Strategi Menaklukan Blocking Time di UTBK-SNBT

Strategi blocking time UTBK

Sudah tahu mengenai blocking time di UTBK? Simak dulu penjelasan blocking time di UTBK dan strategi untuk menaklukannya berikut ini.

UTBK-SNBT 2023 tinggal menghitung hari. Apa saja nih yang sudah kamu persiapkan untuk menghadapinya? Selain belajar materi, tentu kamu harus menyusun strategi agar berhasil mengerjakan seluruh soal dengan baik. Salah satu hal penting adalah memperhatikan blocking time pada UTBK.

Ketika mengerjakan UTBK nanti, kamu harus tenang dan mencoba menjawab setiap soal yang diujikan. Namun, bagaimana caranya agar kamu bisa menyelesaikan seluruh soal tanpa kehabisan waktu? Nah, simak dulu penjelasan blocking time di UTBK dan strategi untuk menaklukannya berikut ini.

Baca juga: Sistem Penilaian IRT di UTBK SBMPTN dan Strategi Mengerjakannya

 

Apa itu Blocking Time di UTBK?

Pada UTBK nanti, kamu hanya bisa mengerjakan soal setiap subtes di dalam blok atau alokasi waktu subtes tersebut. Setelah alokasi waktu suatu subtes berakhir, maka kamu tidak akan bisa mengerjakan soal di subtes sebelumnya. Nah, itulah yang disebut dengan blocking time.

Misalnya, pada Tes Potensi Skolastik (TPS) kamu akan mengerjakan empat subtes yaitu penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Nah, untuk setiap subtes akan ada alokasi waktu pengerjaan soal yang berbeda-beda. Setelah waktu pada satu subtes habis, maka kamu tidak bisa kembali ke subtes tersebut dan harus melanjutkan ke subtes berikutnya.

UTBKPengerjaan UTBK-SNBT (Sumber: pikiran-rakyat.com)

 

Strategi Menaklukan Blocking Time di UTBK

Dengan strategi yang tepat, kamu bisa menaklukan blocking time UTBK dengan baik dan efektif. Gimana strateginya? Ini dia.

  • Berlatih melakukan tryout dengan durasi yang sama dengan ujian untuk membiasakan diri mengelola pressure dan menjaga konsentrasi kamu selama mengerjakan ujian berjam-jam tanpa jeda.
  • Pastikan kamu tidak menghabiskan waktu di beberapa soal saja dan set secara mandiri batas waktu pengerjaan maksimal per butir soal. Hal ini penting agar kamu tidak hanya terpaku pada satu soal dan bisa segera berpindah ke soal lain
  • Hindari menumpuk soal untuk ditebak di akhir, langsung putuskan untuk menebak atau tidaknya sebelum kamu berpindah ke soal selanjutnya
  • Apabila kamu masih ragu dengan jawaban di suatu soal, manfaatkan fitur menandai “ragu-ragu” pada soal tersebut
  • Set alokasi waktu tersendiri di akhir untuk mereview ulang soal yang masih ragu

Total waktu pengerjaan TPS dan Tes Literasi di UTBK dilakukan selama 3 jam 15 menit secara langsung tanpa ada jeda istirahat. 

Nah, itu dia tips menaklukan blocking time saat mengerjakan UTBK nanti. Intinya, terus belajar, berlatih, dan jangan pernah menyerah. Untuk kalian para pejuang UTBK-SNBT 2023, yuk persiapkan belajarmu di UTBK Center!

IDN CTA Blog UTBK Center Ruangguru 2022

Sumber foto:

Foto pengerjaan UTBK-SBMPTN [daring]. Tautan: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01585905/dari-itb-hingga-unpad-begini-teknis-pelaksanaan-utbk-2020-dengan-penerapan-protokol-kesehatan (Diakses: 29 Maret 2021)

 

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D