Belajar Sifat-Sifat Cahaya bareng Dafa, Yuk! | IPA Terpadu Kelas 5

Sifat-Sifat Cahaya

Dafa dan Lulu sedang mengerjakan PR bersama sambil berdiskusi tentang sifat-sifat cahaya! Kamu ingin tahu ceritanya? Baca di artikel IPA Terpadu kelas 5 kali ini, yuk!

--

Dafa berhenti sejenak ketika mengerjakan PRnya. Ia tersenyum saat melihat cahaya matahari yang cerah menembus jendela rumah Lulu. 

“Aku suka banget belajar di rumah kamu, karena kalau siang hari terang, padahal enggak pakai lampu,” ujar Dafa sambil tersenyum.

“Oh, itu karena aku memanfaatkan cahaya matahari untuk menerangi rumahku di siang hari.”

“Bagus, Lu, sumber energi cahaya terbesar di bumi kan matahari! Selain itu, ada juga sumber cahaya lainnya yaitu lampu dan api,” kata Dafa.

Lulu mengangguk. “Kamu tau enggak, cahaya itu memiliki sifat-sifat, loh!” 

Dafa mencoba mengingat “Sepertinya aku pernah baca, tapi aku sedikit lupa! Sifat-sifat cahaya itu ada apa aja, sih?” tanya Dafa sambil menggaruk kepalanya.

Sifat-sifat cahaya itu bisa merambat lurus, bisa dipantulkan, bisa menembus benda bening, bisa dibiaskan, bisa diuraikan, dan yang terakhir, ketika cahaya dihalangi akan terbentuk bayangan,” jelas Lulu.

“Oh, aku ingat!” kata Dafa. “Yang pertama, yaitu cahaya merambat lurus. Artinya rambatan cahaya dari sumbernya akan selalu membentuk garis lurus, kan?”

“Betul, Daf!” Lulu mengacungkan jempol tangannya. “Lalu, sifat cahaya yang kedua yaitu bisa dipantulkan. Maksudnya, ketika cahaya datang dari sumber cahaya dan mengenai suatu permukaan benda, maka cahaya akan berbalik arah atau dipantulkan.”

Sifat Cahaya Merambat Lurus dan Dipantulkan

 

Dafa berusaha mengingat lagi “Yang ketiga itu …”

Melihat Dafa masih berpikir, Lulu mengingatkan Dafa “Cahaya bisa menembus benda bening, Daf! Artinya, cahaya punya kemampuan untuk menembus benda bening atau benda transparan.”

“Oh, iya! Contohnya seperti cahaya matahari yang menembus kaca jendelamu, kan? Makanya, kita bisa melihat benda-benda yang ada di balik benda bening atau transparan,” balas Dafa semangat.

“Betul, Daf!”

Baca Juga: Apa Saja Susunan Rangka Manusia?

“Lalu, sifat yang keempat itu cahaya bisa dibiaskan. Maksudnya kayak gimana, Lu?” Dafa bingung. 

Cahaya bisa dibiaskan artinya dapat dibelokkan ketika menembus media yang kerapatannya berbeda,” jelas Lulu.

Sifat Cahaya Menembus Benda Bening dan Dibiaskan

 

“Oh, gitu,” Dafa mengangguk.

“Nah, kalau yang kelima itu cahaya bisa diuraikan,” kata Lulu. ”Kamu tau enggak, kalau cahaya putih yang biasa kita lihat ternyata terdiri dari berbagai macam warna, loh!”

Emang iya, Lu?” Dafa tidak percaya.

“Iya! Makanya, cahaya putih itu bisa diuraikan menjadi warna pelangi,” Lulu bersemangat.

Wah, keren!” kata Dafa kagum.

Hayo, kamu ingat enggak apa sifat cahaya yang terakhir?” 

“Ingat, dong! Yang keenam itu, ketika cahaya mengenai suatu benda, maka cahaya yang terhalang tersebut akan membentuk bayangan pada benda yang menghalanginya!” kata Dafa dengan semangat.

“Betul banget, Daf!”

Sifat Cahaya Diuraikan dan Terbentuk Bayangan Jika Dihalangi

 

“Makasih ya Lu, udah ingetin aku apa aja sifat-sifat cahaya, yaitu bisa merambat lurus, bisa dipantulkan, bisa menembus benda bening, bisa dibiaskan, bisa diuraikan, dan bisa membentuk bayangan ketika dihalangi,” kata Dafa sambil tersenyum.

“Sama-sama, Daf!” balas Lulu. “Sekarang kita lanjut ngerjain PRnya, yuk!”

Wah, tadi Dafa dan Lulu sudah belajar tentang sifat-sifat cahaya, nih. Kamu mau tahu lebih banyak tentang materi kelas 5 lainnya? Yuk, ikuti ceritanya dengan membaca di ruangbaca atau menonton video animasi Dafa dan Lulu di aplikasi ruangguru!

New call-to-action

Materi oleh: Rosi Oktavia Purba

Disunting oleh: Agung Aksara Putra

 

Profile

Iman Maharani

You can call me Iman! I'm interested in art, food, writing, characteristic of a human being, and child development. I hope you like my writing. Thank you <3