Macam-Macam Gerak pada Hewan dan Tumbuhan | Biologi Kelas 8

Gerak pada Hewan dan Tumbuhan

Tahu nggak sih, gerak pada hewan dan tumbuhan itu ada beberapa macam, lho! Yuk, kita belajar tentang gerak pada hewan dan tumbuhan bersama-sama!

--

Tahukah kamu, bahwa semua makhluk hidup itu bergerak? Bahkan tumbuhan yang kelihatannya diam saja, ternyata bergerak, lho! Nah, pada artikel ini, kita bahas bersama yuk mengenai gerak pada hewan dan tumbuhan. Ayo mulai!

Secara ilmiah, gerak pada makhluk hidup adalah suatu bentuk reaksi makhluk hidup terhadap rangsangan. Hewan mempunyai alat gerak aktif seperti kaki, sayap, atau sirip, sehingga gerakan yang terjadi disebut dengan gerak aktif. Sementara tumbuhan yang tidak mempunyai alat gerak aktif, geraknya disebut dengan gerak pasif.

Oke kita bahas gerak pada hewan dulu, ya!

Gerak pada Hewan

Temen-temen pernah kepo nggak sih, kenapa ya hewan itu harus bergerak? Nah, hewan bergerak itu ada tujuannya ya, teman-teman. Pertama, untuk mencari makan, misalnya kupu-kupu yang terbang hinggap di bunga untuk mengambil nektar. Kedua, untuk melindungi diri, misalnya kucing yang lari saat dikejar anjing. Selain itu, bisa juga untuk melakukan reproduksi dan berkembang biak.

Jadi, kalau kita tinjau dari habitatnya nih, hewan itu kan ada yang hidup di darat, air, dan udara. Nah, perbedaan habitat ini juga menyebabkan cara gerak hewan berbeda-beda, lho! Kalau di darat, gerak hewan yang paling umum kita lihat misalnya seperti berjalan dan juga berlari. Kalau di air, hewan bisa melakukan gerakan seperti berenang. Sedangkan di udara, hewan bisa melakukan gerakan terbang.

 

Burung Terbang (Sumber: giphy.com)

Nah, terus nih, ada hewan yang bisa melakukan satu pergerakan aja contohnya ikan yang hanya bisa berenang. Tapi ada juga hewan yang bisa melakukan lebih dari satu gerakan ya, contohnya pinguin yang bisa berjalan dan juga berenang. Wah, keren ya!

Baca juga: Kram Anthony Ginting, Satu dari Beberapa Macam Gangguan Sistem Gerak

Tapi ngomong-ngomong, kenapa ya hewan itu bisa bergerak?

Jadi, hewan itu bisa bergerak karena adanya rangka dan otot. Ketika keduanya saling berkoordinasi, maka akan timbul gaya otot.

Gaya Otor Penyebab Gerak pada Hewan

Gaya otot yang timbul inilah yang menyebabkan hewan jadi bisa bergerak. Begitu ya, teman-teman!

 

Gajah yang Sedang Berjalan (Sumber: giphy.com)

Oke, sekarang kita lanjut bahas gerak pada tumbuhan, yuk!

Gerak pada Tumbuhan

Gerak pada tumbuhan berbeda ya, sama gerak pada hewan. Kalau pada hewan, pergerakannya bisa diatur dan pergerakan itu bisa menyebabkan perpindahan posisi dari satu titik ke titik lainnya. Tapi, kalau tumbuhan nggak seperti itu, teman-teman. Bagi tumbuhan, bergerak itu merupakan bentuk respon dalam menanggapi rangsangan atau disebut juga sebagai iritabilitas.

Jadi, secara umum, gerak pada tumbuhan itu dibagi menjadi tiga jenis gerak, yaitu gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom. Yuk, kita bahas satu-satu!

Gerak Endonom

Pertama yaitu gerak endonom. Endonom berasal dari kata endo yang artinya dalam. Jadi gerak endonom adalah gerak pada tumbuhan akibat rangsangan yang berasal dari dalam tubuh tumbuhannya, misalnya pH dan hormon.

Gerak Higroskopis

Kedua yaitu gerak higroskopis. Higroskopis berasal dari kata higro, artinya kelembapan yang terkait sama kadar air. Jadi, gerak higrospkopis adalah gerak pada tumbuhan yang rangsangannya dipengaruhi oleh perubahan kadar air di tubuh tumbuhan. Misalnya, terbukanya buah cemara.

 

Buah Cemara yang Mengering Akan Terbuka (Sumber: giphy.com)

Gerak Esionom

Ketiga yaitu gerak esionom. Gerak esionom adalah gerakan pada tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan dari lingkungan luar. Contohnya seperti cahaya, sentuhan, gravitasi, air, suhu dan juga zat kimia. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak esionom dibagi lagi menjadi tiga macam, yaitu tropisme, taksis, dan nasti.

Tropisme

Tropisme adalah gerak tumbuhnya tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Ingat ya, kata kuncinya adalah tumbuh. Gerak tropisme ini dibagi lagi menjadi kemotropisme, fototropisme, tigmotropisme, hidrotropisme, dan geotropisme.

Positive Phototropism | Demonstration on Make a GIF

Contoh Fototropisme, Tumbuhan Mendekati Sumber Cahaya (Sumber: makeagif.com)

Taksis

Taksis adalah gerak berpindah tempat dari bagian tertentu tumbuhan, yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Pada gerak ini, kata kuncinya  adalah berpindah tempat. Misalnya, kemotaksis dan fototaksis.

Nasti

Nasti adalah gerak tumbuhan karena perubahan tekanan turgor, yaitu tekanan yang mendorong membran sel terhadap dinding sel. Nah, perubahan tekanan ini yang bisa menyebabkan tumbuhan bergerak. Gerakan ini adalah respon dari rangsangan, tapi gerakannya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Misalnya, fotonasti, seismonasti, niktinasti, dan nasti kompleks. Contohnya yaitu menutupnya daun putri malu waktu disentuh.

 

Daun Putri Malu Akan Menutup Jika Disentuh (Sumber: giphy.com)

Itu tadi artikel yang membahas tentang gerak pada hewan dan tumbuhan yang harus kita ketahui. Sekarang, kalian sudah tahu kan, macam-macam gerak pada hewan dan tumbuhan. Kalau kamu masih bingung dalam memahami pelajaran IPA, nggak perlu khawatir! Kamu bisa belajar dengan tutor-tutor berpengalaman melalui video belajar beranimasi di ruangbelajar!

New Call-to-action

Referensi: 

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTS Edisi Revisi 2017. Jakarta: Balitbang Kemendikbud

Sumber Gambar:

GIF ‘Burung Terbang’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/bird-angel-flying-iqCapWY2TGzLO/links (Diakses: 4 Agustus 2021)

GIF ‘Gajah yang Sedang Berjalan’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/savagekingdom-nat-geo-wild-3o6wrq8OjUpxvtzW6c/links (Diakses: 4 Agustus 2021)

GIF ‘Buah Cemara yang Mengering Akan Terbuka’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/life-cone-pine-tNzl1Ip1Lg9dC (Diakses: 4 Agustus 2021)

GIF ‘Contoh Fototropisme, Tumbuhan Mendekati Sumber Cahaya’ [Daring]. Tautan: https://i.makeagif.com/media/10-22-2019/z-Msd7.gif (Diakses: 4 Agustus 2021)

GIF ‘Daun Putri Malu Akan Menutup Jika Disentuh’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/shy-mimosa-pudica-tpZVrxlEzcp8s (Diakses: 4 Agustus 2021)

Artikel ini pertama kali dibuat oleh Seno Aji dan diperbarui oleh Kenya Swawikanti pada 4 Agustus 2021.

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!

Beri Komentar