Regionalisasi Kawasan Dunia Berdasarkan Pusat Pertumbuhan Ekonomi | Geografi Kelas 12

Geografi Kelas 12 : Regionalisasi Kawasan Dunia Berdasarkan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

RG Squad, beberapa tahun terakhir ini di berbagai pemberitaan sering kali membahas tentang MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Hayoo, kalian sudah cukup paham mengenai MEA, belum? MEA merupakan salah satu upaya regionalisasi kawasan dunia berdasarkan pusat pertumbuhan ekonomi dalam bentuk kerja sama kawasan. Tidak hanya MEA, masih banyak upaya regionalisasi ekonomi lainnya di dunia yang akan kalian pelajari. Simak ya lebih lengkapnya!

Pengertian Regionalisasi

Regionalisasi (regionalization) menitikberatkan pada proses otonomi menyangkut interdependensi (saling ketergantungan) antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya di dunia.

dampak regionalisasi

Bentuk-Bentuk Regionalisasi Kawasan Dunia Berdasarkan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


A. Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) / European Economic Community (EEC) / Uni Eropa (European Union)
MEE adalah organisasi kawasan yang bertujuan menyatukan ekonomi negara-negara anggotanya (27 negara). Negara yang termasuk di dalamnya:
Irlandia, Inggris, Prancis, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Australia, Belgia, Luksemburg, Jerman, Belanda, Denmark, Swedia, Finlandia, Polandia, Ceko, Hongaria, Slovenia, Siprus, Malta, Slovakia, Latvia, Lithuania, Estonia, Portugal.

Tujuan MEE:

  • Integrasi Eropa dengan cara menjalin kerja sama ekonomi, memperbaiki taraf hidup, dan memperluas lapangan kerja.
  • Memajukan perdagangan dan menjamin adanya persaingan bebas serta keseimbangan perdagangan antarnegara anggota.
  • Menghapus semua rintangan yang menghambat lajunya perdagangan internasional.

B. ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) / ASEAN Economic Community (AEC) 

daftar negara-negara ASEANNegara-negara ASEAN (Sumber: aseaneducation.edu.au)

AFTA adalah kesepakatan perdagangan bebas antara negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

Tujuan AFTA:

  • Meningkatkan jumlah ekspor negara-negara anggota ASEAN.
  • Meningkatkan investasi dalam kegiatan produksi dan jasa antar sesama anggota ASEAN.
  • Meningkatkan masuknya investasi dari luar negara anggota ASEAN.

MEA adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang bertujuan untuk mengadakan sistem perdagangan bebas antara negara-negara ASEAN.

Tujuan MEA:

  • Menciptakan pasar tunggal yang mencakup negara-negara ASEAN sekaligus pusat produksi (production base) untuk negara-negara sekawasan.
  • Meratakan pemberdayaan ekonomi kawasan ASEAN dengan sasaran utama revitalisasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
  • Mengintegrasikan ekonomi kawasan dengan ekonomi global dengan tujuan dasar untuk meningkatkan peran serta ASEAN dalam percaturan kebijakan global.

C. Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC)

Asia-Pasific Economic Coorperation (APEC) atau Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik adalah forum ekonomi 21 negara di Lingkar/Kawasan Pasifik yang bertujuan untuk mengukuhkan pertumbuhan ekonomi, mempererat komunitas dan mendorong perdagangan bebas di seluruh kawasan Asia-Pasifik.

anggota APEC

APEC memperkuat kerjasama ekonomi di Kawasan Asia Pasifik atas dasar kemitraan yang setara, tanggung jawab bersama, saling menghormati, kepentingan bersama, dan keuntungan bersama.

  • North American Free Trade Agreement (NAFTA)

NAFTA merupakan perjanjian perdagangan bebas negara-negara di Kawasan Amerika Utara yang terdiri atas Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Tujuan NAFTA:

  • Meningkatkan kegiatan ekonomi para anggota dengan penghapusan tarif dan nontarif, serta standarisasi barang-barang yang diperdagangkan.
  • Memberikan kemudahan investasi bagi pengusaha yang akan melakukan kegiatan bisnis, seperti izin VISA sementara, dan mengurangi atau bahkan menghilangkan pembatasan dalam perdagangan.
  • Mengusahakan perlindungan bagi konsumen (aspek keselamatan, kesehatan, dan keserasian lingkungan hidup).
  • Pengaturan impor dan produksi sesama anggota.

Setelah memahami regionalisasi kawasan dunia berdasarkan pusat pertumbuhan ekonomi, selanjutnya kalian akan belajar tentang kerjasama ekonomi internasional negara maju dan negara berkembang. Simak di artikel selanjutnya ya, squad!

Gimana nih belajarnya hari ini? menyenangkan bukan? jangan lupa asah juga pemahaman materimu dengan rajin ikut latihan soal dan tes tryout di Ruanguji ya Squad! biar bisa makin banyak belajar dengan pembahasan menarik dan ribuan bank soal yang tersedia untukmu!

IDN CTA Blog ruanguji Ruangguru

 

Referensi:

Endarto, Danang, Dkk, 2009. Geografi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII, Jakarta, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber gambar: 

Negara Anggota Asean, https://www.geologinesia.com/2017/12/negara-negara-asean.html

APEC, https://www.apec.org 

Artikel ini diperbaharui pada 8 Desember 2020

Theoberia Noverina