Jurusan Farmasi: Nggak Hanya Belajar Meracik Obat, Lho!

Jurusan Farmasi

Artikel ini memberikan informasi lengkap terkait jurusan Farmasi, mulai dari mata kuliah hingga prospek kerja

--

“Duh, aku nggak enak badan nih, harus minum obat apa ya?”

Apa sih yang paling penting dilakukan untuk menyembuhkan orang yang sakit? Yap, pastinya dengan memberi obat yang tepat. Nah, salah satu cabang ilmu kesehatan yang memiliki fokus utama mempelajari seluk-beluk tentang obat-obatan adalah farmasi. 

Tak hanya penting bagi dunia kesehatan, lulusan dari jurusan Farmasi juga sangat dibutuhkan di dunia kerja, lho. Dilansir dari glints.com, skill yang dimiliki oleh lulusan Farmasi ini dinilai cocok dengan beragam kebutuhan institusi di era modern. So, bagi kamu yang tertarik masuk ke jurusan ini, simak info lengkapnya berikut ini ya.

 

jurusan farmasiFarmasis (Sumber: pharmacyforme.org)

 

Mengenal Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi adalah program studi yang berada di bawah payung ilmu medis. Pada dasarnya, farmasi merupakan gabungan antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia. Selain ilmu mengenai kesehatan dan obat-obatan, kamu juga akan belajar tentang manajemen dan juga pemasaran untuk obat.

Di jurusan ini kamu akan belajar mencampur, meracik, mengombinasi, menganalisis, atau menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman. Selain itu, dibutuhkan skill analisis yang baik agar kamu dapat mendeteksi bahan-bahan yang kira-kira dapat menjadi obat manusia dengan efek samping seminimal mungkin.

Baca juga: Serunya Belajar di Jurusan Kedokteran Hewan untuk Kamu Pencinta Hewan

 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Farmasi

“Pasti bakal belajar tentang obat-obatan ‘kan?”

Kebanyakan orang berpikir bahwa jurusan Farmasi hanya akan belajar tentang ilmu mengenai obat-obat. Eits, jangan salah. Masih banyak produk di pasaran yang membutuhkan keahlian farmasi, lho, seperti kosmetik, makanan, minuman, hingga suplemen.

Maka dari itu, ilmu yang akan kamu pelajari pun sangat luas. Kamu nggak hanya akan belajar tentang obat-obatan, tetapi juga ilmu yang dibutuhkan untuk membuat produk farmasi lain di era modern.

Di jurusan Farmasi kamu akan mempelajari banyak materi lintas ilmu seperti ilmu kedokteran, anatomi-histologi dan faal. Kamu juga akan mempelajari beberapa ilmu psikologi, atau bahkan menyinggung agrikultur jika kamu tertarik mempelajari tanaman obat. Selain mempelajari ilmu mengenai obat-obatan, kamu juga akan mempelajari berbagai ilmu yang berhubungan dengan hitung-menghitung hingga ilmu yang membutuhkan nalar yang baik.

Berhubung jurusan Farmasi memiliki ilmu pengetahuan yang sangat luas, maka ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu mata kuliah apa yang akan dihadapi.

mata kuliah Jurusan Farmasi

 

Metode Pembelajarannya

Mahasiswa dari jurusan ini diharapkan tidak hanya menguasai sebatas teorinya saja, namun juga harus memiliki keterampilan khusus. Tak heran, kamu juga akan dilibatkan dalam berbagai praktikum. Sebagian waktumu akan dihabiskan dengan bereksperimen di laboratorium.

praktikum jurusan farmasiPraktikum mahasiswa Farmasi (Sumber: kantipurdental.edu.np)

Kamu nggak hanya melakukan praktikum biasa, melainkan berusaha menghasilkan formula obat yang akan bermanfaat untuk kehidupan manusia.

 

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

“Aku mau jadi apoteker!”

Nah, masih banyak yang belum tahu nih, kalau lulusan S1 Farmasi nggak bisa langsung menjadi apoteker, lho. Untuk menjadi apoteker, kamu harus mengambil program profesi apoteker selama satu tahun (dua semester) dan mengucap sumpah apoteker.

Selain apoteker, peluang karier dari lulusan Farmasi juga luas banget. Pekerjaan di bidang Farmasi pun akan terus berkembang karena penyakit ikut berkembang dan membutuhkan penanganan yang tepat. Kamu bisa bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Departemen Kesehatan, apotek, perusahaan farmasi, rumah sakit, hingga industri obat-obatan.

Tak hanya itu, banyak juga produk yang tergolong sebagai produk farmasi, yaitu suplemen makanan dan kosmetik. Kamu juga bisa bekerja sebagai konsultan kecantikan yang terkait dengan produk kecantikan atau terapis kecantikan. Kamu bisa berkarier sebagai peracik dan pengembang obat-obatan, konsultan, dan manajemen mutu. Banyak banget ‘kan peluang kerjanya?

 

Kampus dengan Jurusan Farmasi

Kira-kira, di mana aja sih kampus Indonesia yang menyediakan jurusan Farmasi? Nah, berikut adalah beberapa kampus dengan jurusan Farmasi terakreditasi A.

kampus dengan Jurusan Farmasi

Semakin tertarik untuk masuk ke jurusan Farmasi? Jurusan yang termasuk ke dalam rumpun ilmu kesehatan ini juga mengharuskan kamu untuk banyak menghafal lho. So, sebelum ikut beragam ujian seleksi masuk universitas, persiapkan diri kamu agar bisa diterima di jurusan Farmasi dengan video beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar

ruangbelajar

Referensi:

Kurikulum Program Studi Sarjana Farmasi [daring]. Tautan: https://farmasi.ui.ac.id/program-studi/sarjana-s1/kurikulum/ (Diakses: 27 Desember 2021)

Tak Sekadar Belajar Pengobatan, Ketahui Jurusan Farmasi serta Prospek Kerjanya [daring]. Tautan: https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-jurusan-farmasi/#.Yck0CWhBzIU (Diakses: 27 Desember 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)