Dibuka untuk Mahasiswa Indonesia! Beasiswa Kuliah Cargill, Dapatkan Tunjangan Rp 36 Juta per Tahun

Sofia Nur Fauziah Mei 11, 2021 • 5 min read


Pojok_Kampus_-_Beasiswa_Cargill-01

Mau dapat tunjangan pendidikan dan pelatihan pengembangan diri? Yuk, daftar Cargill Global Scholars Program (CGSP). Simak informasinya berikut ini. 

---

Kamu sedang mencari beasiswa untuk menunjang pendidikan di jenjang universitas? Yups, saat ini Cargill Global Scholars Program (CGSP) sedang membuka pendaftaran untuk awardee baru, nih. Beasiswa ini merupakan program dua tahun dalam bentuk dukungan finansial untuk mahasiswa S1 di Brazil, China, India, Indonesia, Rusia, dan Amerika Serikat. Selain itu, CGSP juga memberikan kesempatan awardee-nya untuk mengembangkan kemampuan leadership melalui seminar, mentoring, networking events, dan relasi dengan alumni. 

Lalu, siapa aja sih yang boleh mendaftar CGSP? Tentu semua boleh dong, asalkan kamu merupakan mahasiswa S1 yang memiliki prestasi akademik dan potensi kepemimpinan di bidang yang sudah ditentukan. Nah, penasaran ‘kan bidang apa saja sih yang menjadi fokus CGSP? Yuk simak informasi detailnya berikut ini. 

Cakupan Beasiswa:

  1. Beasiswa tahunan sebesar $2.500 (Rp35.710.875) selama maksimal 2 tahun, untuk membantu biaya akademik.
  2. Berpartisipasi dalam seminar kepemimpinan tiga hari yang didanai penuh selama tahun pertama program. Kegiatan tersebut dirancang untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan para peserta dan memastikan bahwa potensi penuh setiap peserta untuk melakukan perubahan tercapai pada puncak program.
  3. Berpartisipasi dalam Seminar Kepemimpinan Global yang didanai penuh dan akan diadakan di salah satu lokasi global Cargill selama tahun kedua program tersebut. Kegiatan ini akan mempertemukan semua awardee CGSP dari setiap kelompok dari seluruh negara program untuk seminar selama seminggu yang akan melibatkan serangkaian aktivitas pengayaan pembelajaran berdasarkan pengalaman, ditambah dengan peluang berjejaring dengan para eksekutif Cargill.
  4. Dipasangkan dengan pemimpin Cargill yang akan menjadi mentor. Mentor Cargill akan membantu peserta untuk mengidentifikasi tujuan akademis dan profesional jangka pendek dan panjang, serta akan membantu dalam mencapai tujuan ini melalui jaringan, pertemuan tatap muka dan komunikasi melalui email serta telepon secara teratur.
  5. Menjadi anggota komunitas alumni Cargill Global Scholars.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

1. Warga Negara Indonesia.
2. Mahasiswa dari universitas partner:
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB) - Khusus mahasiswa Biologi
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) - Khusus mahasiswa Biologi dan Teknik Lingkungan
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Hasanuddin (UNHAS)
  • Universitas Lampung (UNILA)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Universitas Sriwijaya (UNSRI)
3. Mahasiswa S1 tahun kedua dengan program studi:
  • Akuntansi, lebih diutamakan di daerah Makassar
  • Bidang terkait Pertanian
  • Bidang terkait Peternakan
  • Biologi
  • Teknik Lingkungan
  • Bidang terkait Perikanan
  • Kedokteran Hewan

4.  Menunjukkan performa akademik yang baik (dengan IPK minimal 3.0 (skala 0-4) untuk semester 1-3).
5. Keterlibatan dalam kegiatan sosial dan kemahasiswaan, serta menunjukkan potensi kepemimpinan.
6. Menunjukkan kebutuhan finansial.
7. Terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu.
8. Perempuan dan difabel sangat dianjurkan untuk mendaftar.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. 2 surat pernyataan.
  2. Transkrip nilai universitas semester 1-3.
  3. Transkrip nilai SMA.
  4. Dua surat rekomendasi:
    Untuk UNS: setiap peserta wajib menyediakan 1 surat rekomendasi dari Kantor Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS. Kamu dapat menghubungi Ibu Yuni Parwyanti, Kepala Bagian Kesejahteraan dan Alumni, Biro Kemahasiswaan dan Alumni di parwyanti@yahoo.com, untuk memproses persyaratan ini.
  5. Resume (CV).
  6. Surat sertifikasi.

Catatan:

  1. Peserta yang terpilih sebagai semifinalis tahun 2021 akan diwawancara pada bulan Juli 2021 dan hasil seleksi beasiswa akan diumumkan pada bulan Agustus 2021. 
  2. HARAP DIPERHATIKAN: pelamar yang terseleksi sebagai penerima beasiswa, harus mengikuti Indonesia In-Country Leadership Seminar 2021. Waktu pelaksanaan ICS ini akan diinformasikan setelah penerima beasiswa dikonfirmasi. 

Awardee Cargill Global Scholars Program (Sumber: https://www.cargillglobalscholars.com/testimonials/)

 

Cargill adalah perusahaan yang berfokus di bidang pertanian dengan membantu petani untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui Cargill Global Scholars Program, diharapkan dapat membimbing pemuda dari seluruh dunia untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan. Saat ini, CGSP dikelola oleh Institute of International Education (IIE). Nah untuk mendaftar CGSP, kamu perlu mengakses halaman pendaftarannya di https://apply.iie.org/cargillglobalscholars-indonesia.

Pendaftaran beasiswa ini akan ditutup pada 4 Juni 2021. Untuk periode 2021-2022, CGSP akan diberikan kepada 10 mahasiswa Indonesia. Waduh, kok sedikit banget ya? Justru itu, karena kuota penerima CGSP sedikit, harusnya kamu lebih terpacu untuk menunjukkan kualitas terbaikmu. Perlu diingat bahwa nggak ada yang nggak mungkin kalau kamu bersungguh-sungguh dalam berusaha. 

Informasi dan Kontak:

Email: scholarship@iief.or.id

Telepon: +6221 – 8317330 ext. 109/107/115 (office hours)

Website: https://www.cargillglobalscholars.com/

Alamat:  Indonesian International Education Foundation (IIEF)

Menara Imperium Lt.28 Suite C, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta 12980

Sebagai negara agraris, berkontribusi dalam kemajuan pertanian di Indonesia adalah hal yang seharusnya dilakukan oleh generasi muda. Melalui Cargill Global Scholars Program, kamu bisa mewujudkannya dengan bimbingan dari mentor-mentor yang expert di bidangnya. Nah, jangan tunda lagi ya untuk mendaftar beasiswa ini. Sehari kamu menunda, bisa jadi ada pesaingmu yang sudah melangkah lebih jauh. Yuk, persiapkan diri menghadapi proses seleksi CGSP dengan belajar bahasa Inggris di English Academy

New call-to-action

Profile

Sofia Nur Fauziah

Beri Komentar