Belajar Rumus & Cara Menghitung Keliling Segitiga | Matematika Kelas 6

Cara Menghitung Keliling Segitiga

Wah, Bona dan Puti perlu menghitung keliling segitiga untuk membuat hiasan. Penasaran gimana caranya? Ikuti ceritanya sampai habis di artikel Matematika kelas 6 ini, ya!

--

Bona dan Puti hendak membuat hiasan kardus berbentuk segitiga di taman. Puti membawa pita untuk menghias, sementara Bona membawa kardus segitiganya. 

“Aku udah ada pitanya nih, Bon!” ujar Puti dengan semangat.

“Wah makasih, Put. Aku juga udah siapin kardus segitiganya.”

HmmmKalo gitu kita tinggal nempel pita ini ke pinggiran kardus segitiganya. Tapi, panjang pita yang kita butuhin berapa, ya?” tutur Puti sambil menggenggam pita di tangannya.

Oooh gini-gini… Karena kardus kita bentuknya segitiga, kita bisa cari tau panjang pita yang kita butuhkan dengan menghitung keliling segitiga.” jawab Bona mengangkat kardus segitiga di depannya.

Puti memiringkan kepalanya kebingungan.

“Eh, tapi segitiga itu kan banyak jenisnya. Apa cara menghitung keliling segitiga juga beda-beda?” 

Enggak juga, Put. Aku pernah baca di internet, walaupun banyak jenisnya, cara menghitung keliling segitiga itu sama aja. Yaitu, dengan menjumlahkan panjang semua sisinya. Kita coba, ya.”

Rumus Keliling Segitiga

 

“Jadi, panjang pita yang kita butuhkan itu 25 cm, ya!” sambung Bona pada Puti.

Puti sekarang tahu panjang pita yang dia butuhkan untuk ditempel pada kardus segitiganya. Tapi, wajah Puti masih terlihat bingung.

Baca Juga: Apa Itu Bilangan Bulat? Yuk, Cari Tahu!

Hmm… Tadi itu kan cara untuk menghitung keliling segitiga ya, Bon…” jelas Puti sambil menunjuk pinggiran kardus segitiga. 

Kalo misalnya keliling segitiga itu udah diketahui, terus yang ditanya panjang salah satu sisinya gimana? Kita bisa cari tau jawabannya gak?” sambung Puti penasaran.

Bisa dong! Untuk cari tau salah satu sisi segitiga yang udah diketahui kelilingnya, kita bisa menggunakan persamaan yang sama, Put. Terus, kita tinggal masukkan keliling dan panjang sisi yang diketahuinya. Kayak gini, nih.”

Cara Mencari Sisi dari Keliling Segitiga

 

Gimana? Udah paham, kan?” tanya Bona.

Udah, Bon! Aku udah paham cara menghitung keliling segitiga, terus aku juga udah paham cara mencari salah satu sisi segitiga jika diketahui kelilingnya!” balas Puti semangat. 

”Berarti, sekarang tinggal kita gunting dan tempel aja pitanya sesuai dengan keliling segitiga tadi, ya!” sambungnya sambil mengeluarkan gunting dan lem.

“Iya! Bisa selesai cepet nih!” jawab Bona.

Baca Juga: Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat

Mereka berhasil menghitung keliling segitiga dan menyelesaikan pembuatan hiasan kardus segitiga itu bersama.

“Akhirnya, selesai juga! Aku udah bisa pulang dan main game di rumah, deh!” ucap Bona.

“Eh! Enak aja! Kita beres-beres dulu, Bon! Baru pulang! Masa mau ninggalin meja ini berantakan?” tegur Puti kepada Bona.

“I-iya, Put. Maksudku juga gitu, kok!” balas Bona gugup. “Ya udah, kita beresin sekarang yuk?” sambung Bona.

Nah, gitu dong! Hahaha!” balas Puti ceria.

Bona dan Puti pun merapikan sisa barang tak terpakai dan membersihkan meja di taman itu. Setelah selesai, mereka pun pulang ke rumah masing-masing. 

Wah hebat! Kamu sudah baca sampai sini! Nah, biar kamu makin paham, coba jawab latihan soal ini di kolom komentar, ya!

Contoh Soal Keliling Segitiga

 

Itu tadi cerita Puti dan Bona belajar tentang cara mencari keliling segitiga. Gimana, seru kan? Jangan khawatir, masih banyak lho cerita dan materi Matematika kelas 6 yang bisa kamu simak. Tentunya masih bersama Puti, Bona, dan teman-teman lainnya di fitur Dafa Lulu ruangguru! Sampai ketemu lagi!

New call-to-action

Materi oleh: Eka Sobiatin

Disunting oleh: Taufiq Radityadji

Profile

Alam Rizkiyansyah

Iya, namaku Alam sukanya main ke Alam. HIking, berenang di bawah air terjun, camping, liatin dan kasih makan hewan. Banyak deh! Gak diragukan lagi kalau namaku adalah Alam.