Seluk-Beluk Jurusan Sastra Inggris dan Prospek Kerjanya

seluk beluk jurusan sastra inggris dan prospek kerjanya

Jurusan Sastra Inggris semakin diminati. Emangnya, apa saja sih yang dipelajari dan gimana prospek kerjanya? Artikel ini akan mengulasnya secara lengkap. Yuk, simak!

 

Kuliah di Jurusan Sastra Inggris atau English literature, selama ini banyak dipilih oleh para pelajar di Indonesia, ya. Berbagai universitas negeri maupun swasta pun menyediakan jurusan ini sebagai salah satu program studinya.

Tapi sebenarnya, seperti apa sih kehidupan kuliah di Jurusan Sastra Inggris itu? Apakah benar nantinya akan sulit mendapat pekerjaan setelah lulus?

 

Mengenal Jurusan Sastra Inggris

Aku pengin belajar bahasa Inggris biar cepat bisa. Ambil Jurusan Sastra Inggris aja kali, ya.

Eits, jangan salah kaprah dulu! Walaupun nantinya kita memang belajar bahasa Inggris di program studi Sastra Inggris, bukan berarti kuliah di jurusan ini adalah solusi yang tepat untukmu belajar bahasa Inggris biar cepat bisa menguasainya.

Kenapa? Karena nantinya, di semester pertama Jurusan Sastra Inggris saja, kamu sebagai mahasiswa sudah harus menghadapi mata kuliah, seperti reading, writing, speaking, listening, dan bahkan grammar. Jadi, nggak lagi belajar bahasa Inggris dari dasarnya.

Di Jurusan Sastra Inggris, nantinya kamu juga akan fokus belajar pada kemampuan di bidang kesusastraan (literatur), kebahasaan (linguistik), dan kebudayaan yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Kuliah di Jurusan Sastra Inggris nggak sama dengan sekadar ikut kursus bahasa Inggris, ya. Hehehe

GCSEEnglishtexts2

Ilustrasi belajar di program studi Sastra Inggris. (Sumber: schoolreadinglist.co.uk)

Baca Juga: Yuk, Kenali Jurusan Sastra Korea! Bagaimana Prospek Kerjanya, Ya?

 

Apa Saja Mata Kuliah di Jurusan Sastra Inggris?

Ada begitu banyak yang akan dipelajari di Jurusan Sastra Inggris. Namun, dirangkum dari berbagai sumber, hal-hal di bawah inilah yang paling penting yang nantinya akan kamu pelajari:

1. Bahasa

Berada di Jurusan Sastra Inggris akan mengajarkanmu bahasa. Apakah kuliahnya full menggunakan bahasa Inggris? Tentu saja tidak, ya. Kamu akan belajar dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Selain itu, kamu juga akan lebih memahami berbagai macam kosakata, struktur gramatika, serta kemampuan untuk membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa Inggris. Mata kuliah yang satu ini yang bikin kamu bisa menguasai bahasa Inggris.

2. Sastra

Apa itu sastra? Di Jurusan Sastra Inggris, kamu akan belajar gimana cara mengkaji sebuah karya sastra, baik itu prosa, novel, puisi, dongeng, drama, film, dan bahkan lagu.

Namun, jangan salah ya, mengkaji karya sastra berbeda dengan sekadar menulis “review”. Dalam mengkaji, kamu harus berdasarkan berbagai macam teori dan metode analisis yang baik dan benar. Di mata kuliah jurusan Sastra Inggris ini, kamu akan menjadi lebih rajin membaca.

3. Ilmu Linguistik

Untuk kamu yang belum tahu, linguistik merupakan ilmu mengenai bahasa. Di mata kuliah yang satu ini, kamu akan mempelajari apa yang dikenal sebagai fonologi (bunyi sebuah bahasa), morfologi (bentuk kata dalam sebuah bahasa), sintaksis (bentuk frasa dan klausa dalam sebuah bahasa), semantik (makna dalam bahasa), hingga pragmatik (ujaran dalam bahasa).

4. Ilmu Penerjemahan

Nggak, kamu nggak akan menjadi kamus berjalan setelah lulus kuliah Jurusan Sastra Inggris, kok! Di mata kuliah ini, kamu akan belajar gimana cara dan proses menerjemahkan teks yang baik dan benar.

Kamu juga perlu menambah sebanyak mungkin kosakata dan wawasan dalam berbagai bidang, seperti komputer, sains, kedokteran, ekonomi, politik, dan lain-lain, agar bisa mengetahui padanan-padanan kata yang tepat untuk istilah-istilah asing dalam bidang-bidang tersebut.

5. Sejarah dan Budaya

Di Sastra Inggris, kamu nggak melulu belajar bahasanya saja, tetapi juga sejarah dan budaya bahasa asing tersebut. Segala pengetahuan sejarah dan budaya yang terkait dengan bahasa Inggris akan kamu pelajari seluruhnya. Seru banget, nih!

prospek kerja jurusan sastra inggris

 

Kemampuan Dasar Sebelum Masuk Sastra Inggris

Menurut Rabiana Nur Awalia, lulusan Jurusan Sastra Inggris di Universitas Indonesia, ada beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki calon mahasiswa Sastra Inggris, antara lain:

  • 1. Memahami dan mampu mengolah informasi berupa kata-kata (termasuk memahami bacaan, mengungkapkan ide lewat tulisan dan ucapan).
  • 2. Memahami simbol, huruf, diagram, gambar.
  • 3. Memahami dasar-dasar bahasa Inggris.

 

Poin terakhir di atas cukup penting, ya. Sebagai seorang mahasiswa Sastra Inggris, kamu harus terbiasa berbicara menggunakan bahasa Inggris, terutama di dalam perkuliahan.

Selama proses belajar di dalam kelas, dosen pun juga akan menjelaskan dengan bahasa Inggris, meskipun kadang tidak full english. Ketika ada presentasi, esai, tugas-tugas lain, atau bahkan sidang skripsi, akan wajib memakai bahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga harus teliti, tekun, dan senang menganalisis. Ingat, kamu akan belajar mengenai bahasa, yang tentunya akan menuntut kamu untuk rajin membaca buku. Kemampuan-kemampuan dasar seperti yang disebutkan di atas minimal sudah kamu miliki ya.

Baca Juga: Enggak Cuma Bahasa Inggris, Ini 10 Bahasa Asing yang Wajib Kamu Kuasai

 

Daftar Universitas dengan Jurusan Sastra Inggris

Lalu, perguruan tinggi di Indonesia mana saja ya yang menyediakan Jurusan Sastra Inggris dan sudah terakreditasi? Berikut daftarnya!

Daftar Universitas Negeri dengan Jurusan Sastra Inggris (Akreditasi A)

  • a. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  • b. Universitas Airlangga (Unair), Surabaya
  • c. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  • d. Universitas Udayana, Badung
  • e. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta
  • f. Universitas Negeri Medan (UNIMED), Medan
  • g. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • h. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung
  • i. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang

 

Daftar Universitas Negeri dengan Jurusan Sastra Inggris (Akreditasi B)

  • a. Universitas Indonesia (UI), Depok
  • b. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  • c. Universitas Diponegoro (Undip), Semarang
  • d. Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta
  • e. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
  • f. Universitas Andalas, Padang
  • g. Universitas Hasanuddin, Makassar

 

Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Sastra Inggris (Akreditasi A)

  • a. Universitas Gunadarma, Depok
  • b. Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta
  • c. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  • d. Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • e. Universitas Sanata Dharma, Sleman
  • f. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • g. Universitas Ma Chung, Malang

 

Daftar Universitas Swasta dengan Jurusan Sastra Inggris (Akreditasi B)

  • a. Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta
  • b. Universitas Nasional, Jakarta
  • c. Universitas Komputer Indonesia, Bandung
  • d. Universitas Muhammadiyah, Semarang
  • e. Universitas 17 Agustus 1945, Semarang
  • f. Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • g. Universitas Bung Hatta, Padang

Baca Juga: Kupas Tuntas Jurusan Sastra Indonesia: Mata Kuliah dan Peluang Kerja

 

Gelar Jurusan Sastra Inggris

Lulusan Sastra Inggris, gelarnya apa ya? Nah, kalau Jurusan Sastra Inggris berada di bawah Fakultas Bahasa dan Sastra, maka setelah lulus kamu akan mendapat gelar Sarjana Sastra (S.S). Sementara itu, jika Jurusan Bahasa Inggris berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya, maka kamu akan mendapat gelar Sarjana Humaniora (S.Hum).

 

Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Jangan percaya kalau ada yang bilang lulusan Sastra Inggris akan sulit mendapatkan pekerjaan! Karena faktanya, lulusan Sastra Inggris bisa bekerja di berbagai bidang, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional.

Prospek kerja lulusan Sastra Inggris sangat terbuka lebar. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai content writer, copywriter, manajer sosial media, editor artikel, jurnalis, penulis buku, penerjemah, hingga guru bahasa Inggris.

Yang jelas, lulusan Sastra Inggris akan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik, yang bisa sangat bermanfaat di masa yang akan datang untuk bisa berkomunikasi dengan lancar ke banyak orang dari seluruh dunia.

Nah, itu dia seluk-beluk mengenai Jurusan Sastra Inggris, mulai dari kehidupan kampus, mata kuliah, daftar universitas, hingga prospek kerja Jurusan Sastra Inggris. Gimana, apakah kamu mau lanjut kuliah di jurusan ini?

Yuk, belajar yang giat dari sekarang! Kamu bisa berlangganan ruangbelajar untuk belajar bahasa Inggris lewat video animasi yang seru dan membuatmu lebih mudah memahami materinya dan mengerti dasar-dasarnya.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Kampus Terbaik Jurusan Sastra Inggris dan Serba-Serbi Jurusan Ini [daring]. Tautan: https://rencanamu.id/post/jurusan-dan-perkuliahan/kampus-terbaik-jurusan-sastra-inggris-dan-serba-serbi-jurusan-ini (Diakses: 18 Agustus 2023)

Sumber Foto:

Jurusan Sastra Inggris [daring]. Tautan: https://schoolreadinglist.co.uk/tag/gcse/ (Diakses: 29 September 2021)

 

Artikel ini diperbarui pada 18 Agustus 2023.

Riza Miftah Muharram