10 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Mental

Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Mental

Tahukah kamu, ternyata memelihara kucing baik bagi kesehatan mental, lho. Tidak hanya lucu, kucing juga bisa mengahalau stres dan mengurangi kesepian. Yuk, simak pembahasannya.

--

Kamu tau nggak, ada banyak manfaat memelihara kucing yang bisa kamu rasakan seperti mampu mengurangi stress pada diri dan juga mengurangi risiko gangguan mental, lho! Yup, kucing! Ternyata memelihara kucing menghindarkan kita dari stres pikiran, tegang otot dan masalah kecemasan lainnya. Yuk, kita cari tahu info lengkapnya!

Wait, sebelum masuk ke info manfaatnya, kita bahas dulu sejarah hubungan manusia dengan kucing, yuk!

Sejak 6.000 tahun SM, kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia. Pada zaman dahulu, orang Mesir Kuno menggunakan kucing untuk menjauhkan hewan pengerat seperti tikus untuk menjaga lumbung penyimpan hasil panen. Kucing sebagai mamalia crepuscular hampir tidak memakan kandungan tumbuhan karena ia mampu berburu dan membunuh hewan, seperti kelinci, burung, katak, kadal, ikan, dan serangga.

Untuk mendapatkan makanannya, kucing sebagai seekor predator berketerampilan yang diketahui mampu memburu lebih dari 1.000 spesies hewan! Keren banget ya?

Apakah kamu punya kucing di rumah? Ternyata, kucing kesayanganmu di rumah punya banyak manfaat bagi kesehatan mental kamu, lho. 

 

1. Dengkuran kucing menghalau stres dan memperkuat imunitas manusia

Karena sejak dahulu mereka berbaur dengan manusia, tak jarang mereka menjadi bagian dari keseharian manusia. Jika dulu mereka dipelihara untuk menghalau tikus dari lumbung padi, kini memelihara kucing menjadi sebuah gaya hidup. Kamu yang merupakan pecinta kucing pasti tidak asing dengan dengkuran kucing. Dengkuran kucing berada dalam frekuensi yang konstan, yakni 25 dan 150 hertz. Suara dengkuran tersebut dipercaya dapat membantu menghilangkan stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia, lho!

 

2. Meringankan gejala cemas dan kesepian selama pandemi

Selama pandemi, kita seringkali menghabiskan waktu di dalam rumah. Sehingga seringkali merasa kesepian karena jauh dari keluarga maupun teman-teman tersayang. Maka dari itu, para ahli menyarankan agar memelihara kucing karena dapat membantu mengatasi kesepian dan perasaan terisolasi selama pandemi COVID-19. Penelitian yang dilakukan oleh Department of Business Management, Saurashtra University India menyebutkan apabila memelihara hewan peliharaan dapat memberikan dukungan mental dan menurunkan tingkat stres. 

 

3. Meningkatkan Dopamin dan kesehatan mental

Teman Belajar masih ingat mengenai fungsi Hormon Dopamin yang diproduksi oleh otak? Yup, betul! Dopamin si pengatur rasa senang bisa didapatkan ketika Teman Belajar berinteraksi dengan kucing. Jadi betul adanya jika merawat kucing dapat menjadi suatu rutinitas yang baik untuk kesehatan terutama kesehatan mental. Eh tapi sebelum Teman Belajar memutuskan untuk merawat kucing, Teman Belajar harus tau nih seluk beluk mengenai hewan satu ini.

Baca Juga: Mengenal Dopamin, Hormon yang Bikin Kamu Senang!

 

4. Mengurangi risiko serangan jantung

Tahukah kamu, kalau ternyata pemilik kucing memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah sebanyak 30% dibandingkan mereka yang tidak memiliki kucing. Pemilik kucing juga memiliki detak jantung yang lebih rendah, tingkat stres kecil dan tekanan darah yang lebih rendah. Manfaat memelihara hewan peliharaan ini sebetulnya tidak hanya untuk pecinta kucing, tetapi juga hewan peliharaan lainnya.

Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan MentalManfaat memelihara kucing (Sumber: unsplash.com)

 

5. Memberikan ketenangan

Siapa di antara kamu yang saat pulang kerja atau setelah bepergian langsung mencari kucing kesayangan? Nah, ini merupakan salah satu contoh manfaat yang bisa diberikan oleh kucing yaitu memberikan ketenangan dan dukungan emosional kepada pemiliknya.

Saat sedang mengalami mood swing atau badmood, tanpa disadari pemilik kucing akan mencari hewan kesayangannya ini agar bisa merasa lebih nyaman. Bahkan, hanya dengan melihat kucing tidur, kita sudah bisa merasa nyaman dan tenang, lho. Kucing juga selalu menunjukkan kesetiaan dan seperti mengerti dengan apa yang sedang kita rasakan.

 

6. Menghilangkan rasa kesepian

Buat kamu yang masih tinggal sendiri, memelihara kucing bisa jadi obat untuk mengobati rasa kesepian. Kamu bisa bermain bersama atau bercerita apapun kepada kucing. Selain itu, ada makhluk hidup lain yang harus kamu urus juga membuat hari-hari kamu lebih berwarna. Kamu harus bangun pagi untuk memberinya makan, memandikan, dan sebagainya.

 

7. Memelihara kucing bisa menjadi terapi untuk anak autisme

Anak-anak dengan autisme umumnya mengalami masalah pada sensorik. Salah satu kegiatan yang bisa membantu integrasi sensorik mereka adalah dengan berkontak langsung dengan hewan, seperti anjing atau kucing. Terbukti, sebagian besar anak autisme lebih merasa tenang saat berkontak langsung dengan hewan peliharaannya.

Sebuah penelitian dari University of Missouri, seperti yang dikutip dari kompas.com, juga menyebutkan bawah interaksi sosial anak autisme membaik saat dikelilingi hewan peliharaan. Anak dengan autisme memiliki rasa percaya diri yang lebih baik apabila hidup bersama hewan peliharaan.

 

8. Menghindari alergi, infeksi, atau gangguan pernapasan pada anak

Percaya nggak kalau ternyata anak-anak yang dari kecil sudah berkontak langsung dengan kucing atau anjing memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi terhadap sejumlah penyakit seperti infeksi, alergi, dan gangguan pernapasan. Anak-anak yang sudah bersentuhan dengan kucing sejak usia awalnya, memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengembangkan alergi dan juga gangguan pernapasan.

 

9. Menumbuhkan rasa empati

Memelihara kucing bisa menumbuhkan rasa empati kamu menjadi lebih tinggi, lho. Saat memelihara kucing, kamu akan mencoba untuk mengerti apa yang dirasakan oleh hewan tersebut. Dari situlah rasa empati kamu mulah bertambah, termasuk kepada sesama.

 

10. Menonton video kucing juga punya manfaat, lho!

Suka senyum-senyum atau ketawa-ketawa sendiri saat menemukan video kucing di media sosial kamu? Ternyata, menonton video kucing juga bisa meningkatkan emosi dan energi positif, serta menurunkan energi negatif. Melihat kelucuan mereka di video bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental banyak orang.

--

Itulah tadi beragam manfaat memelihara kucing atau hewan peliharaan lainnya. Untuk bisa merawat, kamu harus mempelajari seluruh aspeknya dulu mengenai ciptaan Tuhan satu ini. Mulai dari jenis kucing, ciri fisiknya, kebiasaan-kebiasaannya, jenis makanannya hingga ciri biologis lainnya yang dimiliki oleh kucing. Nah, Ruangguru Privat menyediakan guru les privat Biologi terbaik untuk membantu kamu dalam memahami morfologi kucing!

Harganya terjangkau, guru-gurunya merupakan lulusan universitas ternama, jadwal fleksibel, moda belajar bisa disesuaikan dan tentunya buanyaaaaak sekaliiiii promo-promo yang ditawarkan. Oh my god! pokoknya Ruangguru Privat bisa banget jadi andalan Teman Belajar deh!

Belajar Biologi, bisa semenyenangkan itu sekarang! Yuk, pesan Ruangguru Privat sekarang juga.

New call-to-action

Referensi:

Manfaat memelihara kucing [daring]. Tautan: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-purwakarta/baca-artikel/15627/Manfaat-Memelihara-Kucing-dari-Self-Healing-Hingga-Kesehatan.html (Diakses: 12 Januari 2023)

Manfaat memelihara kucing [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/25/080000365/7-manfaat-memelihara-kucing-menurut-studi-ilmiah?page=all (Diakses: 12 Januari 2023)

Profile

Huda Ar Razaq