10 Contoh Surat Pribadi Singkat beserta Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 7

contoh surat pribadi

Ingin menulis surat pribadi, tapi bingung seperti apa contohnya? Yuk, perhatikan contoh surat pribadi beserta strukturnya di artikel Bahasa Indonesia kelas 7 ini, agar kamu bisa menulis surat dengan lebih mudah!

 

Pernahkah kamu menulis surat pribadi untuk teman, orang tua, atau keluarga terdekat? Salah satu metode komunikasi tertulis yang sudah ada sejak jaman dahulu adalah dengan menggunakan surat. Surat sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya surat pribadi, surat resmi, dan surat niaga.

Nah, pada artikel ini, kita akan fokus membahas contoh surat pribadi, beserta pengertian, fungsi, dan strukturnya yang dapat kamu jadikan acuan untuk menulis surat. Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang isinya menyangkut kepentingan pribadi dan digunakan dalam konteks nonformal. Biasanya, surat pribadi ditulis oleh seseorang untuk dikirimkan kepada orang lain yang ia kenal secara personal. Misalnya, surat pribadi untuk teman, orang tua, pasangan, sahabat pena, sepupu atau kerabat, guru, dan sebagainya.

 

Fungsi Surat Pribadi

Fungsi surat pribadi adalah sebagai alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan informasi, berita, atau cerita yang sifatnya pribadi dan personal.

Seiring kemajuan teknologi, surat pribadi perlahan mulai berubah bentuk, dari tradisional menjadi modern. Surat pribadi yang semula berbentuk tertulis di kertas atau di kartu, kini mulai bergeser menjadi surat elektronik yang dikirimkan secara digital melalui email atau media sosial. 

Meskipun saat ini surat pribadi tradisional sudah jarang digunakan karena kita bisa menggunakan media sosial untuk membuat surat pribadi digital, namun surat pribadi tradisional masih banyak digunakan saat ada event-event tertentu. Misalnya, saat hari Ibu, Ramadhan, Idul Fitri, Natal, tahun baru, ulang tahun, anniversary, dan sebagainya. 

Baca Juga: Perbedaan Surat Pribadi & Surat Dinas: Pengertian, Ciri, Contoh

Hal ini dikarenakan surat pribadi tradisional yang ditulis di kertas terasa lebih effort dan lebih istimewa dibandingkan surat pribadi digital. Oleh karena itu, surat pribadi tradisional saat ini lebih banyak digunakan untuk merayakan hari atau event tertentu.

contoh surat pribadi

Ilustrasi contoh surat pribadi (Sumber: freepik.com)

 

Struktur Surat Pribadi

Karena sifatnya nonformal, surat pribadi sebenarnya dapat ditulis dengan format yang bebas, sesuai keinginan penulis. Namun, terdapat struktur umum yang biasa digunakan untuk menulis surat pribadi agar penulis tidak kebingungan saat akan menulis surat. Berikut adalah struktur surat pribadi secara umum:

1. Nama dan Alamat Penerima Surat

Struktur pertama yang perlu dituliskan saat membuat surat pribadi adalah nama dan alamat penerima surat. Namun, struktur ini tidak dituliskan di dalam surat, melainkan di bagian depan amplop surat.

Nama dan alamat penerima surat berfungsi sebagai informasi kepada siapa surat tersebut ditujukan. Selain itu, hal ini juga bisa membantu kurir untuk mengirimkan surat tersebut sesuai alamat yang benar.

2. Tempat dan Tanggal Surat

Struktur berikutnya yang perlu dituliskan adalah tempat dan tanggal surat. Struktur ini berfungsi sebagai informasi mengenai kapan dan di mana surat tersebut dibuat oleh penulis surat. Biasanya, tempat dan tanggal surat terletak di bagian kiri atas surat.

3. Salam Pembuka

Salam pembuka merupakan kalimat yang dituliskan di awal surat untuk membuka surat tersebut. Salam pembuka pada surat pribadi umumnya menggunakan kalimat atau kata sapaan yang santai dan bersifat nonformal, seperti “Halo”, “Apa kabar?”, dan sebagainya.

4. Paragraf Pembuka

Setelah menuliskan salam pembuka, struktur surat selanjutnya yaitu paragraf pembuka. Paragraf ini berisi pengenalan topik di dalam surat sebelum membahas lebih jauh mengenai isi surat.

5. Isi Surat

Selanjutnya, struktur paling penting dalam surat, yaitu isi surat. Isi surat merupakan bagian dimana penulis surat menyampaikan pesan, informasi, cerita, berita, atau topik-topik tertentu kepada penerima surat. Isi surat menjadi struktur yang paling penting karena merupakan inti dari keseluruhan surat tersebut.

6. Penutup 

Setelah isi surat, struktur selanjutnya yaitu penutup yang dapat berupa kalimat penutup disertai salam penutup. Umumnya, bagian penutup akan berisi ucapan terima kasih serta harapan penulis kepada penerima surat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menulis Surat?

7. Nama Penulis Surat

Struktur surat yang terakhir yaitu nama penulis atau pengirim surat yang biasanya disertai dengan tanda tangan. Bagian ini sering diletakkan di bagian kanan bawah. Struktur ini berfungsi untuk menginfokan siapa yang menulis dan mengirimkan surat tersebut.

 

Contoh Surat Pribadi Singkat dengan Berbagai Tema

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman 1

Semarang, 8 Mei 2023

Ananda Putri

Jl. Soekarno Hatta No. 17, Yogyakarta

 

Hallo Putri,

Aku mau meminta maaf atas kesalahanku padamu kemarin. Aku tahu kesalahan ini sudah tidak bisa ditoleransi lagi. Tapi, aku tidak ingin persahabatan kita berakhir sampai sini.

Maaf, aku kemarin tidak nurut atas semua saran yang kamu berikan perihal masalahku dengan pacar. Aku menyadarinya jika aku keterlaluan padamu.

Aku tahu bagaimana perasaan kamu kepadaku kemarin hingga saat ini. Terima kasih sudah menjadi teman terbaik ku sedari dulu. Semoga kamu bisa memaafkanku dan menerimaku kembali.

 

Salam hangat, 

Rosyi

 

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman 2

Untuk sahabatku, Linda

di tempat

 

Halo!

Apa kabar Linda? Semoga kamu dan keluarga sehat wal afiat. Reza di sini juga sehat. Begitu juga dengan orang tua dan kakakku.

Bagaimana dengan sekolah barumu? Apakah kamu sudah punya teman baru? Rasanya ingin sekali Reza bertemu, tetapi jarak memisahkan kita sehingga kita tak bisa bertatap muka secara langsung. Biarlah surat ini yang mewakili perjumpaan kita. Aku merindukan canda dan tawamu.

Linda, apakah kamu masih rajin latihan bola voli? bagaimana jika suatu saat nanti kita adakan pertandingan persahabatan? Pasti seru. Tim bola voliku jago-jago lho! Bahkan tim kami pernah juara favorit antarpelajar se-Cirebon. Hebat, bukan?

Linda, sebenarnya masih banyak yang ingin kuceritakan padamu, tetapi hari sudah malam dan aku harus istirahat. Lain kali disambung lagi, ya. Salam buat keluargamu. Jangan lupa balas suratku, ya!

 

Salam manis

Reza

 

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman 3

contoh surat pribadi untuk teman

 

Karanggeneng, 11 Januari 2024

 

Assalamualaikum, wr. wb.,

Hai, Afifah, terima kasih ya atas undangan ulang tahunnya. Aku turut bahagia untukmu. Semoga kesejahteraan, keselamatan, dan kesuksesan selalu menyertaimu di tahun-tahun yang akan datang.

Pestamu pasti meriah. Aku sudah bisa membayangkannya. Rugi rasanya jika aku tidak datang.Tapi apa mau dikata, tanggal 19 Januari itu, aku harus berangkat ke Surabaya. Ada tes untuk beasiswa belajar di Unair. Maaf, ya. Tapi, aku pasti datang setelah pulang dari Surabaya. Mau oleh-oleh apa?

Selamat ulang tahun ya, Fah. Semoga panjang umur. Sekali lagi, maaf, ya.

 

Sahabatmu,

Zahrina

 

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman 4

Yogyakarta, 13 Agustus 2023

 

Halo, Shania

Aku dengar dari Nabilah, kamu akan sekolah di Jogja dan sedang sibuk mencari tempat kos? Jika sempat, datanglah ke rumah. Sebelum kamu mendapatkan tempat yang cocok, kamu juga bisa tinggal di rumahku. Aku sudah bicara dengan Bapak dan Ibu di rumah. Mereka oke-oke saja. Bagaimana? Kita bisa main ke Malioboro lagi bersama-sama.

Sekian dulu, pikirkan ya tawaran saya ini. Saya tunggu jawabanmu secepatnya.

 

Sahabatmu,

Ayana

 

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman 5

Surabaya, 20 Februari 2024

Untuk temanku, Cindy

Jalan Melati 16, Jakarta

 

Assalamualaikum,

Ketika surat ini aku tulis, hujan turun cukup deras. Udara sangat dingin dan suasana sepi. Namun, aku belum dapat tidur. Maklum, masih pukul delapan malam. Tiba-tiba, aku ingat kamu, teman sepermainanku pada waktu SD dulu. Bagaimana keadaanmu di Banten? Semoga sehat-sehat saja seperti aku sekarang.

Hari Minggu yang lalu, aku pergi ke Taman Bungkul. Ya, tempat wisata di Kota Surabaya yang pernah kita datangi bersama dengan teman-teman satu kelas dulu. Wah, ramai sekali. Pengunjung berkerumun di depan taman. Akan tetapi, keadaan di dalam masih cukup longgar. Aku bisa bersantai bersama dengan beberapa teman.

Lumayan, cari hiburan. Aku lumayan merasa senang. Lebih senang lagi karena bertemu dengan teman-teman lama yang sekarang bersekolah di luar kota. Melody Nurramdhani, Rica Leyona, dan Sendy Ariani kebetulan juga ada di sana. Ya, mereka tetap lucu, senang bergurau seperti dulu. Mereka juga membicarakan kamu. Kata mereka, kamu juga sering bercanda.

Taman Bungkul sekarang lebih bagus, lho. Kapan kamu pergi ke Surabaya? Aku tahu, kamu hobinya main ke taman sambil membeli siomay. Kapan-kapan saya antar ke Taman Bungkul. Pasti asyik.

Sekian, semoga temanmu di Banten juga banyak seperti di Surabaya.

 

Wasssalamualaikum,

Ochi

Baca Juga: Pengertian Surat, Jenis, Ciri, & Contohnya

 

6. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Malang, 10 Januari 2024

 

Kepada,

Ibu dan Bapak

di Jambi

 

Assalamu’alaikum. wr. wb.

Ibu Bapak ada kabarnya? Semoga Ibu, Bapak, dan Keluarga sehat selalu di sana, ya. Alhamdulillah, Rani di sini baik-baik saja.

Bu, Pak, liburan semester kali ini Rani belum bisa pulang ke Jambi. Rani sedang ada Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 5 bulan atau satu semester ke depan. Rani ditempatkan di salah satu sekolah di Kabupaten Malang. 

Rani juga mohon sama Ibu dan Bapak kalau ada uang untuk ditransfer karena keperluan semester cukup banyak. Semoga Ibu dan Bapak bisa mengerti dan memahami terkait keperluan Rani semester ini, ya.

Rani berjanji kepada Ibu dan Bapak untuk terus belajar agar lulus tepat waktu dengan nilai yang bagus. Rani rindu keluarga di Jambi, tapi mohon maaf belum bisa pulang kampung.

Mohon doa restu dari Ibu, Bapak, dan keluarga semoga Rani diberikan kemudahan dan kelancaran untuk melaksanakan tugas di sini.

Wassalamu’alaikum. wr. wb.

 

Salam rindu dari ananda,

Rani Novita

 

7. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Jakarta, 17 Desember 2023

Teruntuk Ibu Guruku Tercinta,

 

Assalamu’alaikum wr, wb.

Apa kabar Ibu? Saya berharap Ibu saat ini dalam keadaan sehat wal’afiat serta selalu dalam lindungan Allah SWT.

Ibu, saya ingin menyampaikan kabar gembira. Harapan Ibu waktu SMA pada Agnes, kini Alhamdulillah sudah terwujud. Agnes berhasil masuk ke Universitas Indonesia, sesuai harapan dan impian.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu atas bimbingannya selama ini, selalu memberikan arahan terbaik buat masa depan Agnes.

Agnes tidak akan pernah melupakan jasa-jasa Ibu karena sudah membantu untuk mewujudkan impian ini. Terima kasih Ibu, semoga sehat selalu.

Sekian surat ini saya buat, sampai ketemu di lain hari untuk obrolan lebih panjang, bu. Terima kasih saya haturkan kepada Ibu.

 

Salam Hormat,

Agnes Rizki

 

8. Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Bangkok, 25th, July 2022

For my best friend, Yukiko

At Tokyo, Japan

 

Hi Yukiko! How are you? I hope you are okay right now and always as happy as when we last met. Thank you for your last letter, which I received a week ago. You must know that I’m so glad to know that you still remember me after months ago. Yep, you were here to have some holiday in Malaysia. Thank you so much for your pictures that you sent to me! It was amazing!

I think I miss how we go on vacation together and do a lot of things! But you have to go home… Do you intend to vacation in Malaysia again? If you do, please reply to this letter as long as possible. Oh, if you have some vacation plans in Bangkok, I’m sure that my family will feel so glad to see you here! Staying at home is a brilliant idea, isn’t it?

Hope we can meet again, soon! 

 

Your friend

Fay

 

9. Contoh Surat Pribadi Untuk Nenek

Untuk Nenekku Tersayang,

 

Assalamualaikum Mbah Putri,

Halo mbah putri, ini Sabda cucu kedua Mbah Putri. Bagaimana kabar Mbah Putri dan Mbah Kakung? Semoga selalu sehat, nggih…

Sabda kangen sekali dengan Mbah Putri dan Mbah Kakung yang sudah membesarkan Ayah. Maaf ya, Mbah jika Sabda baru sempat menulis surat ini karena kemarin baru saja mengurus surat kepindahan rumah. Iya Mbah, Sabda dan Bunda jadi pindah rumah ikut Ayah selama dinas ini. Soal sekolah, Alhamdulillah Sabda keterima di sekolah favorit yang dekat dari rumah. Bunda juga sedang menata kembali usaha roti keringnya. Kemarin Sabda membantu Bunda membuat roti nastar lho!

Sebenarnya, Sabda merasa kesepian karena belum ada teman dekat. Eh, kemarin Sabda berkenalan dengan teman yang kebetulan rumahnya hanya beda RT saja, namanya Kirino. Ayah juga sudah mulai sibuk mengurus dinasnya di kantor, tetapi meskipun begitu jam pulang Ayah malah lebih cepat. Biasanya ‘kan Ayah pulang jam 7 malam ya, sekarang Ayah sudah bisa pulang jam 5! Seru sekali!

Besok kalau Ayah dapat cuti, Sabda sudah tidak sabar bertemu dengan Mbah Putri dan Mbah Kakung. Sampai waktunya tiba, tolong Mbah Putri dan Mbah Kakung jaga kesehatan ya. Sabda bersama Ayah dan Bunda juga akan sehat terus kok di sini. Oh iya, bersamaan dengan surat ini, Sabda juga mengirimkan obat-obatan herbal untuk Mbah Putri dan Mbah Kakung. Tolong diminum sesuai resep ya…

Sabda akan lebih sering menulis surat lagi kepada Mbah Putri dan Mbah Kakung. Besok jika sempat, Sabda juga akan telefon juga! 

 

Cucu kesayangan dan terganteng,

Sabda

 

10. Contoh Surat Pribadi untuk Sepupu

Jakarta, 21 Mei 2023

Untuk sepupuku, Amanda Utami

Di Bandung

 

Halo Amanda,

Apa kabar? Fia harap Amanda sekeluarga sehat-sehat di Bandung seperti halnya keadaan keluarga kami di Jakarta.

Mungkin Amanda terkejut akan kedatangan surat ini, karena kita sudah lama sekali tidak berkirim kabar. Fia ingin memberitahukan rencana liburan ke Bandung saat liburan sekolah mendatang di awal Juni 2023.

Fia berencana menginap di rumah Amanda jika diijinkan. Fia sudah lama tidak ke Bandung, rasanya kangen sekali dengan Amanda dan adik-adik. Nanti kita bisa jalan-jalan lagi seperti dahulu.

Amanda, sekian dulu surat dari Fia. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, Fia minta maaf.

 

Terima kasih,

Alifia

Baca Juga: Kumpulan Contoh Surat Dinas & Cara Penulisannya yang Benar

Demikian artikel mengenai contoh surat pribadi, beserta pengertian, fungsi, dan struktur surat yang dapat dijadikan acuan saat penulisan. Semoga bermanfaat, ya!

Meskipun surat pribadi tradisional sudah jarang digunakan karena sudah banyak tergantikan dengan surat pribadi digital, namun tidak ada salahnya, lho, menulis surat pribadi tradisional! Kamu bisa menggunakan kertas dan amplop yang cantik, kemudian mengirimkan surat tersebut melalui layanan pos.

Selain itu, kamu juga bisa menulis surat pribadi tradisional kepada orang tua kamu di hari-hari spesial, misalnya hari ulang tahun mereka, hari Ibu, hari Ayah, atau hari anniversary pernikahan mereka.

Kamu bisa menjadikan surat pribadi tersebut sebagai sarana untuk menyampaikan hal-hal yang yang belum pernah kamu sampaikan kepada mereka. Oh iya, kalau kamu ingin belajar materi-materi lainnya yuk gabung di ruangbelajar sekarang juga.

cta ruangbelajar

Referensi:

https://www.gramedia.com/best-seller/contoh-surat-pribadi/ (Diakses pada 22 Maret 2024)
https://www.gramedia.com/best-seller/contoh-surat-pribadi-untuk-sahabat/ (Diakses pada 22 Maret 2024)
https://www.sipas.id/blog/contoh-surat-pribadi/ (Diakses pada 22 Maret 2024)

Sumber Gambar:

https://www.freepik.com/free-vector/romantic-letters-post-flat-composition-with-scissors-sealing-wax-seal-flowers-envelops-set-vector-illustration_39221970.htm#fromView=search&page=1&position=16&uuid=1a286da6-0236-4e8c-b2b5-371ffc9d4d9c (Diakses pada 6 Mei 2024)
https://www.freepik.com/free-vector/person-writing-love-letter-flat-vector-illustration-pen-human-hand-person-sending-receiving-letter-correspondence-communication-relationship-friendship-concept_27573163.htm#fromView=search&page=3&position=48&uuid=1a286da6-0236-4e8c-b2b5-371ffc9d4d9c (Diakses pada 6 Mei 2024)

Kenya Swawikanti