Cari Tahu tentang Sinonim dan Antonim, Yuk! | Bahasa Indonesia Kelas 5

Sinonim dan Antonim

Bona dan Lulu sedang membahas sinonim dan antonim yang ada di buku baru Bona! Apa saja ya yang mereka bahas? Yuk, ikuti ceritanya sampai selesai di Bahasa Indonesia Kelas 5!

--

Sore itu, Bona sedang fokus membaca buku pemberian mamanya tentang “Sinonim dan Antonim” di ruangannya. Tiba-tiba, Lulu menghampiri Bona. 

“Bon! Tumben kamu fokus baca buku, biasanya fokus main game aja. Hehehe,” celetuk Lulu usil.

“Iya nih. Aku lagi baca hal menarik di buku ini. Di sini ada kalimat ‘Budi adalah anak yang lucu.’ dan ‘Budi adalah anak yang jenaka.’ . Dari kedua kalimat ini aku jadi tau, ternyata makna kata sifat ‘lucu’ dan ‘jenaka’ itu sama,” ungkap Bona sambil menunjukkan bukunya ke Lulu.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Struktur dan Jenis Paragraf

Oh, aku juga pernah baca tentang hal itu! Terus, apa lagi Bon yang dibahas di buku ini?”

Bona membuka halaman selanjutnya. “Nih, Lu! Ada juga pembahasan tentang makna kata. Makna kata adalah arti dari sebuah kata. Makna kata ada dua, yaitu sinonim dan antonim. Nah, ini penjelasan definisi Sinonim dan Antonim.”

Lulu yang semakin penasaran, langsung membaca penjelasan pada halaman buku yang ditunjukkan Bona.

Sinonim adalah kata yang memiliki makna yang mirip atau sama dengan kata lain. Sedangkan, Antonim adalah kata yang memiliki makna yang berlawanan dengan kata lain.”

Pengertian Sinonim dan Antonim

 

Rasa ingin tahu Lulu yang semakin besar membuat Bona jadi tambah antusias menceritakan isi bukunya.

“Buku ini juga menjelaskan tentang penggunaan kata sinonim dan antonim dalam kalimat, Lu. Katanya, kita tinggal bikin aja kalimat menggunakan kata sinonim dan antonim.”

“Kalau gitu, ayo kita buat kalimatnya, Bon! Aku mulai dari contoh kalimat menggunakan  kata sinonim, ya! Aku pakai kata rapi dan apik yang punya makna sama. Contoh kalimatnya, ‘Lulu adalah anak yang rapi.’ dan ‘Dira sangat apik membersihkan halaman rumah.’. Sekarang giliran kamu!”

Oke! Aku bikin contoh kalimat menggunakan kata antonim ya. Aku pakai kata rapi yang artinya apik atau teratur. Antonim dari kata rapi adalah berantakan. Jadi, contoh kalimatku, ‘Lulu adalah anak yang rapi.’ dan ‘Made sangat berantakan saat pelajaran melukis.’. Selesai, deh!

Yeay! Kita berhasil bikin kalimat menggunakan sinonim dan antonim!” sorak Lulu.

Contoh Kalimat Sinonim dan Antonim

 

Eh, ada latihan soalnya, nih!” sahut Bona saat membuka halaman selanjutnya.

“Kita kerjakan bareng teman-teman juga, yuk! Tulis jawabannya di kolom komentar, ya!” ajak Lulu.

Latihan Soal Sinonim dan Antonim

 

Selesai mengerjakan latihan soal, Bona menyadari bahwa buku dari mamanya membuat dia menemukan hal menarik ketika dibaca. 

“Seru juga ya membaca buku ini. Kita jadi tau tentang definisi, contoh, dan kalimat yang menggunakan sinonim dan antonim,” ungkap Bona sambil tersenyum tipis.

“Iya, Bon! Kita harus ingat, Sinonim itu makna katanya sama atau mirip, kalau antonim itu makna katanya beda.” balas Lulu.

Bona mengangguk dan kembali mengajak Lulu membaca buku untuk menemukan contoh kata serta kalimat sinonim dan antonim lainnya. 

Itu dia cerita Lulu dan Bona yang membahas tentang sinonim dan antonim. Kalau kalian mau belajar lebih banyak lagi, materi lainnya bisa kalian dapatkan di aplikasi Ruangguru, loh! Yuk, download aplikasi Ruangguru dan berlangganan sekarang juga!

New call-to-action

Materi oleh: Putri Margareth Siagian

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Profile

Hani Maulia