Raih Kesempatan Belajar di Universitas Bersejarah Amerika tanpa Syarat Kemampuan Bahasa Inggris

Sofia Nur Fauziah Nov 26, 2020 • 3 min read



PK_-_Yale_Young_Global_Scholars-01

Kamu masih pelajar tapi ingin merasakan kuliah di Amerika Serikat? Yuk ikuti program akademik dan pelatihan kepemimpinan di Yale University.

---

Apa kesibukanmu sebagai pelajar selain belajar dan mengerjakan tugas? Pasti ada yang mengikuti organisasi, ekstrakurikuler, kegiatan sosial atau bahkan rebahan. Hmm, sepertinya tidak sedikit nih pelajar yang senang menghabiskan waktu luang untuk rebahan. Wajar saja, karena aktivitas ini bisa dikategorikan sebagai istirahat untuk mengembalikan energi tubuh. 

Eh, tapi pernah nggak kamu menghitung, berapa banyak waktu dalam seminggu yang digunakan untuk rebahan? Tenang, tidak perlu panik ya. Rebahan boleh-boleh saja kok, asalkan tetap pada porsinya. Bagi kamu yang ingin memanfaatkan waktu luang agar lebih produktif, bisa lho dengan mengikuti program belajar Yale Young Global Scholars (YYGS) 2021 yang sedang dibuka pendaftarannya. 

Baca juga: Kuliah S1 di Boston University Amerika dengan Trustee Scholarship

YYGS adalah program yang diselenggarakan oleh Yale University sejak tahun 2001. Program ini terdiri dari kegiatan akademik dan pelatihan kepemimpinan. Tujuan dari YYGS adalah untuk mempertemukan siswa berprestasi dari seluruh dunia agar dapat bertukar perspektif dalam menghadapi tantangan global. Bagi kamu yang ingin berpartisipasi dalam program ini, cek informasi selengkapnya berikut. 

Persyaratan Peserta 

  1. Berusia minimal 16 tahun di Juli 2021
  2. Dapat berpartisipasi pada kegiatan akademik yang menggunakan bahasa Inggris
  3. Siswa SMA atau SMP (atau sederajat internasional)
  4. Lulus pada Mei/Juni 2022 atau 2023 dari Belahan Bumi Utara, atau pada November/Desember 2021 atau 2022 dari Belahan Bumi Selatan
  5. Pertama kali berpartisipasi di YYGS. Apabila pernah berpartisipasi pada musim sebelumnya (2019, 2020), maka peserta tidak diperbolehkan untuk mendaftar YYGS

 

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan 

  1. Daftar aktivitas
  2. Satu esai dengan 400 kata dan satu lagi dengan 200 kata
  3. Dua tanggapan "cepat ambil" (masing-masing 280 karakter)
  4. Transkrip nilai dari sekolah
  5. Dua surat rekomendasi (hanya dipilih yang mengisi melalui formulir YYGS)
  6. Biaya pendaftaran sebesar $ 75 (Rp 1.070.000) 
  7. Peserta harus mengklik tombol Selesaikan & Bayar di halaman "Tinjau" agar pendaftaran dapat dipertimbangkan.
  8. Skor tes kemampuan bahasa Inggris apabila ada. Apabila tidak ada, peserta dapat mengabaikan syarat ini
  9. Melengkapi bagian bantuan keuangan pada formulir pendaftaran online apabila membutuhkan bantuan keuangan berbasis kebutuhan 

website_homepage_banner2Peserta Yale Young Global Scholars (Sumber: globalscholars.yale.edu)

YYGS merupakan program yang rutin diselenggarakan setiap musim panas di Yale University. Peserta yang lolos seleksi akan menjalankan program selama dua minggu pembelajaran. Selain itu, bagi peserta yang memiliki keterbatasan secara ekonomi akan diberikan beasiswa oleh Yale University, berupa pembebasan biaya pendaftaran dan biaya program sebesar $3.500 (Rp 49.600.000). 

Apabila ingin mendapatkan beasiswa untuk program ini, kamu bisa mempelajari lebih lanjut di Financial Aid Webinar. Informasi selengkapnya mengenai YYGS dapat kamu lihat di website https://globalscholars.yale.edu/.

Pendaftaran YYGS dibuka sampai tanggal 12 Januari 2021. Jika kamu sebelumnya pernah mendaftar ke YYGS tetapi tidak lolos atau tidak dapat hadir dan kamu memenuhi kriteria kelayakan yang disebutkan di atas, maka disarankan untuk mendaftar kembali ke YYGS 2021. 

 

Informasi dan Kontak 

Facebook : Yale Young Global Scholars

Twitter : @yale_ygs

Instagram : @yale_ygs

Youtube : Yale Young Global Scholars

Website : https://globalscholars.yale.edu/about/contact-us

 

Sudah semakin yakin untuk ikut berpartisipasi dalam YYGS 2021? Selagi penutupan pendaftarannya masih lama, jangan lupa untuk memperhatikan setiap detail persyaratannya ya. Jangan malas untuk melakukan riset atau bertanya, apabila ada persyaratan yang belum kamu pahami. 

Bersiap sejak awal untuk mendapatkan beasiswa akan meningkatkan kemungkinan lolos seleksi. Prestasi akademik sering menjadi pertimbangan dalam penilaian peserta. Nah,  karena sebentar lagi akan PAS, kamu bisa belajar di ruangbelajar, sekaligus untuk persiapan daftar beasiswa. Seperti kata pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. 

ruangbelajar

Referensi:

Yale Young Global Scholars [daring]. Tautan: https://globalscholars.yale.edu/ (Diakses: 23 November 2020)

Sumber foto:

Foto Peserta Yale Young Global Scholars [daring]. Tautan: https://globalscholars.yale.edu/ (Diakses: 23 November 2020)

Beri Komentar