9 Cara Belajar Efektif untuk Kamu yang Gap Year

Tips Belajar Efektif untuk para Gap Year

Artikel  ini memberikan informasi tentang cara belajar efektif bagi siswa gap year agar bisa lolos ke kampus dan jurusan impian.

--

 

Dalam sebuah seleksi, tentu ada yang berhasil dan tidak. Bagi kamu yang belum berhasil, masih ada jalan lain kok untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Mungkin kamu terpikirkan untuk mengikuti seleksi ujian mandiri atau bahkan memilih gap year?

Berbicara tentang gap year, kamu punya persiapan sekitar setahun lho. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan ini, ya. Nah, agar kamu semakin mantap dan yakin dengan persiapan belajarmu, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu, nih.

Pertama, kamu harus mengetahui tentang peraturan atau kebijakan terbaru ujian masuk perguruan tinggi negeri. Tidak menutup kemungkinan bahwa pemerintah melakukan pembaharuan untuk ujian seleksi tersebut. Perubahan yang dilakukan bisa berupa cara pengerjaan atau bahkan model soal. Maka dari itu, kamu perlu untuk selalu mengecek kabar terbaru, ya. Tidak lupa, kamu juga butuh kiat dan cara belajar efektif agar dapat mengerjakan soal ujian dengan maksimal.

1. Temukan kelebihan dan kuasai materi belajar

Materi pelajaran yang diujikan untuk seleksi perguruan tinggi secara umum terbagi menjadi dua kategori, yakni Soshum dan Saintek. Tentu kamu telah familier dengan sebutan kategori ini, ‘kan? Jurusan atau program studi yang kamu pilih memengaruhi kategori ujian ini. Tes Kemampuan Akademik (TKA) berisikan materi-materi pelajaran yang umumnya telah dipelajari di sekolah. Materi-materi pelajaran ekonomi, sejarah, dan geografi untuk kategori Soshum dan kimia serta biologi untuk kategori Saintek. Selain itu, diujikan pula mata pelajaran matematika.

cara belajar efektif untuk siswa gap yearUjian tulis berbasis kompetensi (UTBK) untuk SBMPTN (Sumber: CNN Indonesia)

Walaupun terdengar sederhana, namun soal-soal yang diujikan ini punya tingkatan atau level kesusahan tertentu, seperti level HOTS (Higher Order Thinking Skill). Memaksimalkan pengerjaan soal ujian dapat kamu siasati dengan mendalami mata pelajaran tertentu yang menjadi kelebihanmu. Dengan begitu, ketika mengerjakan soal nanti, kamu dapat menentukan soal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Waktu pengerjaan ujian menjadi lebih efisien karena kamu tidak berkutat hanya pada satu soal.

Selain dua kategori tersebut, diujikan pula soal Tes Potensi Skolastik (TPS). Nah, dalam menjawab soal ini, kamu butuh perhatian khusus. Jenis soal TPS mendorong kamu untuk menganalisis soal lebih dalam. Terdapat soal untuk uji kemampuan kognitif, logika, serta pemahaman umum.

Baca juga: Apa Bedanya PTN dengan PTKIN? Yuk, Simak Info Berikut!

2. Belajar berkelompok

Mencari teman seperjuangan gap year dapat membantu proses belajarmu, lho. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa sendiri. Syarat agar proses belajar kelompok memberikan hasil yang maksimal, kamu harus lebih selektif, nih, untuk memilih teman. Menemukan teman yang dapat saling mendukung itu sangat berharga lho. Kamu dan temanmu harus sama-sama komitmen untuk menyelesaikan target belajar.

cara belajar efektif untuk siswa gap year dengan belajar berkelompokBelajar berkelompok lebih menyenangkan (Sumber: bobo.grid.id)

3. Teliti dan berlatih contoh-contoh soal

Kiat ketiga untuk belajar efektif bagi kamu yang gap year ialah rajin untuk melatih kemampuanmu. Cara yang dapat kamu lakukan ialah membaca contoh soal, meneliti serta menganalisisnya. Kamu dapat membaginya berdasarkan mata pelajaran atau jenis soal yang diujikan, yakni TPA atau TPS.

4. Tentukan target

Untuk bisa diterima di kampus impian, tentu kamu harus mencari tahu apa saja persyaratan, keketatan, hingga standar nilai yang dibutuhkan. Setelah mengetahui semua hal terkait penerimaan, kamu harus melihat lagi sejauh mana kemampuanmu. Dengan mengetahui kemampuan diri, kamu jadi bisa memperkirakan usaha yang harus dilakukan untuk meraihnya.

Nah, penting banget nih untuk kamu menyusun target. Target ini bisa berupa target belajar, target nilai yang ingin kamu dapat, dan target jurusan. Setelah tahu target, kamu jadi bisa menyusun strategi agar peluang kamu untuk masuk ke jurusan di PTN semakin besar.

Baca juga: 9 Jurusan dengan Lulusan Bergaji Tinggi

5. Buat jadwal belajar

Walaupun terasa lama dan punya banyak waktu luang, jeda satu tahun yang kamu ambil ini akan berlalu dengan cepat, lho. So, jangan buang-buang waktu kamu dan mulai buat jadwal belajar dari sekarang.

Buat jadwal belajar yang efektif dengan tetap memperhatikan banyaknya materi yang harus dipelajari. Jadwal yang terlalu padat juga akan membuat kamu cepat lelah. Pastikan tiap pelajaran yang dimasukan ke dalam jadwal belajar bisa dipelajari semaksimal mungkin. Jangan buru-buru pindah ke materi lain karena ingin cepat menyelesaikan waktu belajar ya.

Fitur Jadwal Belajar di aplikasi Ruangguru juga bisa membantu kamu lebih semangat dan disiplin belajar, lho. Kamu bisa menentukan sendiri mata pelajaran, durasi belajar, jam belajar, dan hari belajar sesuai keinginan.

cara belajar efektif untuk siswa gap yearBelajar secara mandiri (Sumber: hai.grid.id)

6. Ikut tryout

Persiapkan mental dan fisik kamu menghadapi tes UTBK dan tes masuk kampus lainnya dengan cara rajin mengikuti tryout. Ini berguna karena biasanya tryout yang diselenggarakan mirip dengan tes UTBK yang asli. Kamu bisa berlatih mengerjakan soal hasil serta belajar managemen waktu dalam mengerjakan soal-soal UTBK. Hasil dari tryout juga bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih jurusan. Jika kamu sudah berkali-kali mengikuti tryout dan hasilnya tidak meningkat, maka kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk memilih jurusan lain atau belajar lebih giat untuk bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

7. Jangan tunggu disuruh

Hal penting yang perlu kamu tanamkan selama gap year ini adalah jangan tunggu disuruh belajar. Orang yang sukses adalah orang yang memiliki keinginan besar dari diri sendiri. Inilah yang akan memacu diri kita untuk berusaha setiap harinya. Kuatkan tekadmu, kalau kali ini kamu pasti bisa lolos ke jurusan yang kamu inginkan. Untuk itu, kamu perlu disiplin dan terus bekerja keras. Ingat, usaha tidak akan mengkhianati hasilnya.

Baca juga: Mau Lintas Jurusan? Ini Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan

8. Kembangkan minat dan bakat

Tak hanya belajar materi UTBK, masa gap year ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan minat dan bakat yang kamu miliki. Nggak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk melakukan berbagai hobi yang tertunda selama ini. Semua itu akan jadi pengalaman berharga untuk kamu nantinya. Dengan mengeksplorasi minat dan bakat, kamu pun jadi semakin tahu harus memilih jurusan apa di kuliah nanti.

Kamu juga bisa lho mencoba hobi baru. Siapa tahu, kamu bisa menemukan kemampuan baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

cara belajar efektif untuk siswa gap yearEksplorasi minat dan bakat (Sumber: projects-abroad.co.uk)

9. Konsisten dan terus semangat

Sering tergoda untuk main game, nonton series, atau nongkrong sama teman? Tiap orang bisa tergoda untuk punya kebiasaan kecil yang menjauhkan diri dari mimpinya. Kamu sudah tahu bahwa dengan melakukan hal tersebut bisa menjauhkan diri dari target, tetapi tetap dilakukan juga. Refreshing memang nggak ada salahnya, namun jangan sampai terlalu sering ya.

Kesuksesan kamu di masa gap year ini tergantung pada konsistensi. Apalagi untuk bisa lolos UTBK, sangainmu nggak hanya siswa seangkatan kamu aja, ada juga adik-adik yang baru lulus kelas 12. So, jangan sampai kamu menyesal hanya karena godaan sesaat ya.

---

Oke, itulah tips belajar efektif bagi kamu yang sedang ambil gap year. Gimana, ada banyak hal kan yang bisa kamu lakukan selama gap year ini? Yuk, terus semangat mempersiapkan diri bersama video belajar animasi, ribuan latihan soal UTBK, tryout, dan fitur canggih lainnya di ruangbelajar!

New call-to-action

Sumber foto: 

Eksplorasi minat dan bakat [daring]. Tautan: https://www.projects-abroad.co.uk/gap-year-projects/ (Diakses: 6 Oktober 2021)

 

Artikel ini diperbarui pada 6 Oktober 2021.

Profile

Anggraeni Puspitasari