Kuliah S1 di Taiwan dengan Beasiswa Unggulan TaiwanICDF, Gratis Biaya Kuliah dan Tunjangan Hidup!

Sofia Nur Fauziah Mar 4, 2021 • 5 min read


Info_Beasiswa_-_Taiwan_ICDF-01

Ingin kuliah di Taiwan tanpa biaya? Simak informasi Beasiswa TaiwanICDF berikut ini, yuk.

---

Sebagai negara Asia yang serumpun dengan Tiongkok, Taiwan adalah salah satu tujuan pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Alasannya, tidak lain karena Taiwan memiliki jajaran perguruan tinggi terkemuka dan program studinya yang beragam. Kira-kira kamu salah satu orang yang tahun ini ingin kuliah di Taiwan juga nggak nih? Kalau iya berarti kamu beruntung, karena saat ini TaiwanICDF (International Cooperation and Development Fund) sedang membuka pendaftaran beasiswa untuk jenjang S1 sampai S3, lho

TaiwanICDF adalah organisasi besar di Taiwan yang bergerak untuk mendorong pembangunan sosial-ekonomi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan menjalin hubungan ekonomi dengan berbagai negara mitra. Nah, dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan, TaiwanICDF menyelenggarakan beasiswa untuk pelajar dari negara mitra.

taiwan scholarship

Taiwan ICDF Scholarship 2021 (Sumber : https://www.icdf.org)

Kabar baiknya, Indonesia adalah salah satu negara mitra dari TaiwanICDF. Jadi, kamu bisa banget untuk mendaftar beasiswa ini. Lalu, apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk mendaftar Beasiswa TaiwanICDF? Nah, langsung saja yuk cek informasi selengkapnya berikut ini.

Cakupan Beasiswa: 

  1. Tiket pesawat kelas ekonomi pulang-pergi.
  2. Tempat tinggal (asrama mahasiswa).
  3. Biaya kuliah.
  4. Biaya kredit mata kuliah yang disyaratkan oleh universitas.
  5. Asuransi kesehatan dan kecelakaan.
  6. Biaya buku.
  7. Tunjangan makan dan biaya hidup lainnya sebesar NT$12,000 (Rp6.047.280) setiap bulan.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Warga negara yang sudah terdaftar dalam Eligible Countries for TaiwanICDF Scholarship.
  2. Bukan Warga Negara ROC (Taiwan) atau seorang mahasiswa rekan senegaranya di luar negeri.
  3. Memenuhi persyaratan universitas yang diinginkan.
  4. Mampu memenuhi semua persyaratan Visa Tinggal (Kode : FS) ditetapkan oleh Biro Urusan Konsuler, Kementerian Luar Negeri, dan Alien Resident Certificate (ARC). TaiwanICDF berhak mencabut beasiswa yang ditawarkan jika peserta tidak dapat memenuhi persyaratan visa.
  5. Tidak menerima beasiswa lain yang disponsori oleh ROC (Taiwan) pada tahun akademik yang sama dengan Beasiswa TaiwanICDF.
  6. Tidak mendaftar Beasiswa TaiwanICDF lainnya.
  7. Tidak pernah ada beasiswa yang dicabut oleh ROC (Taiwan), instansi pemerintah atau instansi terkait, maupun universitas Taiwan manapun.

Berkas Dokumen yang Dibutuhka :

  1. Fotokopi paspor.
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai tingkat tertinggi.
  3. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Bisa dengan hasil tes TOEFL, nilai ujian kemahiran bahasa Inggris yang diakui, atau dokumen yang menyatakan bahwa peserta telah lulus dari program dimana semua kursus diajarkan dalam bahasa Inggris. Peserta yang tidak dapat memberikan bukti kemahiran bahasa Inggris karena keadaan khusus dapat dinilai oleh Kedutaan/Consulate General/Representative office ROC (Taiwan) melalui wawancara atau bentuk pengujian lainnya. Peserta yang bahasa nasionalnya adalah bahasa Inggris, dibebaskan dari keharusan untuk memberikan dokumen-dokumen ini.
  4. Dua surat rekomendasi.
  5. Dokumen lain yang diminta oleh Kedutaan besar ROC (Taiwan)/Consulate General/Representative office.

Beasiswa TaiwanICDF terbuka untuk pelajar dari wilayah Asia Pasifik, Asia Barat, Asia Tengah, Timur Tengah, Afrika, Karibia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Eropa. Beasiswa ini diharapkan dapat mencetak lulusan terbaik yang mengkombinasikan keahlian teknis dan teknologi untuk pembangunan di negaranya. 

kampus beasiswa taiwan icdf

Salah Satu Universitas Mitra TaiwanICDF: National Taiwan Normal University (Sumber : http://en.ntnu.edu.)

So, sudah siap ‘kan untuk mendaftar beasiswa ini? Nah, untuk persyaratan peserta beasiswa yang disebutkan di atas, hanya persyaratan umum dari Beasiswa TaiwanICDF ya. Setiap universitas bisa jadi memiliki persyaratan khususnya sendiri. Untuk itu, kamu bisa cek detail informasi mengenai universitas dan persyaratannya di Partner Universities for TaiwanICDF Scholarship 2021.

Pendaftaran Beasiswa TaiwanICDF akan ditutup pada 15 Maret 2021. Karena sudah dekat, yuk mulai mempersiapkan berkas dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini. Kamu bisa membaca informasi lengkap mengenai Beasiswa TaiwanICDF disini https://www.icdf.org.tw/ct.asp?xItem=12505&CtNode=30316&mp=2.

Informasi dan Kontak :

Youtube: TaiwanICDF

Instagram: @taiwanicdf

Facebook: TaiwanICDF

Blog: https://icdfblog.org/

Website: https://www.icdf.org.tw

Inquiry: https://www.icdf.org.tw/form.asp?fpage=cp&spec=form.forward&xItem=4500&ctNode=29970&mp=2

Oh iya, saat ini hampir semua beasiswa ke luar negeri mewajibkan pesertanya untuk mencantumkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Hal ini tentu diperlukan untuk proses screening agar pada saat dinyatakan lulus seleksi, peserta dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Eh, tapi pada kenyataannya masih banyak lho yang menganggap belajar bahasa Inggris itu sulit.

Padahal, kalau kamu punya motivasi yang kuat serta bisa menemukan teknik belajar yang tepat, belajar bahasa Inggris bisa jadi lebih mudah. Tapi kamu tenang saja, saat ini kesulitanmu dalam belajar bahasa Inggris bisa diatasi oleh tutor berpengalaman di English Academy.  Klik banner di bawah ini untuk mulai belajar!

New call-to-action

Profile

Sofia Nur Fauziah

Beri Komentar