Mau Jago Matematika? Belajar bersama Ruangguru Privat!

Mathematika

Mau lebih jago Matematika? Yuk, simak strategi belajarnya bersama Ruangguru Privat yang akan menemani belajar kamu supaya makin seru.

Halo Teman Belajar! Menyambut Tahun ajaran baru dengan penuh euforia, Ruangguru Privat hadir untuk menemani belajar kamu biar makin seru. Pokoknya kamu bisa mulai lebih dulu buat belajar mata pelajaran yang sulit sekalipun. Seperti mata pelajaran yang selalu menjadi momok pelajar dari seluruh jenjang. Yup, Matematika!

 

Sekilas tentang Matematika

Dikutip dari Employing Genetic ‘Moments’ in The History of Mathematics in Classroom Activities karya Vassiliki & Theodorus dijelaskan bahwa sejarah Matematika dimulai sejak 3.000 tahun Sebelum Masehi dalam wilayah kebudayaan-kebudayaan besar di dunia seperti Mesir, Babylonia, Yunani, Romawi, India, Persia, dan Cina.

Kebudayaan-kebudayaan tersebut melahirkan ilmuwan-ilmuwan besar dunia yang meletakkan pondasi ilmu Matematika. Nah, dalam periode penemuan ini, ilmuwan Matematika memfokuskan diri mereka pada praktik dan teori, termasuk penentuan karakter dari masing-masing bidang kajian Matematika yang tengah ditekuninya.

Misalnya Euclid, seorang matematikawan asal Yunani yang mencetuskan aksioma Euclid sebagai azas dalam ilmu geometri (ilmu tentang bangun dan ruang), Pythagoras menemukan teorema Pythagoras yang berlaku pada segitiga siku-siku, Archimedes yang mengkaji persamaan parabola, hiperbola, dan elips.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Hukum Archimedes dan Cerita Mahkota Raja

 

Tips dan Trik Memahami Matematika

Tidak hanya perasaan saja lho yang perlu dipahami, namun Matematika juga Teman Belajar! Karena Matematika adalah ilmu yang unik, kamu membutuhkan skill unik juga untuk menaklukannya. Agar belajar Matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan, aku punya beberapa tips menarik nih buat kamu.

  1. Mengubah mindset kamu jika Matematika itu sullit.
  2. Menciptakan suasana belajar yang nyaman.
  3. Membuat catatan rumus dengan baik.
  4. Memahami dan mempelajari rumus, bukan menghafal.
  5. Terus berlatih soal.

Paling Penting adalah Konsisten!

Kunci dari belajar Matematika adalah konsistensi untuk terus berlatih, sehingga kamu akan terbiasa mengerjakan soal dari yang levelnya mudah hingga tersulit. Untuk latihan soal, kamu bisa melakukan belajar kelompok dengan temanmu atau dengan guru les Matematika. Sehingga kamu akan mengetahui sejauh mana kemampuan kamu dalam mengerjakan soal Matematika.

Baca juga: 4 Metode Pembuktian Matematika | Matematika Kelas 11

 

Les Privat Matematika Bersama Guru Privat Terbaik Ruangguru Privat

Tau nggak sih, Ruangguru Privat bisa membantu kamu lho dalam memahami Matematika dengan lebih baik. Dari kualifikasi Guru-guru yang sangat kompeten, harga terjangkau, kurikulum yang lengkap, mode les online maupun offline, dan tentunya promo-promo yang menarik selalu hadir. Wih, pokoknya lengkaaap!

Jadi, tunggu apalagi nih? Sekarang tidak perlu khawatir lagi menghadapi Matematika di sekolah. Kan bisa pesan guru les privat Matematika di Ruangguru Privat!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Huda Ar Razaq