Mau Kuliah di Amerika Serikat? Ada Program Student Exchange Tanpa Syarat IPK nih!

Sofia Nur Fauziah Jun 2, 2021 • 4 min read


Pojok_Kampus_-_Info_Beasiswa_-_YSEALI_Academic_Fellowship-01

Kamu punya impian untuk kuliah di Amerika Serikat? Ikuti program student exchange YSEALI Academic Fellowship. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

---

Bagi kamu yang saat ini sedang kuliah atau baru lulus dari jenjang S1, ada kesempatan bagus nih untuk mengembangkan diri dari Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI). YSEALI didirikan untuk meningkatkan kemampuan leadership dan menjalin hubungan baik antara Amerika Serikat dengan negara-negara ASEAN di berbagai bidang. Kali ini, YSEALI menyelenggarakan YSEALI Academic Fellowship untuk mahasiswa dan lulusan S1 di negara ASEAN. 

YSEALI Academic Fellowship merupakan program pertukaran pelajar jangka pendek yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan meningkatkan pemahaman pemuda di kawasan ASEAN terhadap Amerika Serikat. Program ini akan berlangsung baik secara virtual maupun tatap muka di lembaga tuan rumah. Wah, jadi kebayang ‘kan serunya? Simak informasi persyaratan dan kriteria penilaian untuk program ini, yuk

Persyaratan Peserta:

  1. Anggota YSEALI berusia 18-25 tahun.
  2. Mahasiswa atau lulusan universitas yang lulus kurang dari 5 tahun.
  3. Warga negara Brunei Darussalam, Burma, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Kamboja.
  4. Bukan warga negara Amerika Serikat.
  5. Memiliki kemampuan bahasa Inggris. Dapat membaca, menulis, berbicara bahasa Inggris. (Catatan: tidak diperlukan skor TOEFL, IELTS, dan sebagainya).
  6. Berhak mendapatkan visa J-1 (visa J-1 digunakan untuk persyaratan individu agar dapat berpartisipasi pada program pertukaran pelajar berbasis kerja dan belajar di Amerika Serikat yang disponsori oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. 

Kriteria Penilaian Peserta:

  1. Menunjukkan kemampuan leadership di universitas, tempat kerja, dan/atau komunitas.
  2. Menunjukkan ketertarikan, pengetahuan, atau pengalaman profesional di satu atau lebih tema YSEALI (civic engagement, entrepreneurship and economic growth, environment issues).
  3. Menunjukkan komitmen dan ketertarikan pada komunitas, volunteerism, atau mentorship.
  4. Memiliki ketertarikan untuk belajar tentang Amerika Serikat dan ASEAN sebagai negara.
  5. Bersedia untuk aktif berpartisipasi pada program akademik yang intensif, aktivitas pelayanan komunitas, dan study tour.
  6. Berkomitmen untuk menggunakan apa yang dipelajari di YSEALI Academic Fellowship untuk dibagikan manfaatnya pada komunitas, negara, dan wilayah asal.
  7. Tidak atau sedikit memiliki pengalaman di Amerika Serikat sebelumnya.

Peserta program YSEALI asal Indonesia

Sumber: id.usembassy.gov/education-culture/yseali/yseali-academic-fellows/

 

YSEALI Academic Fellowship diselenggarakan sejak tahun 2015. Tema yang diangkat meliputi Civic Engagement, Environment Issues and Natural Resources Management, dan Social Entrepreneurship and Economic Development. Apabila memungkinkan, peserta akan berkunjung ke Amerika Serikat pada musim semi 2022 dengan mempertimbangkan semua pedoman keselamatan yang dikeluarkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), otoritas negara bagian, lokal, dan kampus.

Eh, tapi kalau bukan anggota YSEALI berarti tidak bisa mendaftar program ini ya? Betul sekali! Tapi nggak perlu khawatir, karena untuk menjadi anggota YSEALI gampang banget kok caranya. Kamu hanya perlu mengisi formulir pendaftaran di https://asean.usmission.gov/yseali/.

Pendaftaran program ini akan ditutup pada 11 Juni 2021 pukul 10.00 WIB (waktu Jakarta). Kalau merasa eligible dan yakin untuk mendaftar, kamu bisa langsung mengakses website pendaftarannya di YSEALI Academic Fellowships Application - Fall 2021

Informasi dan Kontak : 

Website: https://id.usembassy.gov/education-culture/yseali/yseali-academic-fellows/

Facebook: Young Southeast Asian Leaders Initiative

Twitter: @yeseali

Instagram: @yseali_official

Youtube: YSEALI

Email: YSEALIjkt@state.gov

Untuk mengikuti YSEALI Academic Fellowship, diperlukan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Hal ini tentu karena kamu nantinya akan berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara di ASEAN. Nah, berhubung program ini setahun sekali jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini ya. Kapan lagi ‘kan punya pengalaman kuliah di Amerika Serikat dengan beasiswa. Yuk, tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan belajar menggunakan kurikulum internasional di English Academy.

New call-to-action 

Beri Komentar