Mengenal Sistem Penilaian IRT di UTBK SNBT & Cara Perhitungannya

sistem penilaian IRT UTBK

Sudah tahu seperti apa sistem penilaian IRT (Item Response Theory) di UTBK-SNBT? Yuk, simak penjelasan dan strategi mengerjakannya berikut ini!

 

Psst, ada satu hal penting yang harus kamu ketahui dalam pelaksanaan UTBK-SNBT. Yap, sistem penilaian atau cara menghitung nilai UTBK harus banget nih kamu pahami. Sejak tahun 2018, UTBK mulai menerapkan sistem penilaian menggunakan Teori Respons Butir atau yang juga dikenal dengan Item Response Theory (IRT).

Di tahun 2017 ke belakang, sistem penilaian SNBT masih menggunakan Teori Tes Klasik. Pada sistem penilaian ini, jawaban benar akan diberi skor 4, jawaban salah akan diberi skor negatif satu (-1), dan tidak menjawab akan mendapatkan skor nol (0).

Baca Juga: Strategi Menaklukan Blocking Time di UTBK-SNBT

Lalu, seperti apa sih sistem penilaian IRT itu? Bagaimana cara menghitung skor UTBK melalui sistem ini? Yuk, simak penjelasannya!

 

Apa itu Sistem Penilaian IRT UTBK SNBT?

IRT merupakan kepanjangan dari Item Response Theory. Sistem penilaian IRT adalah suatu pendekatan statistik yang digunakan dalam penilaian UTBK SNBT. Sistem penilaian ini baru diterapkan di Indonesia pada tahun 2018. Namun, metode IRT sudah lama digunakan di berbagai negara maju, seperti Amerika dan Eropa.

 

Tujuan Sistem Penilaian IRT UTBK SNBT

Penerapan sistem penilaian IRT dalam UTBK, bertujuan untuk meningkatkan akurasi dalam mengukur kemampuan calon mahasiswa, memperbaiki validitas, serta reliabilitas dari ujian tersebut. Sistem penilaian IRT diharapkan dapat lebih tepat mengukur kemampuan calon mahasiswa dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan setiap soal ujian.

 

Poin Penting dalam Sistem Penilaian IRT

  • Bobot skor yang diperoleh oleh peserta di tiap nomor soalnya bisa jadi berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan soal.
  • Tingkat kesulitan soal tersebut tidak ditentukan di awal melainkan setelah semua ujian selesai dan berdasarkan berapa banyak peserta yang menjawab benar/salah di nomor soal tertentu.
  • Sistem penilaian UTBK tidak menggunakan metode skor minus untuk jawaban yang salah.

 

Sistematika Penilaian IRT di UTBK SNBT

UTBK menggunakan sistem Item Response Theory atau IRT dalam sistem penilaiannya, dengan bobot nilai yang berbeda pada masing-masing subtes. Secara lebih detail, sistem penilaian IRT ini digambarkan dengan tiga tahap, yaitu:

  • Tahap pertama, seluruh jawaban benar akan diberi skor 1 poin, dan skor 0 untuk yang tidak dijawab.
  • Tahap kedua, pendekatan teori respons butir (Item Response Theory) akan dilakukan. Setiap soal yang benar akan dianalisis kembali karakteristiknya dengan melihat kesulitannya dibanding soal lainnya.
  • Tahap ketiga, karakteristik tiap soal yang didapatkan di tahap dua akan dipakai untuk menghitung skor peserta. Soal yang relatif sulit akan mendapatkan bobot yang lebih tinggi dibanding yang lain.

 

Skema Penilaian IRT

 

Secara singkat, sistem penilaian IRT lebih mengutamakan karakteristik tiap soal. Semakin sulit suatu soal yang kamu jawab, maka akan semakin tinggi pula bobot skor yang bisa kamu peroleh.

Baca Juga: Tips Mengerjakan Soal TPS UTBK SNBT berdasarkan Tipe Soalnya

Sistem penilaian ini tidak hanya mempertimbangkan jumlah soal yang berhasil dijawab dengan benar atau salah, tetapi juga mempertimbangkan sulit atau tidaknya suatu soal.

Namun, bobot skor setiap butir soal baru akan ditentukan setelah melihat respons peserta setelah ujian selesai. Cara ini dianggap dapat membedakan kemampuan setiap peserta dengan lebih baik.

Dengan menggunakan sistem ini, diharapkan perguruan tinggi akan benar-benar mendapatkan calon mahasiswa yang teruji, dilihat dari hasil seleksi SNBT.

 

Keuntungan Sistem Penilaian IRT UTBK SNBT

Sistem penilaian IRT akan mengacu pada tingkat kesulitan soal. Artinya, semakin tinggi tingkat kesulitan soal, semakin tinggi pula bobot skor yang akan didapat peserta. Namun, untuk soal yang dijawab salah, tidak akan diberi poin minus, sehingga tidak akan ada pengurangan poin, seperti sistem penilaian sebelumnya.

Jadi, kamu nggak perlu pusing memikirkan skor ketika ujian berlangsung. Usahakan untuk menjawab seluruh soal, meskipun kamu ragu atau tidak tahu jawaban yang benarnya, ya.

 

Strategi Mendapatkan Poin Tinggi di UTBK SNBT

Nah, untuk mengerjakan soal-soal UTBK yang menggunakan sistem penilaian IRT ini ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan.

  • Jangan ragu untuk mengisi semua soal karena tidak ada nilai minus.
  • Gunakan strategi dalam menebak dengan metode eliminasi opsi jawaban yang paling mungkin salah. Semakin sedikit opsi jawaban tersisa semakin besar peluang untuk memilih jawaban benar.
  • Tidak perlu memperkirakan tingkat kesulitan soal atau memberi alokasi waktu lebih di tipe soal-soal sulit untuk mengejar skor tertinggi, karena bobot tingkat kesulitan soal baru ditentukan setelah ada pengecekan ke semua peserta dan bukan ditentukan berdasarkan tipe soal.

 

Baca Juga: Contoh Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) & Tes Literasi UTBK SNBT 2024

Oke, itulah penjelasan mengenai sistem penilaian IRT dalam UTBK-SNBT dan strategi untuk mendapatkan skor tinggi saat ujian nanti. Kalau kamu mau tahu lebih banyak mengenai strategi untuk menghadapi UTBK? Kamu bisa dapatkan Kitab UTBK versi cetak dengan klik di bawah ini ya!

CTA Kitab UTBK Ruangguru Updated Version

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D