Kuliah di Luar Negeri Tanpa Mikirin Biaya? Simak Beasiswa Penuh dari Tianjin University!

Sofia Nur Fauziah Jun 3, 2021 • 9 min read


Pojok_Kampus_-_Info_Beasiswa_-_Tianjin_University_Scholarship_in_Chemical_Engineering_(TJUSCE)-01

 

Mau kuliah di luar negeri gratis? Daftar Tianjin University Scholarship in Chemical Engineering (TJUSCE) aja, yuk. Simak informasi cakupan, persyaratan, dan dokumen yang dibutuhkan berikut ini.

---

Kalau melihat kisah sukses orang-orang yang bisa kuliah di luar negeri, kamu jadi termotivasi untuk memiliki pencapaian yang sama nggak sih? Apalagi kalau negara dan universitasnya terkenal, sudah pasti menjadi prestise tersendiri ‘kan. Sebagai orang Indonesia, negara-negara di kawasan Asia tentu menjadi pilihan utama. Selain jarak, kualitas pendidikan yang baik di beberapa negara Asia menjadi pertimbangan untuk melanjutkan kuliah.

Tiongkok menjadi salah satu negara yang setiap tahunnya selalu diminati pelajar Indonesia. Negara yang dikenal dengan istilah “Negeri Tirai Bambu” ini memiliki banyak universitas favorit yang tersebar di seluruh daratan. Nah, kebetulan banget! Bagi kamu yang saat ini ingin melanjutkan kuliah ke Tiongkok, ada Tianjin University Scholarship in Chemical Engineering (TJUSCE) yang sedang dibuka pendaftarannya nih.

Main Building Tianjin University

Main Building Tianjin University

(Sumber: www.tju.edu.cn/english/Campus_Life/Explore_the_Campus)

 

Beasiswa ini diselenggarakan oleh School of Chemical Engineering and Technology untuk mendukung pelajar internasional yang berprestasi untuk kuliah di bidang studi Chemical Engineering. Beasiswa ini berdurasi selama empat tahun. Namun, setiap tahunnya awardee beasiswa akan mendapatkan review untuk memastikan eligibility untuk mendapatkan beasiswa di tahun berikutnya. Yuk, simak informasi detail selengkapnya mengenai TJUSCE berikut ini. 

Jenis dan Cakupan Beasiswa:

1. Beasiswa penuh
  • Subsidi biaya kuliah sebesar RMB 20000 (Rp 44.888.251) per tahun.
  • Biaya hidup sebesar RMB 2400 (Rp 5.386.288) per bulan.

2. Beasiswa parsial

  • Subsidi biaya kuliah sebesar RMB 20000 (Rp 44.888.251) per tahun.
  • Biaya hidup sebesar RMB 1400 (Rp 3.142.127) per tahun.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Peserta bukan Warga Negara Tiongkok dengan paspor yang valid, dan memenuhi persyaratan dokumen Document No. 12 (2020) of Ministry of Education of the PRC.
  2. Peserta harus memiliki ijazah SMA dan berusia dibawah 30 tahun. Peserta yang masih dibawah 18 tahun per 1 September 2021, harus mengirimkan sertifikat wali asli yang dikeluarkan oleh Kantor Notaris Distrik Tianjin dan wali merupakan penduduk tetap Tianjin.
  3. Peserta yang ingin mengikuti program bahasa Inggris harus menyerahkan sertifikat kemahiran bahasa Inggris (tidak perlu native speaker). TOEFL: tidak kurang dari 80, IELTS: tidak kurang dari 6.0.
  4. Peserta memiliki perilaku, kesehatan fisik dan mental yang baik, serta bersedia untuk mematuhi hukum dan peraturan di Tiongkok dan Tianjin University.

Cara Pendaftaran Beasiswa:

  1. Peserta harus menyelesaikan pendaftaran online di website Tianjin University sesuai dengan jadwal pendaftaran yang sudah ditentukan. 
  2. Peserta harus mengisi setiap informasi yang dibutuhkan pada formulir pendaftaran online dan mengunggah dokumen pendaftaran.
  3. Peserta harus mengisi dan menandatangani formulir pendaftaran yang relevan sebelum mengunggah scan salinan dokumen di menu “Others”

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. Mengirimkan scan ijazah asli SMA atau ijazah asli yang diaktakan. Kamu dapat mengirimkan scan ijazah pre-graduation jika belum mendapatkan ijazah asli. Apabila pada saatnya sudah ada ijazah asli, kamu harus mengirimkan ulang ijazah asli atau ijazah asli yang diaktakan.
  2. Mengirimkan scan salinan transkrip nilai akademik yang sudah diaktakan atau scan hasil tes dengan standarisasi internasional (seperti SAT/ACT/A-Level/AP/IB dll.)
  3. Salinan paspor yang masih berlaku.
  4. Peserta yang telah bermigrasi ke negara lain atau orang tuanya berkewarganegaraan Tiongkok harus memberikan bukti untuk naturalisasi, bukti penolakan kewarganegaraan Tiongkok dan catatan visa empat tahun terakhir. 
  5. Bukti kemahiran bahasa Mandarin atau Inggris (untuk persyaratan khusus, silahkan merujuk ke Qualification of Applicants).
  6. Personal statement atau rencana studi (minimal 600 kata).
  7. Fotokopi Foreigner Physical Examination Form (Hasil tes kesehatan harus mencangkup semua item yang ada di daftar Foreigner Physical Examination Form. Peserta harus memilih waktu yang tepat dalam menjalani tes kesehatan. Setidaknya hasil tes kesehatan berlaku 6 bulan).
  8. Peserta yang saat ini sedang di Tiongkok harus mengirimkan scan Visa dan Sertifikat Transfer dari sekolahnya saat ini.
  9. Peserta yang saat ini tidak berada di Tiongkok harus mengirimkan Sertifikat Catatan Non-Kriminal. Lulusan baru SMA harus menyerahkan sertifikat yang menunjukkan catatan berperilaku baik yang dikeluarkan oleh sekolah menengah masing-masing). 
  10. Lampiran lain seperti surat keterangan tabungan di bank atau surat keterangan penghasilan dari penjamin keuangan.
  11. Peserta yang berusia kurang dari 18 tahun pada 1 September 2021 harus mengirimkan sertifikat wali asli, sertifikat penghargaan, dan lain-lain.

Detail Biaya untuk Kuliah di TJU:

  1. Biaya pendaftaran: RMB 420 (Rp 942.697).
  2. Biaya kuliah: RMB 20000 (Rp 44.888.251) per tahun.
  3. Asuransi kecelakaan dan kesehatan: RMB 800 (Rp 1.793.434) per tahun.
  4. Akomodasi pada Weijin Road Campus: RMB 60 (Rp 134.499) per hari setiap orang untuk single room. RMB 50 (Rp 112.153) per hari setiap orang untuk twin room. Akomodasi pada Peiyang Park Campus: RMB 40 (Rp 89.843) per hari setiap orang untuk single room.

Catatan:

  1. Peserta harus mengirimkan scan semua dokumen pada waktu pendaftaran.
  2. Semua dokumen yang diunggah harus berbahasa Mandarin atau Inggris; jika tidak, harus menggunakan notaris untuk menerjemahkan dokumen ke dalam bahasa Mandarin atau Inggris. Setelah diterjemahkan, dokumen asli dan terjemahan harus diserahkan secara bersamaan pada saat pendaftaran. 
  3. Peserta harus scan dokumen asli berwarna yang diaktakan. Gambar yang diambil dengan ponsel atau kamera tidak dapat diterima. Fotokopi juga tidak dapat diterima.
  4. TJU berhak meminta peserta untuk memberikan hard copy dokumen pendaftaran asli atau yang telah disahkan untuk pemeriksaan kualifikasi lebih lanjut apabila dokumen yang diunggah tidak mencukupi. 
  5. Peserta harus menjamin semu informasi dan dokumen pendaftaran yang diajukan asli dan akurat. Jika tidak, peserta otomatis akan didiskualifikasi.
  6. Tanggal wawancara akan diberitahukan kemudian.
  7. Peserta diharapkan untuk cek inbox email atau login pada online application system TJU secara berkala untuk mengetahui progress pendaftaran beasiswa. 
  8. Kecuali siswa CSC tipe A yang sudah diterima sebelumnya, biaya deposit untuk siswa lain yang telah dinominasikan harus dibayar secara online dan mengirimkan screenshot ke Sistem Aplikasi Online TJU di tju.at0086.cn/student
  9. TJU akan menerbitkan Admission Notice dan dokumen Visa bagi peserta yang diterima pada bulan Juli setelah menerima kredensial. 
  10. Siswa yang berhenti kuliah di TJU karena alasan pribadi tidak akan menerima uang depositnya kembali. 

 

Zhengdong Library Tianjin University

Zheng Dong Library

(Sumber: www.tju.edu.cn/english/Campus_Life/Explore_the_Campus)

 

Pendaftaran TJUSCE akan dibuka sampai tanggal 15 Juni 2021. Penilaian pesertanya sendiri akan diperhatikan berdasarkan parameter nilai akademik, kemampuan bahasa, dan performa saat wawancara. Nah, karena sudah diberitahu parameter penilaiannya, kamu harus bisa memaksimalkan itu ya. Ingat, pesaingmu bukan hanya dari Indonesia tapi juga dari negara lain. Jadi mumpung masih ada waktu, yuk matangkan setiap persyaratan yang dibutuhkan. Informasi selengkapnya dapat kamu akses di http://sie.tju.edu.cn/en/jxj/zxjxj/202104/t20210402_320081.html.

 

Informasi Kontak:

Telepon: +86-22-27406691

Fax: +86-22-27406147

Email: undergraduate@tju.edu.cn

Website: http://sie.tju.edu.cn/en/, www.tju.edu.cn

Alamat: 

International Admissions Office, School of International Education, Tianjin University

Address: No.92, Weijin Road, Nankai District, Tianjin, China 

Kode pos: 300072

Apakah TJUSCE hanya untuk pelajar yang ingin kuliah di bidang studi Chemical Engineering? Iya, betul sekali! Tapi, meskipun kuliahnya akan mempelajari Kimia, ternyata banyak bidang studi lain yang harus kamu kuasai lho. Apa aja sih? Tentunya Fisika, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris. Wah mapel-mapel dewa semua tuh, siapa nih yang langsung pusing? Tenang-tenang, nggak perlu takut atau pusing gitu ya. Semua bisa kamu pelajari dengan niat dan usaha yang kuat. Nah, bagi kamu yang saat ini masih sekolah dan berminat untuk mendaftar beasiswa ini, bisa banget lho belajar mapel-mapel tersebut dengan fleksibel menggunakan ruangbelajar.

New call-to-action 

Beri Komentar