6 Cara Ampuh Usir Bosan dan Kantuk Saat di Kelas

Cara mengusir bosan dan kantuk di kelas

Lagi belajar tapi malah bosan dan ngantuk? Jangan dibiarkan, yuk simak tips mengusir bosan dan kantuk saat di kelas berikut ini.

Mau dalam kondisi apapun, rasa bosan dan ngantuk kerap kali menyerang dimana pun kita berada. Tidak terhindarkan juga saat sedang berada di kelas. Ini tentu mengganggu aktivitas belajar kamu, karena bisa menghilangkan konsentrasi dan membuat belajar jadi tidak efektif.

Nah! Tapi hal seperti ini juga tidak bisa dibiarkan, yuk cek deh jurus ampuh usir bosan dan kantuk saat di kelas berikut ini.

 

1. Izin ke toilet

Kalau rasa bosan tak tertahankan, coba minta izin ke toilet sama guru kamu. Dengan keluar dari ruangan kelas sejenak, bisa membantu menghilangkan rasa jenuh kamu. Sekalian curi-curi kesempatan lewatin kelas gebetan, biar makin melek!

 

2. Cuci muka

Cuci muka mengusir kantukCuci muka (Sumber: wellandgood.com)

Kalau perlu, sekalian cuci muka biar lebih seger lagi! Ini juga bisa mengusir rasa bosan atau kantuk saat di kelas. Jadi saat kembali ke kelas, kamu bisa kembali fokus memperhatikan pelajaran.

 

3. Ngemil

Selalu sedia cemilan ya di tas kamu! Dengan ngemil, bisa mengembalikan konsentrasi kamu di kelas. Lagian siapa tahu, yang membuat kamu bosan karena rasa lapar di perutmu. Cemilannya yang praktis saja, kamu bisa mencoba dengan sedia permen. Itu bisa menjadi pertolongan pertama kamu untuk usir bosan atau kantuk di kelas tanpa ketahuan guru.

 

4. Corat-coret di kertas

doodle mengusir kantukHias catatanmu (Sumber: lindsaybraman.com)

Ketika bosan menyerang, coba mulai corat coret buku catatanmu. Gambar apa saja yang menurutmu menyenangkan, asal jangan kebablasan jadi tidak memperhatikan pelajarannya ya, hihi. Kamu juga bisa menghias catatan kamu dengan tampilan yang lebih menarik, jadi belajar kamu nanti lebih semangat deh!

 

5. Dengerin Musik 

Saat sedang pergantian guru, kamu bisa curi waktu dengan dengerin musik sebagai moodboster kamu. Jadi nanti saat guru kamu datang, kamu siap mendengar materi yang diajarkan!

 

6. Pikirkan hal seru

day dreamingNgelamun (Sumber: canacogpl.com)

Daripada bosan dan malah jadi berakhir ngantuk, mending coba pikirin hal seru apa yang akan kamu lakukan sepulang sekolah. Entah untuk ngumpul bareng temen, atau bahkan coba pikirin gebetan kamu! Hihi..

Setelah puas ngelamun secukupnya, kembali lagi deh ke dunia nyata yaitu untuk perhatikan guru di depan ya!

Nah, bagaimana? Apakah membantu kamu mengusir bosan atau kantuk saat di kelas? Tapi tetep inget ya teman-teman, setelah rasa bosan atau kantuk kamu sudah pergi, jangan lupa kembali fokus ke pelajaran supaya kamu tidak ketinggalan materi. Kalau mau belajar yang anti bosan dan ngantuk, plus super seru pastinya di ruangbelajar. Yuk, cek sekarang!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Ruangguru