Manfaat Melestarikan Keragaman Budaya & Cara Mempertahankannya | IPS Terpadu Kelas 4

Melestarikan Keragaman Budaya

Keberagaman budaya Indonesia harus dilestarikan, agar dapat diturunkan ke generasi selanjutnya! Yuk, ikut Dafa dan Lulu membahas bagaimana caranya melestarikan keragaman budaya di pelajaran IPS Terpadu kelas 4!

SD Nusantara mengadakan pentas seni yang menampilkan keragaman budaya dari seluruh Indonesia. Dafa, Lulu, dan teman-teman lainnya menonton pementasan itu di halaman sekolah. Semua anak bersorak ria dan bertepuk tangan begitu penampilan terakhir ditutup.

“Keren banget, Daf! Kayaknya, pentas seni kayak gini harus sering diadakan, deh. Menurutmu gimana?” tanya Lulu begitu pementasan selesai.

“Setuju, Lu. Ternyata, tarian tradisional dan lagu daerah itu banyak banget, ya!” ucap Dafa dengan bangga.

“Iya. Karena setiap provinsi punya kebudayaan masing-masing, jadi budayanya beragam deh!” ujar Lulu.

“Tapi, gimana ya, agar generasi selanjutnya masih bisa mengenal ragam kebudayaan ini? Mengingat sekarang, cukup banyak budaya asing yang masuk,” tanya Dafa.

“Caranya, kita harus ikut melestarikan budaya Indonesia!” lanjut Lulu.

Baca Juga: Ini Penyebab Keberagaman Budaya di Indonesia

“Hmm, memang, apa saja manfaatnya kalau kita melestarikan budaya?” Dafa menatap Lulu serius.

“Ada dua manfaat yang didapatkan saat kita melestarikan budaya kita sendiri, yaitu manfaat terhadap kita sebagai warga negara Indonesia, dan manfaat terhadap Indonesia sebagai negara kesatuan,” jelas Lulu.

Manfaat Melestarikan Keragaman Budaya

“Manfaatnya banyak banget, ya! Tapi, selain tahu manfaatnya, kita juga harus tahu  bagaimana cara melestarikannya,” sambung Dafa.

“Kamu tahu gak, Lu?” tanya Dafa.

“Tahu, dong! Nih ya, kamu bisa mengajarkan budaya yang kamu tahu pada orang lain, misalnya aku dari Bali, aku tahu tari Bali. Aku bisa mengajarkan tari Bali ke teman-temanku yang berasal dari budaya lain. Atau, kamu juga bisa mengikuti festival kebudayaan lho! Dengan mengikuti festival kebudayaan, kamu bisa mempelajari budaya lain di Indonesia,” tutur Lulu.

Cara Melestarikan Keragaman Budaya

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Keberagaman Budaya di Indonesia

Nah, kita kan sudah tahu bahwa Indonesia memiliki banyak budaya yang harus kita lestarikan. Maka dari itu, sebagai masyarakat Indonesia, kita harus memiliki sikap yang sesuai dengan kondisi keberagaman budaya di Indonesia. Misalnya, walaupun kita memiliki kebudayaan yang berbeda dengan teman, kita tetap saling menghormati dan tidak memandang rendah budaya lain.” ujar Dafa.

“Aku kasih tau ya, gimana caranya bersikap dalam menghadapi keberagaman budaya,” lanjut Dafa.

Sikap Melestarikan Keragaman Budaya

“Oh, gitu! Dengan bersikap kaya gini, apa kita bisa jadikan keberagaman budaya sebagai alat pemersatu bangsa?” tanya Lulu.

“Tentu saja, Lu! Nah sekarang, kita harus ajak teman-teman yang lain nih, Lu! Biar mereka tahu manfaat dan cara melestarikan budaya, serta bagaimana sikap kita dalam menghadapi keberagaman. Tulis di kolom komentar ya! Bagaimana cara kamu melestarikan suatu Budaya!” ajak Dafa.

Mau tahu cerita lainnya? Saksikan kisah Dafa, Lulu, dan teman-teman lainnya di aplikasi ruangguru! Ayo download dan berlangganan fitur Belajar Bersama Dafa & Lulu untuk menemani hari-hari belajarmu sekarang, yuk!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi Oleh: Panjie Brahmantio

Disunting Oleh: Salita Romarin

 

Nada Amelia