Jurusan Film dan Televisi: Keahlian, Mata Kuliah & Prospek Kerja

header-Mar-30-2023-06-14-55-2081-AM

Mau masuk jurusan Film dan Televisi? Yuk, simak seluk-beluknya mulai dari pengertian, mata kuliah, keahlian yang harus dimiliki, prospek kerja, dan pilihan kampusnya.

— 

Jurusan Film dan Televisi cocok banget untuk kamu tertarik dengan dunia produksi media serta seluruh elemen yang terkait di dalamnya. Hingga saat ini, prospek kerja di bidang film dan televisi juga masih banyak dicari, lho. Nggak heran, sebab film dan acara TV sangat melekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bosen dikit pasti kamu nyalain TV atau nonton film kan?

Di masa sekarang ini, sarana untuk kita menikmati acara TV dan film juga semakin beragam. Nggak hanya lewat TV di rumah aja, kamu juga bisa menikmati berbagai pilih tontonan lewat platform digital seperti Netflix, HBO GO, Disney+, Vidio, dan masih banyak lagi.

“Wah, aku juga langganan tuh!”

Nah, hal ini menunjukkan bahwa industri film dan televisi masih terus berkembang pesat. Untuk kamu yang mau terjun ke industri ini dan belajar proses di balik layar dari produksi media, yuk kita bahas seluk beluk jurusan Film dan Televisi berikut ini.

 

Apa Itu Jurusan Film dan Televisi?

Film dan Televisi adalah jurusan yang mempelajari tentang cara menciptakan bentuk-bentuk audiovisual dalam bidang produksi film, televisi, dan media lainnya. Program studi ini umumnya memiliki kurikulum yang mencakup teori dan praktik dalam produksi film dan televisi, termasuk penulisan skenario, pengambilan gambar, penyuntingan, desain suara, efek khusus, dan produksi secara keseluruhan.

Nggak cuman itu, jurusan Film dan Televisi juga akan memberikan kamu pelatihan dalam aspek-aspek teknis produksi seperti pengoperasian kamera, pencahayaan, dan penggunaan perangkat lunak serta peralatan produksi. Kamu juga akan belajar tentang sejarah perfilman, teori film, dan etika dalam produksi media. Seru banget kan kelihatannya?

Baca Juga: Rekomendasi Film Pendidikan Ini Wajib Ditonton

 

Mata Kuliah Jurusan Film dan Televisi

Mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan Film dan Televisi cukup bervariasi, guys, tergantung pada spesialisasi yang kamu pilih. Beberapa contoh mata kuliah yang akan kamu pelajari di berbagai universitas adalah sebagai berikut.

  • Audio Visual
  • Fotografi
  • Dasar-Dasar Penulisan Naskah
  • Komunikasi Visual
  • Komunikasi Massa
  • Public Speaking
  • Penulisan Naskah Acara TV (non-drama)
  • Literasi Media
  • Penulisan Skenario
  • Produksi Program TV
  • Tata Artistik dan Estetika
  • Kajian Film
  • Produksi Film
  • Jurnalisme TV
  • Bisnis dan Industri Film
  • Videografi
  • TV Presenting
  • Sejarah Film dan Pertelevisian
  • Genre Film
  • Editing Video and Sound
  • Penyutradaraan

 

Gelar Lulusan Film dan Televisi

Sama seperti jurusan lainnya, kamu akan menempuh masa studi selama 4 tahun atau 8 semester di jurusan Film dan Televisi. Secara umum, ada dua jenis gelar sarjana berbeda yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari jurusan ini.

Apabila jurusan tersebut masuk ke dalam Fakultas Seni, kamu akan mendapatkan gelar S.T.Sn (Sarjana Terapan Seni). Sementara itu, jika jurusan ini masuk ke Fakultas Komunikasi kamu akan mendapatkan gelar S.I.Kom (Sarjana Ilmu Komunikasi).

 

rendy-novantino-F-CLGmTTdXg-unsplashProses syuting (Sumber: unsplash.com)

 

Kenapa Harus Pilih Jurusan Film dan Televisi?

Kira-kira, apa alasan kamu ingin memilih jurusan ini, guys? Banyak mahasiswa yang memilih jurusan film dan televisi karena berawal dari hobi. Hmm, selain hobi, kira-kira alasan apa lagi ya yang bisa jadi dasar kamu memilih jurusan ini?

1. Kesuksesan Industri Film dan Televisi

FYI, industri film dan televisi termasuk salah satu industri yang paling menjanjikan di dunia, lho. Apalagi dengan perkembangan platform streaming yang makin banyak digemari. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu bisa turut serta menjadi bagian dari dunia bisnis perfilman dan televisi yang menguntungkan.

2. Prospek Kerja yang Menjanjikan

Kata siapa kerja di balik layar itu nggak menjanjikan. Ada banyak banget peluang kerja yang sudah menunggu kamu setelah lulus dari jurusan ini, mulai dari editor film atau acara TV, sutradara, penulis skenario, dan sebagainya.

3. Mengasah Imajinasi

Pernah nggak sih kamu membayangkan suatu jalan cerita untuk film atau serial TV favorit? Atau kamu bisa menebak jalan ceritanya? Nah, dengan masuk ke jurusan ini kamu bisa mengasah imajinasi dan ide-ide di kepala kamu dengan lebih terarah.

4. Menapaki Karier International

Saat suatu karyamu diakui, maka bukan hal yang mustahil untuk kamu juga bisa menapaki karier di dunia internasional, lho.

5. Dunia Selalu Butuh Hiburan

Dari zaman dahulu hingga saat ini, manusia selalu menyukai seni pertunjukan dan hiburan. Gelar di bidang ini akan mempersiapkan kamu untuk memiliki karier yang tidak akan pernah ketinggalan zaman dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Nggak ada salahnya juga kamu membuat video sendiri di platform online seperti Youtube.

Baca Juga: Tertarik Bekerja di Industri Kreatif? Pilih Jurusan Ini!

 

Karakter Mahasiswa yang Cocok untuk Kuliah Film dan Televisi

Jurusan yang kamu pilih pastinya harus sesuai dengan karakter, passion, dan skill kamu. Berikut adalah karakter mahasiswa yang cocok untuk masuk ke jurusan Film dan Televisi.

1. Kreatif

Karakter pertama tentu aja kreatif. Dunia film dan televisi akan selalu menuntut kamu untuk kreatif, mampu mengembangkan imajinasi yang segar, dan bepikir out of the box. Hal ini penting agar karya yang kamu buat orisinil dan bisa disukai oleh masyarakat.

2. Mampu Bekerja dalam Tim

Film dan acara TV dibuat oleh tim yang besar dengan tugas yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu harus bisa bekerja dengan baik dalam tim dan mampu berkomunikasi serta berkoordinasi secara efektif.

3.  Dinamis

Proses produksi film dan acara TV biasanya nggak kenal waktu. Ada banyak hal yang perlu dilakukan mulai dari tahap pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi. Kamu harus jadi pribadi yang dinamis dan inisiatif agar seluruh pekerjaan dapat selesai dengan on-time.

 

jakob-owens-qSpM2-Efr9k-unsplashProses pengambilan gambar (Sumber: unsplash.com)

 

Prospek Kerja Jurusan Film dan Televisi

Setelah lulus kamu bisa kerja di mana dan sebagai apa sih? Yuk, simak daftarnya.

1. Videografer

Kamu punya kemampuan untuk mengoperasikan kamera dan mengedit video? Profesi videografer bisa jadi pilihan kariermu. Selain produksi video untuk film dan acara TV, kamu juga bisa menjadi videografer untuk Youtuber atau bahkan menjadi Content Creator sendiri, lho.

2. Penulis Naskah

Penulis naskah di TV, production house, atau radio masih banyak dicari. Peran penulis naskah sangat penting dalam suatu proses produksi karena menjadi penentu jalannya cerita. Pemasukan yang bisa kamu dapatkan juga cukup besar, tergantung dari besarnya projek yang kamu kerjakan.

3. Sutradara

Bisa dibilang, sutradara adalah profesi utama yang menjadi incaran para lulusan Film dan Televisi. Kisaran pendapatan yang bisa kamu dapatkan sebagai sutradara juga cukup besar, lho. Sutradara bertugas untuk mengawasi pekerjaan aktor dan kru agar proses produksi bisa berjalan sesuai rencana.

4. Produser

Nggak kalah penting dari sutradara, produser juga berperan kunci dalam keberhasilan suatu proses produksi. Produser bertugas untuk memikirkan ide menarik, menyiapkan anggaran produksi, mengatur alur proses pra-produksi hingga pasca-produksi, hingga promosi.

5. Animator

Dalam produksi film animasi, kamu juga bisa bekerja sebagai animator atau desain karakter. Kamu akan bertugas untuk menggambar karakter, mulai dari pakaian, ekspresi, dan sebagainya. Karena masih jarang, profesi ini masih banyak dicari, lho.

 

Kampus dengan Jurusan Film dan Televisi Terbaik

Berdasarkan akreditasi dari BAN-PT, berikut adalah kampus terbaik dengan jurusan Film dan Televisi di Indonesia.

Program Sarjana

  1. Institut Seni Indonesia Surakarta
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Universitas Potensi Utama
  4. Institut Seni Indonesia Padang Panjang
  5. Universitas Pendidikan Indonesia
  6. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  7. Universitas Bina Nusantara
  8. Universitas Jember
  9. Universitas Multimedia Nusantara

 

Program Diploma

  1. Institut Seni Indonesia Denpasar
  2. Akademi Komunikasi SAE Indonesia
  3. Universitas Dinamika
  4. Universitas 45 Surabaya
  5. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  6. Universitas Dian Nuswantoro
  7. Institut Kesenian Jakarta

Gimana, guys, apakah kamu jadi semakin yakin untuk memilih jurusan Film dan Televisi? Persiapkan diri kamu dari sekarang ya supaya bisa diterima. Yuk, belajar untuk menghadapi SNBT dan Seleksi Mandiri PTN di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Jurusan Film [daring]. Tautan: https://www.umn.ac.id/jurusan-film-dan-animasi-dan-prospek-kerjanya (Diakses: 28 Maret 2023)

Jurusan Film dan Televisi [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-film/ (Diakses: 28 Maret 2023)

Fakta jurusan perfilman dan televisi [daring]. Tautan: https://www.easyuni.co.id/film-and-television/ (Diakses: 28 Maret 2023)

Kampus dengan jurusan perfilman terbaik [daring]. Tautan: https://edukasi.sindonews.com/read/915121/211/16-kampus-dengan-jurusan-perfilman-terbaik-di-indonesia-1666005039?showpage=all (Diakses: 28 Maret 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D