisiana, Oklahoma, Texas, Arkansas, Nevada, Georgia, dan Alabama. Kopi dihasilkan dari daerah Argentina, Kolombia, El Salvador, dan Guatemala. Sedangkan gula dihasilkan dari daerah Hawai, Mississippi, Louisiana, Karibia, dan Kuba. Selain itu, ada juga ladang jagung yang tersebar di antara Sungai Ohio dan Sungai Missouri.

 

2. Peternakan

Hewan ternak yang umumnya dikembangbiakkan di Amerika adalah hewan ternak yang bisa menghasilkan susu, seperti sapi dan kambing. Hasil dari hewan ternak ini membuat Amerika memiliki banyak produk olahan susu seperti keju, mentega, dan sebagainya. Penyebaran hewan ternak ini umumnya bisa ditemukan di New England dan Danau Besar Saint Lawrence.

 

3. Pertambangan

Hasil-hasil pertambangan di Benua Amerika antara lain minyak bumi dan gas alam. Keduanya terdapat di Negara Meksiko dan Venezuela. Kemudian untuk batubara terdapat di daerah Pegunungan Appalachia, Chile. Selanjutnya untuk tembaga terdapat di Arizona, Peru, Bolivia, dan Meksiko. Sementara emas dan perak terdapat di perbatasan Missouri dan Meksiko.

 

4. Kehutanan

Wilayah  kehutanan di Amerika Serikat biasanya bisa ditemui di barat laut dekat Samudra Pasifik, negara bagian yang dekat dengan Teluk dan pesisir selatan Atlantik. Nah, hasil hutannya antara lain seperti pohon cedar, pohon cemara, dan pohon spruce. Selain itu, kayu yang dihasilkan oleh hutan juga diolah kembali hingga memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi seperti diolah menjadi kertas, kardus, dan papan fiber.

Baca juga: Potensi Sumber Daya Alam Negara-Negara ASEAN 

 

Sumber Daya Alam Benua Eropa

Keadaan alam Benua Eropa sangat kompleks. Hal ini menyebabkan potensi alamnya bervariasi. Potensi alam di Benua Eropa yang sangat menonjol yaitu dalam bidang pertanian, peternakan, pertambangan dan perikanan. Berikut potensi dan sebarannya.

 Sumber Daya Alam Benua Eropa

 

1. Pertanian

Pertanian di Eropa maju karena lokasinya di daerah lembah sungai-sungai besar, misalnya lembah Sungai Rhone dan Seine di Perancis dan lembah Sungai Rhein di Jerman. Hasil pertaniannya adalah jagung, gandum, kentang, barley, terigu, kacang, dan tembakau. Itulah mengapa banyak orang Eropa yang menjadikan kentang dan roti sebagai makanan utama.

Spanyol, Portugal, Prancis, italia, dan Yunani juga banyak membudidayakan zaitun dan anggur sebagai hasil pertaniannya. Nggak heran, Spanyo, Yunani, dan Italia sudah dikenal sejak ratusan yang lalu sebagai wilayah dengan penghasil minyak zaitun dengan kualitas super. Sementara itu, Prancis, Italia dan Spanyol dikenal sebagai negara penghasil anggur terbaik untuk pembuatan wine.

 

2. Peternakan

Peternakan di Eropa juga sangat beragam, lho. Hewan ternak yang umumnya dikelola di Eropa antara lain seperti sapi, domba dan lembu. Hasil produk dari peternakan ini seperti daging, susu yang dapat diolah menjadi keju, dan wol. Teknologi peternakan dan pengolahan produk peternakan yang canggih menjadikan keju yang dihasilkan di wilayah Eropa sebagai keju terbaik di dunia.

 

3. Pertambangan

Hasil pertambangan yang utama di Eropa adalah biji besi. Biji besi ini terdapat di Yunani, Perancis, Hungaria, Serbia dan Montenegro. Batubara terdapat di Rusia, Inggris, Perancis, dan Jerman. Serta tembaga yang tersebar di Polandia.

 

4. Laut atau Perikanan

Benua Eropa terletak di sekitar samudra Atlantik, Laut utara, dan Laut tengah. Lokasi yang demikian sangat memungkinkan usaha di bidang perikanan. Daerah potensial perikanannya terdapat di Norwegia, Islandia, Rusia, Inggris, dan Irlandia dengan jenis ikan utama yaitu ikan Haring. Selain itu, banyak juga terdapat ikan kod, haddock, kepiting, scallop, dan lobster.

--

Gimana? Yap, masing-masing benua memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda-beda. Ketiganya memiliki keunggulannya masing-masing. Nah untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang kekayaan alam di setiap benua, kalian bisa belajar melalui ruangbelajar. Dengan begitu, waktu kalian untuk belajar akan menjadi lebih efektif, dan kalian bisa sekaligus berlatih soal. Jadi, jangan lupa ya belajar di ruangbelajar.

ruangbelajar

Referensi:

Muslih, Ahmad, Iwan Setiawan, dan Retno Kuning Dewi Pusparatri. 2015. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Profile

Fahri Abdillah

Tertarik dengan isu pendidikan, literasi media, dan budaya. Suka jalan-jalan ke tempat baru, fotografi, dan menulis.