Ayo, Daftar Beasiswa Taiwan ICDF 2022, Gratis Kuliah Jenjang S1, S2, & S3!

Informasi beasiswa Taiwan ICDF 2022

Simak informasi beasiswa Taiwan ICDF 2022 berikut ini, pendaftaran ditutup 15 Maret 2022. Kuliah gratis di Taiwan!

Taiwan menjadi salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang maju dan unggul. Nggak hanya itu, negara dengan julukan “Naga Kecil Asia” ini memiliki sejumlah perguruan tinggi dengan kualitas terdepan di berbagai bidang ilmu pengetahuan, seperti teknologi informasi komputer, mesin listrik, industri manufaktur, bahan kimia, hingga kesehatan dan bioteknologi. Keunggulan ini menjadikan Taiwan diincar para pelajar Indonesia sebagai tujuan melanjutkan pendidikan, lho, teman-teman!

Bagi kamu yang hendak melanjutkan pendidikan ke Taiwan, ada kabar baik nih. Pasalnya, saat ini Taiwan ICDF (International Cooperation and Development Fund) sedang membuka pendaftaran beasiswa. Nggak main-main, beasiswa yang ditawarkan mulai dari jenjang S1 sampai S3. Penasaran? Keep scrolling!

Taiwan ICDF merupakan organisasi dengan program yang didedikasikan untuk mendorong pembangunan sosial-ekonomi, meningkatkan sumber daya manusia, dan mempromosikan hubungan ekonomi di berbagai mitra dari negara berkembang. Tidak hanya itu, organisasi ini juga menawarkan bantuan kemanusiaan apabila ada bencana alam, lho! Nah, untuk melanjutkan program pembangunan berkelanjutan ini lah Taiwan ICDF menawarkan beasiswa bagi para pelajar.

Indonesia menjadi salah satu negara mitra Taiwan, termasuk penyelenggaraan program beasiswa ini, teman-teman. Kamu bisa mendaftar segera karena beasiswa Taiwan ICDF ini akan ditutup pada 15 Maret 2022. Kamu tertarik? Yuk, cek informasi lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Daya Tampung SNMPTN 2022 di UI, UGM, UNAIR, IPB, dan ITS

 

Syarat Peserta Beasiswa Taiwan ICDF

  1. Warga negara yang sudah terdata dalam Eligible Countries for Taiwan ICDF Scholarship.
  2. Bukan warga negara Republik Tiongkok atau mahasiswa rekan senegaranya di luar negeri.
  3. Memenuhi persyaratan penerimaan universitas yang diinginkan di bawah program beasiswa Taiwan ICDF.
  4. Memenuhi persyaratan Visa Penduduk (Kode: FS) yang ditetapkan oleh Biro Urusan Konsuler, Kementerian Luar Negeri, dan Alien Resident Certificate (ARC) yang ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri Taiwan.
  5. Apabila peserta tidak memenuhi syarat Visa, Taiwan ICDF berhak mencabut permohonan beasiswa pemohon.
  6. Jika telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa Taiwan ICDF, tidak diperkenankan untuk menerima beasiswa lain yang juga disponsori oleh pemerintah Taiwan pada tahun akademik yang sama.
  7. Tidak sedang mengajukan beasiswa Taiwan ICDF lainnya. Jika mengajukan beasiswa 2022, pelamar yang telah memegang beasiswa Taiwan ICDF, Taiwan MOFA, atau MOE harus telah lulus sebelum 31 Juli 2021.
  8. Tidak memiliki riwayat beasiswa yang dicabut oleh pemerintah Taiwan atau lembaga terkait.
  9. Tidak pernah memiliki riwayat dikeluarkan dari universitas manapun di Taiwan.

 

Dokumen yang Diperlukan

Seperti program beasiswa lainnya, pemohon diharapkan melampirkan dokumen tertentu sebagai syarat permohonan. Pada program beasiswa Taiwan ICDF ini, pelamar diharapkan melampirkan dokumen ke Kedutaan/Konsulat Jenderal/Kantor Perwakilan Taiwan di masing-masing negaranya. Perlu diingat, pelamar harus melampirkan dokumen dengan akurat dan lengkap. Keterlambatan dan kesalahan tidak akan ditolerir.

Adapun dokumen yang harus dilampirkan antara lain:

  1. Fotokopi Paspor atau dokumen lain yang menunjukkan bukti kenegaraan.
  2. Fotokopi Ijazah tertinggi.
  3. Fotokopi transkrip akademik pelamar.
  4. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL. Jika tidak ada, pelamar dapat menunjukkan kemampuan bahasa Inggris melalui wawancara atau pengujian lainnya dengan pihak Kedutaan/Konsulat Jenderal/Kantor Perwakilan Taiwan di negara masing-masing.
  5. Dua surat referensi.
  6. Dokumen lain yang diminta secara khusus oleh Kedutaan/Konsulat Jenderal/Kantor Perwakilan Taiwan.

Selain itu, para pelamar juga diminta menyerahkan dokumen yang disyaratkan oleh universitas mitra Taiwan ICDF yang dilamar sebelum batas waktu penerimaan universitas tersebut.

Baca Juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia versi QS World University Ranking 2022

 

Lalu, Apa Saja sih Keuntungan Beasiswa Taiwan ICDF?

Selain biaya kuliah gratis, pelajar yang berhasil lolos seleksi beasiswa Taiwan ICDF juga ditanggung lho biaya hidupnya. Keuntungan lainnya bisa disimak berikut ini.

  1. Taiwan ICDF akan membiayai tiket pesawat pulang pergi langsung dari dan ke Taiwan.
  2. Semua siswa akan tinggal gratis di asrama.
  3. Biaya kuliah akan ditanggung program Taiwan ICDF.
  4. Biaya kredit juga akan ditanggung sesuai dengan jumlah kredit yang didaftarkan, sebagaimana yang dipersyaratkan universitas yang dipilih siswa.
  5. Para siswa juga akan mendapatkan asuransi, termasuk asuransi kecelakaan dan kesehatan.
  6. Biaya buku juga akan diberikan gratis.

Taiwan ICDF akan memberikan pula tunjangan yang dikirimkan langsung ke rekening bank lokal siswa setiap bulan. Tunjangan ini diberikan kepada para siswa untuk biaya makanan dan kebutuhan hidup sehari-hari. For your information, berikut ini besaran tunjangan yang akan diberikan:

  • Program Sarjana akan menerima 12.000 dolar Taiwan per bulan (sekitar Rp6,15 juta).
  • Program Master akan menerima 15.000 dolar Taiwan per bulan (sekitar Rp7,69 juta).
  • Program Doktoral akan menerima 17.000 dolar Taiwan per bulan (sekitar Rp8,72 juta).

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek melalui kontak Taiwan ICDF berikut ini.

Youtube: TaiwanICDF

Instagram: @taiwanicdf

Facebook: TaiwanICDF

Blog: https://icdfblog.org/

Website: https://www.icdf.org.tw

Menarik, kan, program beasiswa Taiwan ICDF ini? Bisa kuliah S1, S2, atau S3 gratis, plus ditanggung biaya hidup. Yuk, lengkapi syarat yang ditentukan dan daftar segera sebelum program ini ditutup. Bagi yang belum pede dengan kemampuan bahasa Inggris, nggak perlu risau! Belajar bareng saja dengan English Academy by Ruangguru. Bahasa Inggris cas cis cus, bisa diterima program beasiswa unggulan.

IDN CTA English Academy MainsiteReferensi:

5 Kelebihan Menempuh Studi di Taiwan, Biaya Pendidikan Lebih Murah! [Daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/muhammad-tarmizi-murdianto/kelebihan-menempuh-studi-di-taiwan/3. Diakses pada 14 Februari 2022

Sumber foto:

Freedom FM – 106.5 | 2019 Taiwan ICDF Scholarship Application Process Now Open (freedomskn.com)

Dinda Silviana Dewi