Jurusan Teknik Elektro: Cuma Jadi Tukang Listrik?

Adelia Septiani Jan 29, 2021 • 7 min read


 header-Jan-29-2021-03-53-27-62-AM

Artikel ini menjelaskan mengenai mata kuliah yang dipelajari Jurusaan Teknik Elektro, serta kampus yang memiliki jurusan tersebut dan prospek kerjanya.

--

Hai! Kali ini, kita akan membahas mengenai jurusan yang cukup ngehype di Fakultas Teknik, yaitu Teknik Elektro. Buat kamu yang ingin menjadi mahasiswa teknik, sepertinya Teknik Elektro bisa menjadi pilihan jurusan kamu saat di perkuliahan, deh.

Hm, ngomongin soal Teknik Elektro nih, biasanya banyak stereotip awam yang berkembang di masyarakat soal masa depan mahasiswa Teknik Elektro. Kayak gini nih contohnya,

“Ngapain sih ambil Teknik Elektro. Nanti ngurusin listrik aja kerjanya!”

Eits, jangan salah. Selain merupakan jurusan favorit, Teknik Elektro merupakan jurusan yang bermanfaat bagi kehidupan kita di dunia.

Coba deh, bayangin aja kalau gak ada listrik, gak bisa internetan karena gak bisa pakai wifi, nonton tv, belajar sambil gelap-gelapan, dan kepanasan karena gak bisa nyalain kipas, bahkan AC. Tentunya kamu paham kan, gimana kalau hidup tanpa listrik dan juga ahli bidang kelistrikkan. Huft!

Ternyata, stereotip awam seperti di atas belum tentu benar, teman-teman. Perihal prospek kerja lulusan Teknik Elektro gak melulu jadi tukang perbaiki listrik kok guys. Terus, nanti besarnya jadi apa? Nanti kita bahas di bawah ya!

Kamu sendiri percaya stereotip yang beredar soal Teknik Elektro juga gak? Daripada ngomongin stereotip yang buat kamu jadi overthinking, mending langsung aja deh kita bahas tentang Teknik Elektro, seperti apa saja yang dipelajari, kampus mana saja yang memiliki Jurusan Teknik Elektro, dan juga prospek kerja jurusan yang satu ini. Yuk, simak di bawah!

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Elektro?

Emang bener sih, kalau di jurusan Teknik Elektro kamu akan belajar banyak soal kelistrikkan. Ya, pada dasarnya, Teknik Elektro adalah ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya, ilmu teknik yang satu ini tidak jauh-jauh dari ilmu dasar yang dipelajari di SMA, yaitu Fisika, Kimia, serta Matematika.

Nih misalnya, penerapan Ilmu Fisika dasar pada dunia penerbangan.

Ternyata, buat terbang, pesawat menggunakan Hukum Newton II yang dipelajari di Fisika SMA. Gini nih bunyi Hukum Newton II: “jika sebuah benda yang diberikan gaya, hasilnya adalah akselerasi yang akan mengubah keadaan benda”

Artinya, jika sebuah pesawat yang awalnya diam kemudian diberikan gaya akan menyebabkan pesawat tersebut dapat terbang. Sebaliknya, jika pesawat awalnya bergerak kemudian diberikan perpindahan yang negatif akan menyebabkan pesawat akan diam. Menarik, kan?

mata kuliah


Nanti di kuliah belajarnya apa ya?

Oh iya! Meskipun kamu sudah mempelajari Fisika dasar di SMA, di Teknik Elektro, kamu akan mempelajari Fisika yang lebih beragam lagi mengenai rangkaian listrik. Misalnya, interaksi antara komponen listrik, kemudian medan elektromagnetik, teknik digital listrik serta elektronika, bahan-bahan yang digunakan untuk listrik, energi kontroversi listrik, pengukuran beban listrik, sistem telekomunikasi, tak lupa juga metode numerik, kalkulus, serta matematika teknik, dan mata kuliah sejenisnya yang berkaitan dengan Teknik Elektro.

Wah! Kamu akan belajar banyak tentang kelistrikkan di berbagai aspek dengan materi kuliah yang bahasannya luas. Mulai dari hal-hal dasar berhitung, cara melakukan kodefikasi informasi ke dalam sinyal listrik di mata kuliah sistem telekomunikasi,  bagaimana cara mengukur beban arus listrik, hingga sampai pengimplementasian gaya arus listrik pada transportasi. Berat yah ternyata!

 

Kampus Mana Saja Sih yang Memiliki Jurusan Teknik Elektro?

Oh ya! Bagi kamu yang ingin menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, sudah banyak kampus di Indonesia yang memiliki Jurusan yang satu ini. Salah satunya Institut Teknologi Bandung yang merupakan universitas terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds World University Ranking 2020 untuk kategori Rekayasa & Teknologi.  

Pojok_Kampus_-_Teknik_Elektro-03

 

Hayooo, yang ingin jadi mahasiswa Tekik Elektro, kamu sudah pilih kampus belum?

Tenang! Gak hanya ITB saja, kok. Banyak kampus Negeri dan swasta yang bisa dijadikan pilihan, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Yogyakarta, Universitas Surabaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Malang, Universitas Gunadarma, Universitas Telkom, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Kristen Petra, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan masih banyak kampus lainnya yang memiliki Jurusan Teknik Elektro. So, atur baik-baik strategi dan pilihan kampusmu ya!

 

Prospek Kerja Mahasiswa Teknik Elektro Setelah Lulus Kuliah

Soal karir, kamu gak perlu takut, karena tiap jurusan memiliki prospek kerja masing-masing, kan? Begitu juga dengan Teknik Elektro. Berkat keahlian di bidang kelistrikkan, banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri-industri tenaga listrik besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Tapi, gak cuman sampai di PLTA dan PTU saja, masih banyak lagi kok industri besar yang menjadi prospek kerja Teknik Elektro!

Misalnya, industri telekomunikasi yang membutuhkan Sarjana Teknik Elektro untuk mengatur jaringan nirkabel. Kalau gak ada ahli listrik, kamu gak akan bisa telponan, karena teknisi listrik yang mengubah informasi dan melakukan kodefikasi ke dalam sinyal listrik.

Prospek

Apakah lulusan Teknik Elektro selalu jadi tukang listrik? Eits, jangan salah!

Selain itu, ada industri perminyakan dan gas, industri otomotif bagian perencanaan produk, bahkan kamu bisa membidik Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk menjadi pegawai pemerintah.

Bahkan, di industri pakaian atau tekstil juga membutuhkan Teknik Elektro. Kok bisa?

Iya dong, industri tekstil tentu membutuhkan mesin dan listrik sebagai pemasok daya untuk memproduksi tekstil dan pakaian dalam jumlah yang besar. Sehingga, teknisi listrik bertugas menganalisis audit energi listrik agar lebih hemat penggunaannya secara teknis.

Ada juga loh perusahaan bertaraf multinasional, khususnya bidang pertambangan, Freeport, misalnya! Tentu, alat-alat berat tambang membutuhkan teknisi listrik untuk mengatur arus listrik yang memadai alat-alat kerja tersebut.  

Terlepas dari industri-industri besar, Sarjana Teknik Elektro juga bisa menjadi dosen, bahkan wirausaha, juga software engineer. Kamu bisa membuka bisnis sendiri seperti tutor ketenagalistrikan, mengembangkan bisnis start up yang mengimplementasi ilmu kelistrikan, bisnis instalasi listrik, elektronika industri dan masih banyak lagi. Sebagai software engineer, kamu akan menangani seluruh siklus pengembangan perangkat lunak, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, pengujian, pengembangan, dan maintenance untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Nah, banyak banget kan prospek kerja lulusan Teknik Elektro. Jadi, jangan bilang anak elektro bakal selamanya jadi tukang listrik.

So guys, itu tadi gambaran mengenai Teknik Elektro. Bagi kamu yang ingin menjadi bagian dari mahasiswa Teknik Elektro, kamu perlu memperkuat mata pelajaran dasar Fisika, Kimia, dan Matematika sebagai pondasi dasar sebelum menjadi mahasiswa Teknik Elektro. Maka dari itu, tonton ruangbelajar untuk memahami dengan mudah pelajaran-pelajaran tersebut!

 

New Call-to-action

 

Referensi:

Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia. Mengenal Jurusan Teknik Elektro. [daring], Tautan: https://el.iti.ac.id/mengenal-jurusan-teknik-elektro/  

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika ITS. [daring], Tautan: https://www.its.ac.id/telektro/id/calon-mahasiswa/prospek-karir/#Karir_Software

Renesia. 2019. Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknik Elektro Untuk Jenjang S1. [daring], Tautan: https://www.renesia.com/mata-kuliah-teknik-elektro/  

MS, Adip. 2015. Hukum Newton dalam Prinsip Penerbangan. [daring], Tautan: https://fisika.id/2015/04/09/hukum-newton-dalam-prinsip-penerbangan/

Peringkat Universitas Dunia 2020: ITB terbaik di Indonesia dalam bidang Rekayasa & Teknologi (Engineering & Technology) dan Ilmu-ilmu Alam (Natural Sciences) [daring], Tautan: https://spm.itb.ac.id/peringkat-universitas-dunia-2020-itb-terbaik-di-indonesia-dalam-bidang-rekayasa-teknologi-engineering-technology-dan-ilmu-ilmu-alam-natural-sciences/

Limbong, Edinanta E. Mahasiswa Teknik Elektro Wajib Tau! Sub Konsentrasi di Jurusan Teknik Elektro! [daring], Tautan: https://www.anakteknik.co.id/educationgood12/articles/mahasiswa-teknik-elektro-wajib-tau-sub-konsentrasi-di-jurusan-teknik-elektro 

Kenapa Kuliah di Jurusan Teknik Elektro?. [daring], Tautan: https://halokampus.com/jurusan-kuliah/kenapa-kuliah-di-jurusan-teknik-elektro/ 

Prospek Kerja Teknik Elektro. [daring], Tautan: https://kampusaja.com/prospek-kerja-teknik-elektro/

Ramadhani, Subhan. 2017. Analisa Konservasi Energi Pada Industri Tekstil. Skripsi Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Indonesia.

Fahroni, D, dkk. Audit Energi Listrik di Spinning PT Sandang Industries Semarang. Jurnal Universitas Muhammadiyah Semarang. [daring], Tautan: http://repository.unimus.ac.id/2907/8/Jurnal.pdf 

Profile

Adelia Septiani

Beri Komentar