Latihan Soal & Pembahasan UTBK 2022: Sejarah

Latihan Soal UTBK Sejarah

Sudah siap hadapi UTBK tahun 2022 nanti? Yuk, tingkatkan persiapanmu dengan latihan soal UTBK 2022 Sejarah beserta pembahasannya di bawah ini. Selamat mengerjakan!

--

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Perkembangan Pemikiran Modern

Subtopik : Peristiwa Penting Dunia

1. Perang Tujuh Tahun atau Seven Years War yang melibatkan Inggris dan Prancis pada tahun 1756-1763 berakhir setelah Inggris berhasil menguasai salah satu daerah yang diperebutkan, yaitu .... 

  1. Louisiana 
  2. North Carolina 
  3. Georgia 
  4. Massachusetts 
  5. Quebec 

 

Jawaban : E

Pembahasan :

Perang Tujuh Tahun (Seven Years War) antara Inggris dan Prancis disebabkan oleh persaingan antara kedua negara tersebut untuk memperebutkan wilayah koloni di benua Amerika. Prancis berusaha menduduki wilayah sebelah barat koloni Inggris dalam rangka menghubungkan antara Kanada dan Louisiana. Hal tersebut tentunya menyebabkan pertempuran di antara kedua negara tersebut. Pertempuran ini terjadi pada tahun 1756-1763 dan berakhir setelah Inggris berhasil menguasai wilayah Quebec dari Prancis. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa

Subtopik : Kolonialisme-Imperialisme di Indonesia

2. Pemerintah kolonial Belanda, mengumumkan pembuatan parlemen di Hindia Belanda melalui …. 

  1. Staatsblad No. 114 tahun 1916 
  2. Staatsblad No. 129 tahun 1917  
  3. Staatsblad No. 291 tahun1909  
  4. Indische Staatsregeling Pasal 131 
  5. Indische Staatsregeling Pasal 35 sampai Pasal 50 

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Pembentukan Volksraad pada awalnya hadir atas desakan kaum bumiputra yang menuntut adanya perwakilan dalam lembaga parlemen pada masa Pergerakan Nasional. Dewan ini dibentuk untuk urusan Bumiputra dan hak-haknya secara resmi dijamin oleh hukum Belanda. Pada awalnya Volksraad bernama “Dewan Kolonial”, namun diubah menjadi “Dewan Rakyat” atau Volksraad yang dikeluarkan melalui keputusan Indische Staatsregeling, wet op de Staatsinrichting van Nederlandsh-Indie (Indische Staatsrgeling) Pasal 53 sampai Pasal 80 bagian kedua tanggal 16 Desember 1916, serta diumumkan dalam Staatsblad No. 114 tahun 1916. 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Organisasi Dunia

Subtopik : Organisasi Regional dan Global

3. Berikut ini merupakan tokoh yang terlibat dan menandatangani Deklarasi Bangkok adalah …. 

  1. Adam Malik 
  2. Najib Razak 
  3. Rodrigo Duterte 
  4. Yingluck Shinawatra 
  5. Lee Kuan Yew 

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Deklarasi Bangkok merupakan suatu deklarasi yang ditandatangani oleh lima perwakilan negara-negara Asia Tenggara yang mempunyai kepentingan bersama dalam menjaga stabilitas politik regional dan pembangunan sosial ekonomi kawasan. Adapun tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut. 

  1. Adam Malik (Indonesia)
  2. Tun Abdul Razak (Malaysia)
  3. Narciso Ramos (Filipina)
  4. S. Rajaratnam (Singapura)
  5. Thanat Koman (Thailand)

Sedangkan Najib Razak merupakan seorang politikus Malaysia, anggota parlemen Dewan Rakyat dan pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia dari tahun 2009-2018, selanjutnya Rodrigo Duterte adalah presiden Filipina yang menjabat dari tahun 2006-sekarang. Yingluck Shinawatra adalah perdana menteri perempuan pertama di Thailand. Dia terpilih melalui pemilu pada tahun 2011 dan menjabat sebagai perdana menteri Thailand sampai tahun 2014, sedangkan Lee Kuan Yew adalah perdana menteri Singapura yang menjabat dari tahun 1959-1990 dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam perpolitikan Singapura. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Indonesia Masa Awal Kemerdekaan dan Revolusi Indonesia

Subtopik : Masa Awal Kemerdekaan

4. Berakhirnya Kabinet Amir Sjarifuddin II tidak lepas dari intervensi asing berupa … 

  1. ancaman dari Amerika tidak akan mendukung Indonesia jika menolak tawaran Belanda. 
  2. ancaman Australia akan mencabut deklarasi dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia. 
  3. ancaman Belgia akan menyerang Indonesia. 
  4. ancaman Jepang akan bersekutu dengan Amerika untuk menyerang Indonesia. 
  5. ancaman Inggris untuk melancarkan serangan kepada Indonesia. 

 

Jawaban : A

Pembahasan :

Selain dihadiri oleh perwakilan Indonesia dan Belanda, Perjanjian Renville juga diikuti oleh tiga negara (Amerika, Australia, Belgia) yang tergabung dalam Komisi Tiga Negara (KTN). Ketiga negara tersebut berperan sebagai perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertugas menjadi mediator dalam perundingan antara Indonesia-Belanda. Dalam jalannya perundingan, pihak Belanda berusaha agar garis pertahanan yang telah berhasil direbut pada Agresi Militer I dipertahankan. Sedangkan, RI meminta agar tentara Belanda menarik diri ke kedudukan semula sesuai Perundingan Linggarjati. Kemudian, Belanda mengusulkan untuk membentuk Republik Indonesia Serikat dengan ketentuan bahwa RI adalah salah satu negara bagian di dalamnya, bersamaan dengan Negara Sumatra, Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan dan lain-lain. Padahal, salah satu isi perundingan Linggarjati adalah bahwa RIS adalah pemerintahan sementara (interim goverment) yang dibawahi oleh RI dan Belanda. Saat perundingan berjalan, Belanda seakan mengancam secara halus apabila konsesi-konsesi yang ditawarkan tidak diindahkan, maka senjata yang selanjutnya bicara. Amerika Serikat pun mengancam tidak akan mendukung Indonesia apabila menolak penawaran Belanda. Amir sebagai ketua delegasi saat itu berada dalam posisi terjepit, antara melawan Belanda dan Sekutunya atau mengikuti mereka. Pada akhirnya pada 17-19 Januari 1948, Perundingan Renville selesai dan kesepakatan disetujui. Dampaknya adalah wilayah Indonesia semakin sempit, hanya terdiri dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Sumatra. Akibat dari Perjanjian Renville ini, Amir Sjarifuddin kehilangan dukungan di parlemen yang membuat kabinet pemerintahannya melemah dan pada akhirnya ia membubarkan kabinet pada 23 Januari 1948.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Topik : Indonesia Masa Orde Baru dan Reformasi

Subtopik : Masa Reformasi

5. Salah satu tuntutan dalam Gerakan Reformasi 1998 adalah mendesak pemerintah agar melakukan penguatan terhadap konstitusi negara. Hal ini kemudian diwujudkan dengan …. 

  1. pencabutan kebijakan dwifungsi ABRI 
  2. mengadili Suharto beserta kroni-kroninya 
  3. pendirian Komisi Pemberantasan Korupsi 
  4. pembatasan masa jabatan presiden 
  5. pemberlakuan kembali Undang-Undang Dasar 1945 

Jawaban : D

Pembahasan :

Gerakan Reformasi 1998 merupakan gerakan pro-demokrasi yang terjadi pada akhir abad ke-20. Gerakan Reformasi terjadi atas tuntutan masyarakat kepada pemerintah Orde Baru. Salah satu tuntutan yang disuarakan adalah desakan untuk mengadili Presiden Suharto dan kroni-kroninya, cabut dwifungsi ABRI, pelaksanaan otonomi daerah, penegakan supremasi hukum, dan penguatan terhadap konstitusi negara. Pasca Reformasi 1998 terjadi, pemerintah didesak untuk mewujudkan beberapa tuntutan tersebut, salah satunya penguatan terhadap konstitusi negara. Penguatan konstitusi negara dilakukan dengan menyelenggarakan amandemen terhadap Undang-Undang Dasar 1945. Terdapat beberapa pasal dalam UUD 1945 yang kemudian diamandemen, di antaranya adalah pasal tentang kekuasaan presiden (termasuk pembatasan masa jabatan presiden), struktur ketatanegaraan, desentralisasi, jaminan konstitusional hak asasi manusia, sistem pemilihan umum, dan lain sebagainya. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Dec-28-2021-02-06-03-31-AM

Nah, itulah beberapa kumpulan latihan soal UTBK Sejarah yang bisa kamu jadikan bahan belajarmu untuk persiapan SBMPTN 2022 mendatang. Gampang 'kan? Nggak ada sulit kalau kamu rajin latihan. Yuk, berlatih lebih banyak soal lagi dengan ikut tryout UTBK di ruangujiPsst, soal-soal dan sistem penilaiannya sama seperti UTBK aslinya, lho! Yakin nggak mau cobain?

Kamu juga bisa ikutan TO Akbar UTBK dalam rangkaian acara Liga Ruangguru. Ada hadiah puluhan juta rupiah dan Grand Prize Tur jalan-jalan di kampus top dunia di Amerika Serikat! Yuk, ikutan!

tryout ruanguji

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru