Ciri dan Struktur Kesimpulan Laporan Pengamatan | Bahasa Indonesia Kelas 6

ciri dan struktur laporan pengamatan

Petualangan Roro Guntur kali ini merupakan lanjutan dari cerita Pengertian Kesimpulan Laporan Pengamatan. Sebelumnya, diceritakan kalau Roro dan Guntur diminta oleh ibu gurunya untuk membuat kesimpulan laporan pengamatan saat berkunjung ke Pulau Sumatra dan Pulau Jawa. Bagaimana ya kisah petualangan mereka selanjutnya? Kita baca ceritanya, yuk!

--

Hujan sudah mulai mereda. Hampir satu jam lamanya, hujan turun cukup deras siang itu. Untung saja Guntur sudah sampai di rumah.

“Syukurlah hujan sudah mulai mereda,” ucap Guntur.

Ia bergegas mengambil handphone yang ia taruh di meja belajarnya. Ia mencari nomor handphone Roro dan meneleponnya.

“Halo. Roro, hari ini kita jadi belajar bareng kan di rumah kamu?” tanya Guntur.

“Halo Guntur. Iya, jadi ya. Hujan sudah mulai reda kan? Jangan lupa bawa buku catatan,” jawab Roro.

“Oke. Sampai jumpa nanti. Aku berangkat sekarang,” ucap Guntur sambil menutup percakapan di teleponnya.

Bahasa Indonesia Kelas 6 | Ciri dan Struktur Kesimpulan Laporan Pengamatan

 

Setelah berpamitan dengan ibunya, Guntur pergi ke rumah Roro menaiki sepedanya. Rumah mereka memang tidak terlalu jauh, jadi Guntur hanya perlu waktu kurang lebih lima menit mengayuh sepedanya untuk sampai ke rumah Roro.

Tok..tok...tok…

Guntur mengetuk pintu rumah Roro.

“Roro...Roro…,” panggil Guntur

Tidak lama kemudian ibunya Roro membukakan pintu.

“Eh, Guntur. Sudah ditunggu Roro tuh di ruang tengah,” ucap ibunya Roro sambil mempersilakan Guntur masuk.

“Oh iya terima kasih, tante. Guntur masuk ya,” balas Guntur sambil mencium tangan ibunya Roro.

Roro rupanya sudah menunggu Guntur dan terlihat sudah siap untuk belajar bersama.

Bahasa Indonesia Kelas 6 | Ciri dan Struktur Kesimpulan Laporan Pengamatan

 

“Roro, aku mau tanya deh. Sebenarnya, kesimpulan hasil laporan pengamatan itu punya ciri-ciri nggak, sih?” tanya Guntur.

“Pastinya punya dong. Seingat aku ada lima cirinya. Selain disampaikan secara menarik dan lengkap, ada tiga ciri lainnya, yakni bersifat khusus, berdasarkan fakta, daaannn…..” jawab Roro yang sepertinya agak lupa dengan ciri yang terakhir.

“Dan apa Roro?” tanya Guntur penasaran.

“Apa ya? Aku lupa…”

“Dan bersifat objektif,” muncul sebuah suara yang sepertinya tidak asing.

Bahasa Indonesia Kelas 6 | Ciri dan Struktur Kesimpulan Laporan Pengamatan

 

Kanguru muncul dari balik jendela ruang tengah dan masuk ke ruangan.

“Kok kamu bisa masuk?” tanya Roro heran

“Itu...lihat, jendelanya tidak tertutup,” Kanguru menunjuk ke arah jendela.

“Eh iya Kanguru, tadi kamu bilang ‘bersifat objektif’ kan ya? Itu maksudnya apa sih?” tanya Guntur.

“Iya. Tadi Roro kan sempat lupa ada lima ciri kesimpulan laporan pengamatan kan. Nah ciri yang kelima itu bersifat objektif,” ujar Kanguru.

“Bersifat objektif karena teks laporan bertujuan menyajikan informasi kepada para pembacanya. Sehingga hasil pengamatan harus disampaikan sebagaimana mestinya sesuai dengan pengamatan,“ kata Kanguru kembali menjelaskan.

“Oh iya benar. Terus aku juga baru ingat nih. Kalau kesimpulan laporan pengamatan itu juga punya struktur lho,” ucap Roro.

Bahasa Indonesia Kelas 6 | Ciri dan Struktur Kesimpulan Laporan Pengamatan

 

“Ah kalo itu aku juga udah tau, Ro. Ada pernyataan umum yang biasanya ada di awal paragraf dan beberapa paragraf yang berisi hal yang ingin disampaikan. Benar ngga?” tanya Guntur.

“Tepat sekali,” jawab Kanguru dengan semangat.

Roro dan Kanguru bertepuk tangan setelah mendengar jawaban Guntur. Tidak lama kemudian ibunya Roro menghampiri mereka.

“Guntur, tadi mama kamu telepon kalau kamu harus pulang sekarang. Mau diajak ke supermarket katanya,” ucap ibunya Roro.

“Oh...begitu. Baiklah tante. Teman-teman, aku belajar kelompoknya udahan dulu ya,” ucap Guntur sambil beranjak berdiri dari duduknya

“Iya Guntur. Terima kasih sudah mau belajar bersama, ya. Kamu hati-hati pergi ke supermarketnya,” Roro dan Kanguru juga beranjak dari duduknya.

Bahasa Indonesia Kelas 6 | Ciri dan Struktur Kesimpulan Laporan Pengamatan

 

Sore itu kegiatan belajar bersama Roro dan Guntur selesai. Dengan selesainya kegiatan belajar mereka tadi, berarti sudah selesai juga rangkaian cerita petualangan Roro Guntur di series perjalanan mereka kali ini. Nantikan ya petualangan mereka yang lain di artikel-artikel berikutnya.

Nah, buat teman-teman yang mau belajar tentang ciri dan struktur laporan pengamatan, bisa banget gabung di ruangbelajar. Di sana ada video animasi yang keren banget lho. Bakalan ngebantu kamu banget buat memahami materi pelajaran. Tunggu apa lagi, gabung sekarang juga, ya!

ruangbelajar

 

Artikel ini diperbarui pada 29 Juli 2021.

Profile

Tedy Rizkha Heryansyah

Beri Komentar