Rumus-Rumus Gerak Parabola beserta Contoh Soal | Fisika Kelas 10

Kresnoadi Okt 14, 2021 • 6 min read


rumus-rumus gerak parabola

Kali ini, kita akan membahas rumus-rumus gerak parabola yang mudah diaplikasikan ketika mengerjakan latihan soal. Ada apa aja sih, rumusnya? Yuk, disimak!

--

 

Ada yang suka main bola voli? Kamu sadar nggak, ketika kita bermain voli, bola yang kita pukul akan bergerak membentuk lintasan parabola, lho!

 

Bola voli akan membentuk lintasan parabola ketika dipukul (Sumber: giphy.com)

Nah, gerak benda yang membentuk lintasan parabola seperti itu disebut juga sebagai gerak parabola. Kamu tau nggak, apa itu gerak parabola?

Gerak parabola adalah gabungan antara gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Pengertian gerak parabola sendiri adalah gerak dua dimensi suatu benda yang bergerak membentuk sudut elevasi dengan sumbu x atau sumbu y. Sumbu x (horizontal) merupakan GLB dan sumbu y (vertikal) merupakan GLBB. Kedua gerak ini tidak saling memengaruhi, hanya saja membentuk suatu gerak parabola. Gerak parabola disebut juga sebagai gerak peluru yang memiliki bentuk lintasan parabola. 

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai definisi gerak parabola dan komponennya. Nah, kali ini kita akan membahas rumus-rumus gerak parabola, nih. Eits, tapi tenang! Rumus ini nggak akan bikin kamu pusing, kok. Nantinya, rumus ini justru akan mempermudah kamu dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan gerak parabola. Yuk, kita simak sama-sama!

Rumus Gerak Parabola pada Sumbu-X

Sumbu x untuk gerak parabola dijabarkan dengan rumus di bawah ini. Perhatikan, ya!

rumus gerak parabola pada sumbu x

Untuk menghitung nilai x atau kedudukan benda pada sumbu x, kita bisa menggunakan rumus yang atas pada gambar tersebut. Sedangkan untuk menghitung nilai Vx atau kecepatan pada sumbu x, kita bisa menggunakan rumus yang bawah. Sama halnya ketika kita ingin menghitung nilai V0x atau kecepatan awal pada sumbu x, kita juga menggunakan rumus yang bawah pada gambar.

Rumus Gerak Parabola pada Sumbu-Y

Kalau pada sumbu y, rumusnya gimana, nih? Nah, kalau gerak parabola pada sumbu y, rumusnya adalah sebagai berikut:

rumus gerak parabola pada sumbu y

Ada 3 rumus yang perlu kamu ingat. Pertama, ada rumus untuk menghitung V0y atau kecepatan awal pada sumbu y. Kemudian, rumus kedua adalah rumus untuk menghitung Vy atau kecepatan pada sumbu y. Selanjutnya, ada rumus untuk menghitung y atau kedudukan benda pada sumbu y.

Baca juga: Penerapan Gerak Parabola dalam Kehidupan Sehari-Hari

Rumus Resultan Kecepatan

Nah, tadi kan kita sudah tau rumus untuk menghitung kecepatan pada sumbu x (Vx) dan kecepatan pada sumbu y (Vy), nih. Terus selanjutnya, kita bisa mencari nilai kecepatan totalnya (Vt), dengan menggunakan rumus resultan kecepatan berikut ini:

rumus resultan kecepatan

Kecepatan total atau Vbisa dihitung dengan mengakarkan hasil penjumlahan dari kuadrat kecepatan pada sumbu x (Vx) dan kuadrat kecepatan pada sumbu y (Vy). Nah, dari nilai Vy dan Vx, kita juga bisa menghitung nilai sudut elevasi, lho! Kamu bisa gunakan rumus yang ditandai dengan kotak berwarna kuning untuk menghitungnya.

Baca juga: Menghitung Gerak Vertikal dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Soal Gerak Parabola dan Pembahasannya

Sudah tau rumus-rumusnya, sekarang saatnya kita mengerjakan latihan soal! Hayoo, kamu mau kabur, yaaa? Jangan kabur dulu guys, latihan soalnya gampang kok. Yuk, langsung aja kita kerjakan soalnya!

Pertanyaan:

1. Budi melempar bola menuju ring yang terletak pada jarak 100 m dengan sudut elevasi peluru 45° dengan kecepatan awal fisika 0m/s. Maka, ketinggian ring yang dikenai bola adalah.....

A. 8 meter
B. 12 meter
C. 14 meter
D. 16 meter
E. 20 meter

Jawaban: E

Pembahasan:

Pertama, kita hitung dulu kecepatan awal pada sumbu x (V0x) nya, dengan rumus sebagai berikut:

fisika 1-3

Kemudian, kita hitung kecepatan awal pada sumbu y (V0y) nya, dengan rumus sebagai berikut:

fisika 2-3

Selanjutnya, kita hitung waktu yang dibutuhkan oleh bola untuk mengenai ring dengan rumus sebagai berikut:

fisika 3-3

Terakhir, kita hitung ketinggian ring dengan rumus sebagai berikut:

fisika 4-3

Jadi, ketinggian ring adalah 20 meter (E).

Sekian pembahasan mengenai rumus-rumus gerak parabola beserta contoh latihan soalnya. Gimana? Menurut kamu susah atau gampang, nih? Supaya nggak kesusahan, yuk belajar dengan video belajar beranimasi dari ruangbelajar! Dijamin kamu bakalan makin paham dan nggak kebingungan lagi!

New Call-to-action

Sumber Gambar:

GIF ‘Anime Volley Kageyama’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/anime-volley-kageyama-VrHfgexBdXc3Y1z7OP (Diakses: 12 Oktober 2021)

 

Artikel ini telah diperbarui pada 13 Oktober 2021.

Profile

Kresnoadi

Pembuat cerita. | http://www.keriba-keribo.com/

Beri Komentar