Tips Mengajar Bahasa Inggris yang Efektif

Ruangguru Jan 12, 2021 • 4 min read


tips mengajar bahasa inggris

Pernahkah Bapak/Ibu Guru khususnya yang mengajar Bahasa Inggris merasa mengalami kesulitan saat mengajar? Di artikel berikut ini semoga bisa membantu Anda untuk mengajar Bahasa Inggris secara lebih efektif kepada siswa. Simak artikel berikut ini sampai akhir ya.

---

Mata pelajaran Bahasa Inggris dapat dikatakan menjadi salah satu mata pelajaran favorit bagi siswa yang memang memiliki minat di mata pelajaran ini. Tidak sedikit siswa yang menaruh ekspektasi kepada gurunya supaya bisa mengajarkan Bahasa Inggris.

Nah, bagi Anda yang saat ini mengajar Bahasa Inggris untuk peserta didik, tidak ada salahnya melakukan evaluasi dan pengembangan cara mengajar kepada siswa. Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki kualitas mengajar Anda dan tentunya bisa memperbaiki hasil belajar siswa itu sendiri. Seperti apa tips mengajar Bahasa Inggris yang efektif bagi siswa? Berikut tipsnya.

1. Persiapkan Bahan Pembelajaran

Sebagai guru yang baik, tentunya harus mempersiapkan bahan pembelajaran yang berkualitas. Semua pelajaran, termasuk Bahasa Inggris, harus dipersiapkan bahan ajar yang masuk dalam rencana pembelajaran. Bahan ajar yang pas dan menarik untuk siswa, bisa menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif.

2. Fokus pada Praktik

Sebuah bahasa menjadi lebih bermakna jika diucapkan. Oleh karena itu, mata pelajaran ini sebisa mungkin siswa dituntut lebih aktif dalam praktik berbahasa. Konsep dasar tentang grammar memang perlu, tapi praktik berbahasa bisa menjadikan siswa lebih berani dan bisa tahu letak kesalahannya berdasarkan feedback yang diberikan oleh guru.

mengajar bahasa inggris di depan siswa

Visualisasi mengajar di kelas.

(sumber: theteenagertoday.com)

3. Menggunakan Metode Belajar yang Tepat

Mempelajari mata pelajaran Bahasa Inggris bisa menggunakan metode belajar yang sangat bervariasi. Mulai dari berdiskusi, hingga dengan permainan. Namun, di masa pandemi seperti saat ini kiranya bisa memanfaatkan kursus bahasa Inggris secara daring. Kini, Bapak/Ibu Guru bisa merekomendasikan platform untuk kursus bahasa Inggris secara daring melalui English Academy by Ruangguru.

Kursus melalui English Academy Ruangguru ini memiliki banyak keunggulan seperi, kurikulum yang digunakan mangadopsi dari Cambridge dengan penyesuaian kurikulum di Indonesia. Selain itu, para pengajar di English Academy by Ruangguru ini merupakan pengajar internasional yang sudah tersertifikasi dan yang pasti cara belajarnya secara daring dan interaktif ya.

Baca Juga: Peran Guru dalam Mengarahkan Minat dan Bakat Siswa

4. Bangun Kepercayaan Diri

Sebagai guru sudah hal yang wajib untuk memiliki kepercayaan diri untuk mengajar di depan para siswa. Jika Anda merasa memiliki rasa kurang percaya diri dalam diri Anda dalam mengajar, pastikan Anda membangun rasa kepercayaan diri Anda kembali. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun perasaan ini, salah satunya dengan belajar kembali materi-materi yang akan diajarkan.

5. Evaluasi Secara Mandiri

Tahapan terakhir dalam mengajar bahasa Inggris yang efektif untuk siswa ialah melakukan evaluasi dari kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Guru bisa memperhatikan poin-poin saat pembelajaran yang dirasa efektif dan juga kurang efektif. Poin-poin tersebut nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kegiatan mengajar selanjutnya.

Demikian informasi mengenai tips mengajar bahasa Inggris yang efektif. Semoga informasi yang sudah dijelaskan di atas bisa membantu Anda dalam memberikan pembelajaran yang baik untuk siswa.

Bapak/Ibu Guru bisa memberikan rekomendasi kepada siswa untuk belajar bahasa Inggris secara lebih mudah dan menyenangkan dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Kini, telah hadir English Academy by Ruangguru yang siap memberikan pengajaran bahasa Inggris dengan cara belajar yang interaktif dan menyenangkan melalui daring. Daftar sekarang juga dan dapatkan harga spesial.

New call-to-action

Sumber referensi

14 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Mudah yang Bisa Anda Pelajari Sendiri. Bethari Taya. merdeka.com (daring). Tautan: https://www.merdeka.com/gaya/14-cara-cepat-berbahasa-inggris-mudah-yang-bisa-anda-pelajari-sendiri-kln.html (diakses 8 Januari 2020)

Samad, Farida dan Nurlela Tidore. 2015. Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan untuk Anak Usia Dini. Maluku Utara: FKIP Universitas Khairun

Sumber foto

Foto header artikel. Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels.

Tautan: https://www.pexels.com/photo/woman-in-blue-and-pink-floral-long-sleeve-shirt-standing-beside-woman-in-black-and-white-5427868/

Foto visualisasi mengajar di kelas. Theteenagertoday.com
 
Tautan: http://theteenagertoday.com/you-can-speak-with-confidence/
Profile

Ruangguru

Beri Komentar