4 Keuntungan Memilih Sekolah Anak Lebih Awal

Parenting 28 Feb 2022_4-keuntungan-memilih-sekolah-anak-lebih-awal  (1)

Ternyata, memilih sekolah anak lebih awal itu memiliki banyak keuntungan, lho! Apa saja, ya? Cari tau di artikel ini!

--

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin memilih sekolah yang terbaik untuk anak-anak Anda. Sekolah yang bisa mengembangkan kemampuan anak secara maksimal, tetapi harga dan lokasinya tetap terjangkau. Benar begitu ‘kan? Nah, agar Anda bisa memasukkan anak ke sekolah yang sesuai dengan kriteria tersebut, tidak ada salahnya lho memilih sekolah anak lebih awal. Yuk, cari tahu 4 keuntungannya!

 

1. Pihak sekolah bisa menjawab berbagai macam pertanyaan orang tua

Keuntungan Memilih Sekolah Anak Lebih Awal

Orang tua bisa bertanya kepada pihak sekolah mengenai pendidikan yang mereka tawarkan (Sumber: northtexaskids.com)

Anda bisa bertanya soal apa saja kepada pihak sekolah, baik mengenai sistem pendidikan yang berlaku, fasilitas yang akan didapatkan, atau kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan. Pihak sekolah pun akan dengan senang hati menjawab dan menjelaskannya pada Anda, sebab mereka belum sibuk mengurus pendaftaran murid baru. Jadi, Anda bisa memiliki gambaran yang lengkap tentang sekolah itu.

Baca juga: 5 Tips Belajar Efektif dan Hemat untuk Anak, Apa Saja Ya?

 

2. Orang tua memiliki banyak waktu untuk membandingkan sekolah lain

Keuntungan Memilih Sekolah Anak Lebih Awal

Orang tua bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan antarsekolah (Sumber: edutopia.org)

Dengan memilih sekolah anak lebih awal, Anda memiliki banyak waktu untuk mencari tahu apa yang ditawarkan sekolah lain dan membandingkannya dengan sekolah sebelumnya. Hal ini akan membuat Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah sekolah untuk pendidikan anak.

 

3. Orang tua memiliki banyak waktu untuk berpikir dan mengambil keputusan

Keuntungan Memilih Sekolah Anak Lebih Awal

Orang tua perlu berpikir matang dan berdiskusi dengan anak soal sekolah (Sumber: huffingtonpost.ca)

Setelah membandingkan sekolah-sekolah tersebut, Anda masih memiliki waktu untuk berpikir dan berdiskusi dengan anak tentang sekolah yang akan dimasukinya. Akhirnya, Anda bisa mengambil keputusan, sekolah mana yang terbaik untuk anak dan perkembangannya, juga sesuai dengan keadaan finansial Anda. Pilihan Anda pun dibuat dengan matang dan tidak terburu-buru.

Baca juga: Mengapa Usia Anak Masuk SD Harus 7 Tahun?

 

4. Biaya pendaftaran sekolah bisa lebih murah

Keuntungan Memilih Sekolah Anak Lebih Awal

Biaya sekolah bisa lebih murah jika orang tua memilih sekolah lebih awal (Sumber: bizfluent.com)

Kalau Anda sudah memilih dan menetapkan sekolah untuk anak lebih awal, bahkan jauh sebelum waktu pendaftaran sekolah dibuka, kemungkinan Anda bisa mendapatkan potongan harga ketika membayar uang pangkal atau uang gedung pertama kali. Anda pun jadi lebih hemat dan bisa mengalokasikan uang itu untuk kebutuhan anak lainnya.

---

Gimana? Melihat keuntungan-keuntungan ini, apakah sudah terpikir untuk memilih sekolah anak lebih awal? Selain memilih sekolah yang bisa memberikan pendidikan terbaik untuk anak, Anda juga bisa mengenalkan ruangbelajar pada mereka. Jadi, tidak hanya mengandalkan materi pelajaran yang diberikan di sekolah, namun anak bisa belajar di rumah melalui video pembelajaran beranimasi, latihan soal, rangkuman, dan infografis. Menarik ‘kan? Ayo daftar sekarang!

ruangbelajar

Profile

Andrea Lidwina