Program Akselerasi untuk Mahasiswa Penggiat Startup! Ada Dana Pengembangan dan Mentor Expert

Sofia Nur Fauziah Mar 2, 2021 • 5 min read


Info_Beasiswa_-_Akselerasi_Startup_Mahasiswa_Indonesia-01

Punya impian untuk bisa memiliki startup yang mendunia? Wajib banget nih untuk ikut program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI). Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini. 

--

Masih ingat dengan Sandbox yang ada di drama Korea Start-Up? Yup, Sandbox diceritakan sebagai wadah bagi startup agar bisa berkembang dengan bimbingan orang-orang expert. Dalam drama ini, Sandbox juga digambarkan sebagai perusahaan dengan konsep Silicon Valley yang memiliki fasilitas lengkap dan modern. Wah ngomong-ngomong kalau di Indonesia, perusahaan seperti Sandbox benar-benar ada nggak ya? 

Sebenarnya di beberapa perguruan tinggi Indonesia sudah ada lho inkubator bisnis yang konsepnya mirip dengan Sandbox. Meskipun pelaksanaannya tidak 100% sama, tapi tujuannya sama yaitu untuk mendukung kegiatan kewirausahaan dan startup di tingkat mahasiswa. Nah, karena pengembangan startup di Indonesia menjadi salah satu program prioritas dari pemerintah, maka diselenggarakanlah Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI).

ASMI merupakan program dibawah Direktorat Belmawa, Kemendikbud yang bekerjasama dengan perusahaan digital teknologi dan pusat-pusat inkubator bisnis terpilih di Indonesia. ASMI akan membina startup milik mahasiswa yang terpilih dan akan memberikan startup fund sebesar Rp25.000.000. Menarik sekali bukan? Yuk, langsung saja simak informasi lebih detail mengenai ASMI berikut ini. 

Peluang pendanaan:  

  1. Peningkatan kapasitas infrastruktur (server, hardware & software).
  2. Pengembangan aplikasi.
  3. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia (sertifikasi, kompetensi, workshop, pelatihan).
  4. Bahan habis pakai untuk operasional pengembangan startup.

Persyaratan Peserta:

  1. Kelompok beranggotakan 3 - 5 orang dan merupakan mahasiswa aktif jenjang sarjana yang terdaftar di PDDIKTI pada saat pengusulan oleh perguruan tinggi.
  2. Peserta yang sudah mendapatkan dana pengembangan program di tahun 2020 tidak diperbolehkan mengikuti program ASMI.
  3. Memiliki Startup yang aktif berjalan minimal 6 bulan dan telah memiliki web apps atau mobile apps yang sudah berjalan (contoh bukti dalam bentuk : sudah memiliki traksi, bisa diunduh, dan lainnya).
  4. Memiliki pitch deck sesuai format

Format Pitch Deck:

  1. Goal & Big Vision : produk, dampaknya terhadap masyarakat, potensi pengembangan, viability, dan kemampuan mengeksekusi rencana.
  2. Problem : pain & gain customer dan solusi saat ini yang belum menyelesaikan permasalahannya.
  3. Solution : value produk kamu yang dapat menyelesaikan permasalahan.
  4. Market Size/Dynamics : potensi pasar dari produk/teknologi yang ditawarkan.
  5. Competition : kompetitor langsung dan tak langsung, bagaimana startup bisa bersaing dengan kompetitor serta perbedaan dengan kompetitor. 
  6. Product : snapshot produk dan bagaimana startup mengatasi permasalahan dengan teknologi dan (menyertakan tautan web atau mobile apps).
  7. Business Model : model usaha startup, bagaimana bisa mendapatkan revenue, rencana jangka pendek dan panjang.
  8. Financial Snapshot : proyeksi keuangan saat ini hingga 3 tahun ke depan, bisa berupa pendapatan, profit atau key metrics (traction, conversion rates).
  9. Team : tim dan keahlian setiap personelnya.

Alur Pendaftaran ASMI

  1. Pendaftaran dilakukan secara daring pada laman SIM-PKMI, https://sim-pkmi.kemdikbud.go.id/.
  2. Proses pendaftaran calon peserta dengan mengirimkan pitch deck sesuai format yang disediakan bersama lembar pengesahan dari perguruan tinggi.
  3. Verifikasi identitas peserta meliputi biodata dan status mahasiswa dengan PDDIKTI.
  4. Seleksi dilakukan secara daring oleh tim seleksi yang ditetapkan oleh Direktorat Belawa, Kemdikbud.

jadwal ASMI 2021

Jadwal Pelaksanaan ASMI 2021 (Sumber : https://www.instagram.com/p/CLa9qi9l88_/)

Pendaftaran program ASMI akan ditutup pada 28 Maret 2021. Kamu sudah siap atau belum nih untuk mendaftar program ASMI? Kapan lagi ‘kan kamu mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan startup agar lebih mendunia. Oh iya, kegiatan ASMI terdiri dari Student Startup Acceleration Camp (SSAC) dan Mentoring. Di tahap ini, peserta akan diberikan pembekalan materi dalam bentuk workshop, seminar, dan coaching oleh para startup founder atau orang-orang profesional di bidang digital business.

Memangnya, SSAC ini tujuannya untuk apa sih? Jadi, SSAC adalah tahapan dimana kamu akan diberikan pelatihan untuk meyakinkan calon investor kedepannya. Nah setelah SSAC, peserta akan mengikuti proses mentoring lanjutan bersama startup founder sampai akhir program. 

Informasi ASMI:

Facebook: ditjen.dikti

Twitter: ditjendikti

Youtube: Ditjen Dikti

Website: www.dikti.kemdikbud.go.id

Eh, kira-kira proses mentoring ASMI akan mirip seperti ketika Han Ji-Pyeong membimbing Sam San Tech nggak ya? Hihi mau mirip atau enggak, yang penting kamu harus bisa menangkap esensi dari program ini ya. Boleh kok kamu meniru semangat dari Seo Dal-Mi dan kawan-kawan. Siapa tau, startup milikmu bisa sukses seperti mereka, atau bahkan lebih.

Oh iya, salah satu yang mengambil peranan penting dalam kesuksesan startup adalah programmer-nya. Siapa nih yang pengen jadi programmer? Kamu bisa lho menjadi programmer yang sukses dengan kuliah di jurusan Teknik Informatika. Jurusan ini erat kaitannya dengan logika Matematika. Dalam belajar logika matematika, kamu harus paham dengan konsep. Nah, kamu bisa lho belajar konsep logika matematika lebih interaktif dengan master teacher berpengalaman di brainacademyonline

New call-to-action

Profile

Sofia Nur Fauziah

Beri Komentar