Mengenal Jurusan Sastra Belanda yang Hanya Ada Satu di Indonesia

Jurusan Sastra Belanda

Jurusan Sastra Belanda hanya ada di Universitas Indonesia, lho. Maka dari itu, lulusannya sangat dibutuhkan dan memiliki prospek karier yang cemerlang. Yuk, simak informasinya.

--

Siapa sih yang nggak tahu negara Belanda? Yup, negara kincir angin tersebut memiliki keterkaitan sejarah dengan Indonesia, mengingat masa penjajahan kurang lebih 350 tahun. Oleh karena itu lah, ada jurusan Sastra Belanda yang bisa kamu pilih saat masuk kuliah nanti. Nah... kamu tahu nggak sih kalau jurusan ini hanya satu di seluruh Asia Tenggara lho! Di perguruan tinggi manakah yang menyediakan jurusan Sastra Belanda? Lalu, seperti apa ya kuliah di prodi ini? Langsung simak penjelasan berikut, yuk!

 

Mengenal Jurusan Sastra Belanda

Sama seperti jurusan sastra lainnya, Jurusan Sastra Belanda mempelajari segala hal tentang Belanda mulai dari bahasa, sejarah, politik, kebiasaan masyarakat, dan kebudayaannya. 

Mahasiswa diajak mendalami tata bahasa Belanda, komposisi, pemahaman teks, budaya, dan kesusastraan Belanda mulai dari kemampuan lisan, tulis, mendengar, dan berbicara. Tak hanya itu, jurusan ini juga fokus pada aspek sastra, budaya masyarakat, sejarah yang berkaitan dengan Indonesia, dan kemampuan linguistik bahasa Belanda.

For your information, jurusan Sastra Belanda hanya satu di Asia Tenggara. Jurusan ini hanya ada di Indonesia, tepatnya di Universitas Indonesia. Kamu bisa masuk ke kelas Sarjana Reguler melalui seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sementara itu, ada juga kelas Sarjana Paralel melalui seleksi SIMAK-UI dan PPKB.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jurusan Sastra Korea! Bagaimana Prospek Kerjanya, Ya?

 

Dunia Perkuliahan Jurusan Sastra Belanda

"Apakah saat kelas pakai bahasa Belanda sebagai pengantar?"

Jawabannya adalah ya. Meski belum lancar berbahasa Belanda, yang penting kamu mengerti kosa kata dan terbiasa mendengar percakapan dalam bahasa Belanda. Jangan terlalu khawatir soal bahasa, karena kamu bisa kok mempelajarinya secara otodidak. 

Oh iya.. ada yang menarik lho saat kuliah di jurusan Sastra Belanda UI ini, teman-teman. Prodi ini selalu mengadakan Zomercursus atau biasa disingkat sebagai zomcur. Zomercursus merupakan kursus musim panas yang diadakan selama dua minggu di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan.  

Melalui acara Zomercursus ini, mahasiswa akan diajar langsung oleh native secara gratis. Biasanya, zomcur diadakan sekitar Juni, Juli, dan Agustus, sesuai kebijakan Erasmus Huis. Mahasiswa tingkat 1 dan 2 bisa ikut kegiatan ini. Sementara itu, mahasiswa tingkat 3 bisa beruntung untuk dapat kesempatan zomcur ke Belanda dan Belgia selama satu bulan. Dan.. semua ini gratis lho, bahkan dapat uang saku. Hihihi.

Baca Juga: Seluk Beluk Jurusan Sastra Jepang dan Prospek Kerjanya

 

Mata Kuliah Jurusan Sastra Belanda

Jurusan Sastra Belanda masuk di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia. Sama seperti jurusan sastra lainnya, kehidupan kuliah mahasiswa prodi ini tidak akan jauh dari hal-hal berbau sastra. Kamu akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan bahasa Belanda, seperti tata bahasa Belanda, kesusastraan Belanda, budayanya, komposisi pemahaman teks, dan lain-lain. 

mata kuliah Jurusan Sastra Belanda

 

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk masuk ke jurusan Sastra Belanda di UI, setelah lulus akan mendapat gelar Sarjana Humaniora (S.Hum)

 

Mengapa Harus Kuliah di Jurusan Sastra Belanda?

Jurusan Sastra Belanda menjadi jurusan yang langka di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Hal ini pun membuat daya saingnya tinggi. Kuliah di jurusan ini tak hanya membuatmu mahir berbahasa asing, tetapi memiliki wawasan yang luas. Selama kuliah, kamu akan belajar banyak mengenai sejarah dan kebudayaan Belanda.

Tak hanya itu, lulusan Sastra Belanda pun memiliki peluang karir yang luas. Lembaga-lembaga internasional dan dalam negeri membutuhkan lulusan Sastra Belanda untuk bekerja sebagai ahli bahasa dan budaya, hingga peneliti.

Baca Juga: Seluk Beluk Jurusan Sastra Inggris dan Prospek Kerjanya

 

Prospek Kerja Lulusan Sastra Belanda

"Hm.. Kalau aku lulus dari jurusan Sastra Belanda, bisa kerja apa?"

Tenang, guys! Jurusan ini punya prospek karir yang luas, kok. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa menerima lulusan Sastra Belanda. Dan soal gaji, kamu nggak perlu khawatir juga karena lulusan Sastra Belanda bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp3 juta hingga Rp8 juta per bulan. Menarik, bukan?

Berikut ini beberapa prospek kerja menjanjikan para lulusan Sastra Belanda.

  • Bekerja di Kementerian Luar Negeri

  • Penerjemah atau translator

  • Penulis

  • Bekerja di Kantor Kedutaan Belanda

  • Ahli Bahasa

  • Akademisi, seperti menjadi guru Bahasa Belanda atau dosen

  • Wirausaha

  • Content writer

  • Jurnalis

prospek kerja Jurusan Sastra Belanda

Baca Juga: Kupas Tuntas Jurusan Sastra Prancis dan Prospek Kerjanya

 

Keahlian yang Dibutuhkan Mahasiswa Jurusan Sastra Bahasa Belanda

Saat berkuliah di jurusan Sastra Belanda, kamu pun harus meningkatkan kemampuan atau skill tertentu. Hal ini untuk menunjang dirimu selama kuliah dan siap terjun ke dunia kerja. Adapun kemampuan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  • Kemampuan analitis konseptual dan teoritis

  •  Kemampuan berpikir logis dan terstruktur

  • Kemampuan menulis

  • Kemampuan linguistik

  • Kemampuan presentasi

  • Kemampuan memahami bacaan

  • Kemampuan membuat analisis

  • Kemauan belajar hal-hal baru

  • Kemampuan berpikir kritis

--

Oke, itulah seluk beluk mengenai jurusan Sastra Belanda yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu dalam memilih jurusan kuliah nantinya. Sekarang, let me ask you, apakah kamu siap untuk masuk kuliah? Sudah memilih jurusan dan kampus yang kamu inginkan? Sembari menunggu seleksi masuk universitas, jangan lupa untuk perdalam materi pelajaran dengan video interaktif di ruangbelajar. Semoga berhasil!

New call-to-action

Referensi:

Jurusan Sastra Belanda [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-sastra-belanda/ diakses pada 5 Agustus 2022.

Sekilas Kuliah di Sastra Belanda UI [daring]. Tautan: https://youthcollab.com/kuliah-di-sastra-belanda/ diakses pada 5 Agustus 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi