Mengulik Jurusan Teknik Industri: Mata Kuliah, Prospek Kerja & Pilihan Kampus

jurusan teknik industri

Mau kuliah di Jurusan Teknik Industri? Simak informasi lengkapnya, mulai dari mata kuliah, gelar, prospek kerja, dan pilihan kampusnya berikut ini!

 

Apa sih yang ada di bayangan kamu kalau mendengar Jurusan Teknik Industri? Bingung, nggak tau, nggak ada bayangan? Well, Teknik Industri adalah program studi yang menggabungkan antara bidang ilmu teknik dan manajemen.

Dibandingkan dengan jurusan teknik lain, Jurusan Teknik Industri memang hasil produknya tidak mudah dibayangkan. Bahkan, berdasarkan laman resmi ITB, jurusan ini kerap disebut sebagai program studi yang absurd alias nggak jelas.

Emang iya jurusan ini nggak jelas? Tentu nggak dong! Untuk itu, kita bahas selengkap-lengkapnya tentang Jurusan Teknik Industri berikut ini, yuk!

 

Apa itu Jurusan Teknik Industri?

Jurusan Teknik Industri adalah salah satu jurusan di bidang ilmu rekayasa yang fokus pada perancangan, pengembangan, dan perbaikan sistem yang melibatkan manusia, mesin, bahan, energi, dan informasi dalam lingkungan industri. 

Tujuan utama dari Jurusan Teknik Industri ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses produksi, distribusi, dan manajemen operasional di berbagai sektor industri.

Baca Juga: Jurusan Teknik Informatika: Mata Kuliah, Daftar Kampus, dan Prospek Kerja

Mahasiswa yang mengambil Jurusan Teknik Industri akan mempelajari berbagai aspek dalam manajemen industri, teknik produksi, pengendalian kualitas, manajemen rantai pasokan, analisis dan perancangan sistem, ergonomi, perencanaan kapasitas, serta optimasi dan pengambilan keputusan. Kamu juga akan belajar tentang teknologi informasi, statistik, dan metode matematika yang digunakan dalam konteks industri.

mengenal jurusan teknik industri

Jurusan Teknik Industri mengajarkan kamu untuk berpikir praktis dalam merancang, membangun, dan mengembangkan sistem. (Sumber: freepik.com)

 

Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri

Apa aja sih yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Industri ini? Mata kuliah Jurusan Teknik Industri cukup menarik, lho. Kamu akan belajar pengetahuan, pendekatan, pola pikir, prinsip-prinsip dan keterampilan yang tetap berakar pada keilmuan teknik, yaitu proses perancangan (desain).

Namun, objek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, atau lainnya. Tetapi, kamu akan merancang sistem yang terintegrasi antara manusia, mesin, material, energi, dan informasi.

Berikut adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Industri, seperti yang dilansir dari laman resmi UGM:

  • Kalkulus
  • Fisika
  • Aljabar
  • Pengantar Teknik Industri
  • Probabilitas
  • Pemrograman Dasar
  • Mekanika Teknik
  • Bahan Teknik
  • Proses Manufaktur
  • Perancangan dan Pengembangan Produk
  • Ekonomika dan Tekno-Ekonomika
  • Interaksi Manusia dan Sistem
  • Proses Produksi
  • Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan
  • Manajemen Industri
  • Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan
  • Sistem Produksi
  • Manajemen Proyek
  • Perancangan Sistem Informasi
  • Otomasi Industri

 

Mata kuliah di atas hanya beberapa contoh saja ya, guys. Tiap universitas bisa memiliki penekanan yang sedikit berbeda dalam kurikulum mereka, tergantung pada spesialisasi dan fokusnya.

Baca Juga: Jurusan Teknik Perminyakan Bisa Dapat Gaji Besar? Ini Ulasannya!

 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

Seorang lulusan dari Jurusan Teknik Industri memiliki prospek kerja yang sangat luas. Beberapa di antaranya adalah berikut ini:

1. Project Manager

Lulusan Teknik Industri juga memiliki keterampilan dalam manajemen proyek. Kamu dapat bekerja sebagai manajer proyek, mengawasi perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian proyek dalam lingkup industri yang beragam.

2. Engineering Manager

Kamu juga bisa bekerja sebagai seorang engineering manager, yang tugasnya adalah memastikan dan mengarahkan proyek penting agar berjalan dengan baik.

3. Data Analyst

Dalam era digital, lulusan Teknik Industri memiliki keterampilan analisis data yang kuat. Kamu dapat bekerja sebagai analis data, menggunakan teknik statistik dan pemodelan matematika untuk mengolah data operasional, mengidentifikasi tren, dan memberikan wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan.

4. Quality Controller

Lulusan Teknik Industri dapat bekerja sebagai quality controller yang bertanggung jawab untuk memastikan produk dan proses produksi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Kamu akan menggunakan alat dan metode statistik, seperti Six Sigma, untuk mengidentifikasi dan mengurangi ketidaksesuaian kualitas.

5. Product Analyst

Seorang product analyst bertugas untuk mengembangkan strategi marketing yang tepat untuk suatu produk dan membandingkannya dengan tren industri yang ada saat ini.

6. Marketing

Di bidang pemasaran, beberapa posisi yang bisa kamu tempati antara lain sebagai market research, technical sales, dan sebagainya. Banyak banget perusahaan yang membutuhkan posisi ini, guys.

7. Operation Manager

Lulusan Teknik Industri dapat bekerja sebagai manajer operasi di perusahaan manufaktur, logistik, atau jasa. Kamu akan bertanggung jawab untuk merencanakan, mengendalikan, dan meningkatkan efisiensi produksi, rantai pasokan, dan manajemen persediaan.

8. Konsultan

Lulusan Teknik Industri dapat bekerja sebagai konsultan manajemen, membantu perusahaan dalam mengoptimalkan operasi mereka, meningkatkan kualitas, mengelola proyek, dan mengembangkan strategi bisnis yang efektif.

Baca Juga: Mengenal Jurusan Teknik Nuklir, Kerja Apa Nantinya, Ya?

 

Skill Mahasiswa Jurusan Teknik Industri

 

kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa jurusan teknik industri

Apa saja sih kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa Jurusan Teknik Industri. (Sumber: freepik.com)

 

Setelah kamu belajar di jurusan ini, kamu akan mendapatkan skill atau kompetensi dasar yang berguna di dunia kerja nanti. Berikut di antaranya, seperti yang dilansir dari beberapa laman kampus.

  • Kemampuan untuk melakukan analisis dan berpikir sistematis.
  • Kemampuan manajerial dan problem solving.
  • Mampu menilai efektivitas dan efisiensi sistem yang sudah ada, melakukan peningkatan kinerja dan mutu menggunakan prinsip-prinsip teknik industri.
  • Mampu menganalisis dan merancang sistem industri yang terintegrasi dengan mempertimbangkan aspek teknis, ekonomis, sosial, dan lingkungan.
  • Mampu mengaplikasikan metode-metode ilmiah seperti statistika, penelitian operasional, simulasi, rekayasa nilai, dan lain-lain untuk menyelesaikan masalah industri.
  • Mampu mengelola sumber daya manusia, material, peralatan, dan energi secara optimal dalam sistem industri.
  • Mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang terlibat dalam sistem industri.
  • Mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.
  • Memiliki pengetahuan yang luas terhadap isu terkini di bidang teknik industri.

 

Gelar Lulusan Teknik Industri

Lulusan dari jurusan Teknik Industri akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.) setelah menyelesaikan masa studi selama empat tahun. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan studi ke program magister (S2) dan doktor (S3).

Baca Juga: Jurusan Teknik Mesin, Tidak Melulu Kerja di Bengkel, Loh!

 

Daftar Perguruan Tinggi dengan Jurusan Teknik Industri

Berikut adalah beberapa pilihan perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan Jurusan Teknik Industri.

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  4. Universitas Negeri Malang (UM)
  5. Universitas Brawijaya (UB)
  6. Universitas Diponegoro (Undip)
  7. Bina Nusantara University (Binus)
  8. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  9. Universitas Airlangga (UNAIR)
  10. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Oke, itulah informasi mengenai Jurusan Teknik Industri, mulai dari mata kuliah, daftar kampus, hingga prospek kerjanya. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Jurusan Teknik Industri? Sebagai salah satu jurusan dengan peminat terbesar tiap tahunnya, kamu harus belajar lebih keras untuk bisa masuk ke jurusan tersebut. Nggak perlu khawatir, persiapkan dirimu sedini mungkin bersama ruangbelajar.

CTA ruangbelajar

Referensi:

Program Studi Sarjana Teknik Industri [daring]. Tautan: https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-industri (Diakses: 19 Juni 2023)

Mata kuliah teknik industri [daring]. Tautan: https://psti.ft.ugm.ac.id/kurikulum-sarjana/ (Diakses: 19 Juni 2023)

Apa itu teknik industri https://www.uph.edu/id/teknik-industri-keunggulan-jurusan-dan-prospek-karier/ (Diakses: 19 Juni 2023)

Teknik industri [daring]. Tautan: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/prospek-kerja-teknik-industri/  (Diakses: 19 Juni 2023)

Sumber Gambar:

https://unsplash.com/photos/tZw3fcjUIpM (Diakses: 2 Oktober 2023)

https://www.freepik.com/free-photo/male-asian-caucasian-engineer-professional-having-discussion-standing-consult-machine-factory-two-expert-coworker-brainstorm-explaining-solves-process-cnc-operate-machine_25118222.htm#query=teknik%20industri&position=0&from_view=search&track=ais (Diakses: 2 Oktober 2023)

https://www.freepik.com/free-photo/male-asian-engineer-professional-having-discussion-standing-concult-cnc-machine-factory-two-asian-coworker-brainstorm-explaining-solves-process-cnc-operate-machine_25118407.htm#query=teknik%20industri&position=4&from_view=search&track=ais (Diakses: 2 Oktober 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D