Jenis-Jenis Sumber Sejarah Berdasarkan Sifat & Bentuknya | Sejarah Kelas 10

Jenis-Jenis Sumber Sejarah

Yuk, cari tahu jenis-jenis sumber sejarah berdasarkan sifat dan bentuknya, yang bisa menjadi acuan kita dalam mengetahui peristiwa yang terjadi di masa lalu.

--

Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah! Kata-kata itu pastinya nggak asing bagi kamu, yap! bener banget, itu adalah kalimat yang diucapkan oleh bapak proklamator kita, Ir. Soekarno. Ia dengan tegas mengucapkan kalimat itu agar kamu dan generasi-generasi berikutnya tidak lupa dan tidak meninggalkan sejarah. Baik itu sejarah pendahulu bangsa kita, keadaan negara kita dahulu, ataupun tentang kehidupannya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan tentang jenis-jenis sumber sejarah. Yuk simak penjelasannya!

Berikut ini adalah beberapa contoh sumber sejarah yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana kehidupan dan keadaan pada zaman dahulu.

 

Pengertian Sumber Sejarah

Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang mengandung informasi tentang peristiwa sejarah. Nah, informasi yang dijadikan sumber sejarah harus berasal dari aktivitas manusia di masa lalu. Jadi, kalau nggak ada kaitannya dengan manusia, itu bukan sumber sejarah ya.

Terus fungsi sumber sejarah itu apa? Fungsi sumber sejarah pastinya sebagai sarana penyampaian informasi tentang suatu peristiwa sejarah di masa lalu. Kalau nggak ada sumber sejarah, kita nggak akan tahu kehidupan di zaman penjajahan, kerajaan Hindu Buddha, hingga masa kemerdekaan.

 

Manfaat Sumber Sejarah

Manfaat sumber sejarah itu ada dua ya, guys. Apa saja tuh?

1. Menjaga tradisi dan pelestarian informasi sejarah

Kamu tahu nggak, bangsa Tiongkok itu sangat suka menulis, lho. Bahkan, tradisi ini sudah dilakukan dari tahun 1600 SM. Jadi, semua aktivitas yang mereka lakukan di masa lalu itu direkam melalui tulisan. Nah, tradisi yang dilakukan dari masa lalu itu masih terus dilakukan oleh orang Tiongkok hingga saat ini. Maka dari itu, sumber sejarah sangat penting untuk menjaga tradisi dari masa lampau.

2. Sumber informasi dalam penelitian sejarah

Saat kita ingin melakukan suatu penelitian sejarah, pastinya kita butuh sumber sejarah. Nah, sumber sejarah ini bermanfaat supaya kita bisa mengungkapkan kisah-kisah di masa lalu.

Baca Juga: Yuk, Mengenal 4 Jenis Historiografi dalam Sejarah 

Setelah kamu mengetahui pengertian dan manfaat sumber sejarah, sekarang kita bahas yuk jenis-jenis sumber sejarah berdasarkan sifat dan bentuknya.

 

Jenis Sumber Sejarah Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, sumber sejarah dibedakan menjadi dua yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Bedanya apa?

 

1. Sumber Primer

Sumber sejarah primer berasal dari kesaksian orang yang mengalami, menyaksikan, atau mendengar langsung suatu peristiwa sejarah. Jadi, sumbernya asli dan dapat menjadi bukti langsung dari pelaku dan saksi sejarah. Maka dari itu, sumber primer berfungsi sebagai rujukan utama dalam penelitian sejarah.

Kelebihan sumber primer:

  • Bersifat asli karena berasal dari pelaku dan saksi sejarah di zaman tersebut.

Kekurangan sumber primer:

  • Ketersedaan sumber relatif terbatas
  • Akses sumber sulit
  • Ingatan pelaku dan saksi sejarah mulai berkurang

2. Sumber Sekunder

Sementara itu, sumber sekunder dihasilkan dari penafsiran dan pemahaman orang lain yang bukan pelaku atau saksi sejarah. Orang tersebut tidak mengalami secara langsung peristiwa sejarah tersebut. Untuk itu, sumber sekunder fungsinya adalah sebagai pelengkap informasi dari sumber primer dan menjadi rujukan awal untuk penelitian sejarah.

Kelebihan sumber sekunder:

  • Relatif mudah untuk didapatkan

Kekurangan sumber sekunder:

  • Perlu seleksi ketat apabila dijadikan rujukan utama dalam penelitian sejarah

 

Sumber sejarah berdasarkan sifatnya

 

Jenis Sumber Sejarah Berdasarkan Bentuknya

Bentuk sumber sejarah ada banyak banget, guys. Ada sumber tulisan, sumber lisan, sumber benda, sumber audio, visual, dan audiovisual. Kita bahas satu per satu ya.

 

1. Sumber Tulisan

Sumber sejarah tulisan adalah sumber yang memberikan informasi sejarah melalui tulisan. Tulisan ini bisa ada di berbagai tempat ya, seperti prasasti, arsip, naskah kuno, surat kabar, dan buku.

a. Prasasti

Umumnya prasasti terbuat dari batu, tapi bukan sembarang batu ya. Prasasti adalah batu yang memiliki tulisan dan menjelaskan tentang suatu peristiwa sejarah. Biasanya, prasasti dibuat pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan Islam.

b. Arsip

Arsip adalah catatan atau dokumen yang dikeluarkan secara resmi oleh suatu instansi. Nah, di Indonesia arsip sudah ada sejak masa pemerintahan kolonial. Arsip berfungsi untuk mencari tahu informasi tentang kebijakan atau peraturan yang dilakukan oleh instansi tertentu.

c. Naskah Kuno

Naskah kuno adalah sebuah dokumen dalam bentuk tulisan, ketikan, atau cetakan yang berumur lebih dari 50 tahun. Naskah kuno ini berfungsi sebagai sumber langsung yang memuat informasi sejarah.

d. Surat Kabar

Surat kabar adalah media informasi yang berbentuk koran dan majalah. Fungsinya adalah untuk mengetahui gambaran umum tentang suatu peristiwa di masa lalu.

e. Buku

Buku adalah kumpulan tulisan yang dicetak dan berisi satu tema pembahasan. Buku yang bisa dijadikan sumber sejarah adalah buku yang membahas tentang suatu peristiwa sejarah atau biografi tokoh.

Sumber Sejarah Tulisan

 

2. Sumber Lisan

Sumber lisan adalah sumber yang disampaikan secara lisan oleh orang yang menyaksikan, mendengar, atau mengalami langsung suatu peristiwa sejarah. Kalau dalam bahasa Inggris, sumber lisan disebut juga dengan oral history. Terus apa aja sih contoh sumber lisan?

a. Keterangan dari pelaku atau saksi sejarah

Sumber yang satu ini adalah informasi yang disampaikan secara lisan berdasarkan dari ingatan pelaku atau saksi sejarah. Tapi, ada bedanya lho antara pelaku dan saksi sejarah. Pelaku sejarah adalah orang yang terlibat dalam suatu peristiwa di masa lalu. Sedangkan, saksi sejarah adalah orang yang memperhatikan jalannya suatu peristiwa di masa lalu.

b. Toponimi

Toponimi adalah bidang keilmuan linguistik yang membahas tentang asal-usul penamaan suatu tempat atau wilayah dan dapat diperoleh dengan mewawancarai penduduk di wilayah tersebut.

c. Tradisi lisan

Tradisi lisan diperoleh melalui cerita masa lalu yang disampaikan secara turun-temurun. Fungsi tradisi lisan adalah sebagai rujuan awal untuk mengetahui asal-usul suatu wilayah dan masyarakat.

Sumber Sejarah Lisan

 

3. Sumber Benda

Sumber benda adalah sumber yang diperoleh dari benda-benda peninggalan sejarah. Namun, untuk mendapatkan fakta sejarah dari sumber benda kita harus melalui tahap penelitian dan analisa yang cermat oleh sejarawan. Berikut adalah contoh-contoh dari sumber benda.

a. Artefak

Artefak adalah hasil karya manusia atau benda buatan tangan manusia yang diciptakan di masa lalu. Artefak berfungsi sebagai bukti kegiatan manusia pada masa tersebut. Contoh dari artefak antara lain adalah alat-alat berburu seperti kapak genggam dan sarkofagus. Artefak yang telah ditemukan, biasanya disimpan di museum untuk mencegahnya dari kerusakan dan ulah jahil manusia.

b. Fosil

Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang ditemukan dalam penggalian arkeologi. Fungsi fosil adalah untuk mengetahui keberadaan dan masa hidup dari manusia purba. Fosil dapat terjadi karena beberapa hal, ada yang terjadi karena sisa makhluk tersebut tertimbun, terjebak di dalam getah (amber), atau terperosok ke sumur ter (aspal). Biasanya sisa makhluk hidup yang disebut fosil berumur lebih dari 10.000 tahun.

Oh iya, terkadang ada juga hewan dari zaman dahulu yang masih bertahan hidup sampai sekarang, hewan itu disebut dengan fosil hidup. Contohnya adalah komodo, salah satu reptil tertua dan kadal terbesar di dunia yang berada di Indonesia.

c. Bangunan

Bangunan yang dimaksud sebagai sumber sejarah adalah bangunan yang didirikan oleh manusia di masa lalu. Bangunan berfungsi untuk menunjukkan perkembangan zaman dan budaya dari suatu bangsa.

Salah satu peninggalan kebendaan yang terkenal dan diketahui banyak orang di Indonesia adalah candi. Dua candi yang paling terkenal dan berlatar belakang berbeda, yaitu candi Borobudur yang bercorak Buddha dan candi Prambanan yang bercorak Hindu. Atau yang lebih mendunia lagi adalah Piramida di Mesir, sumber sejarah kebendaan berbentuk makam yang sangat besar.

Sumber Sejarah Benda

 

4. Sumber Visual, Audio, dan Audiovisual

Sumber visual, audio, dan audiovisual itu berbeda-beda ya, guys. Apa tuh bedanya?

a. Sumber Visual

Sumber visual adalah sesuatu yang bisa dilihat. Contohnya seperti foto, lukisan dan peta.

b. Sumber Audio

Sementara itu, sumber audio adalah rekaman suara yang dapat didengar dan berasal dari peristiwa di masa lalu. Contohnya seperti rekaman suara.

c. Sumber Audiovisual

Sedangkan, sumber audiovisual adalah gabungan antara audio dan visual yang berbentuk video dan menampilkan gambar serta suara. Contohnya adalah video dan film dokumenter.

Sumber Sejarah Visual, Audio, Audiovisual

 --

Sumber-sumber sejarah seperti disebutkan di atas, biasanya bisa kamu temui di museum guys, seperti Museum Nasional yang menyimpan berbagai sumber sejarah Indonesia dari zaman prasejarah hingga zaman kemerdekaan. Nah agar kalian lebih mengerti tentang sejarah, coba deh buka ruangbelajar. Di sana kamu bisa melihat penjelasan sumber sejarah beserta contohnya dengan visual animasi yang super menarik!

New call-to-action

Referensi:

Supriyadi, Marwan. (2009) Sejarah Indonesia Kelas X Untuk SMA/MA. KTSP. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber Foto:

Foto Proklamasi Kemerdekaan [daring]. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Proklamasi_Kemerdekaan_Indonesia#/media/Berkas:Indonesia_declaration_of_independence_17_August_1945.jpg (Diakses: 20 September 2022)

Foto Prasasti [daring]. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Prasasti_Singhasari_1351 (Diakses: 20 September 2022)

Foto Arsip [daring]. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Yap_Affair_01.pdf (Diakses: 20 September 2022)

Foto Naskah Kuno [daring]. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Naskah_beriluminasi (Diakses: 20 September 2022)

Artefak [daring]. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Kapak_genggam (Diakses: 20 September 2022)

Fosil [daring]. Tautan: https://en.wikipedia.org/wiki/Miguel%C3%B3n (Diakses: 20 September 2022)

Bangunan [daring]. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur (Diakses: 20 September 2022)

 

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)