Mengenal Dopamin, Hormon yang Bikin Bahagia & Cara Meningkatkannya

Mengenal Dopamin

Kenapa sih seseorang bisa merasa senang? Itu karena ada hormon dopamin, lho. Apa itu dopamin? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pernah ngga sih, kamu merasa senang setelah mendengarkan musik atau makan makanan favorit? Kira-kira, bagaimana ya perasaan senang ini bisa terbentuk? Itu dikarenakan hormon dopamin, lho.  Nah, kamu pasti penasaran kan? Yuk kita simak bareng-bareng dalam penjelasan di bawah ini!

 

Rasa senang merupakan sebuah konsep kimia

Kamu tau nggak sih, rasa senang merupakan sebuah konsep kimia. Hah? Gimana tuh maksudnya? Jadi, perasaan-perasaan yang muncul dari dalam tubuh kita, termasuk perasaan senang tersebut merupakan sebuah konsep kimia yaitu proses bereaksinya senyawa-senyawa di dalam tubuh kita, yang biasa disebut dengan hormon.

 

Hormon adalah senyawa kimia di dalam tubuh

Hormon adalah senyawa kimia di dalam tubuh yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh. Mereka melakukan perjalanan melalui aliran darah, serta bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan dalam banyak proses tubuh. Salah satu fungsi penting dari hormon adalah mengatur suasana hati. Beberapa jenis hormon tertentu di dalam tubuh telah dikenal membantu meningkatkan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan. 

Baca juga: Macam-Macam Kelenjar Endokrin dan Hormon yang Dihasilkan

 

Pengertian dopamin

Dopamin adalah hormon penyebab rasa senang dan bahagia. Dari beberapa jenis hormon yang ada di dalam tubuh, dopamin adalah hormon yang berperan penting dalam mempengaruhi perasaan senang dan bahagia. Karena Dopamin adalah sebuah neurotransmiter, ia berperan penting dalam menyampaikan seluruh rangsangan ke seluruh tubuh. Dopamin mempengaruhi beberapa aspek dalam keseharian kita seperti konsentrasi, memori, gerakan dan emosi.

 

Musik dan makanan dapat meningkatkan Dopamin di dalam otak

Dopamin merupakan senyawa kimia yang diproduksi oleh otak. Senyawa ini, meningkat seiring dengan aktivitas yang kita lakukan seperti makan makanan favorit kita dan mendengarkan musik. Nah, itu mengapa ketika kita mendengarkan musik yang kita sukai perasaan kita yang berantakan bisa terobati disusul dengan badan yang bergoyang mengikuti irama musik dan emosi yang lebih baik.

 

Dopamin berkaitan erat dengan mental health, loh!

Suasana hati yang baik dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari kita loh. Kita menjadi lebih produktif, proses sosialisasi kita di lingkungan membaik dan juga mampu menghadapi lebih banyak tantangan ke depannya. Namun sebaliknya, jika kita kekurangan dopamin di dalam tubuh, akan menyebabkan kita menjadi murung, lesu hingga depresi berkepanjangan. Duh, serem ya! Maka, dopamin ini bisa dibilang mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan mental kita.

Baca Juga: Duck Syndrome, Terlihat Bahagia tapi Sebenarnya Tertekan

 

Bagaimana cara menjaga kadar Dopamin dalam tubuh kita?

Apa yang menyebabkan dopamin meningkat? Karena dopamin adalah senyawa yang diproduksi oleh otak, maka ia dapat dibentuk oleh kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang tepat untuk menjaga kadar Dopamin dalam tubuh:

  1. Mendengarkan musik

  2. Meditasi

  3. Berjemur di pagi hari

  4. Olahraga secara teratur

  5. Perbanyak makan makanan sehat dan berprotein tinggi

  6. Mengatur pola istirahat

Kelebihan Dopamin berakibat buruk bagi kesehatan

Meski Dopamin berperan penting dalam isu mental health, namun jumlah Dopamin dalam tubuh yang berlebihan juga tidak baik loh, teman belajar! Lebihnya jumlah senyawa Dopamin di dalam tubuh membuat kita menjadi mudah gelisah, hiperaktif, insomnia bahkan sampai adanya gangguan mental seperti Bipolar dan Skizofrenia. Memang lebih baik apabila kadar Dopamin seimbang ya teman belajar! Hehe.

Baca Juga: Memahami Konsep Ikigai, Biar Bahagia Menjalani Hidup

 

Belajar proses kimia di dalam tubuh dengan ahlinya

Gimana, sudah paham kan tentang hormon dopamin dan apa yang menyebabkan dopamin meningkat? Jadi, keseimbangan itu penting ya. Walaupun dopamin adalah hormon yang bikin kamu bahagia, kalau kadarnya berlebih juga tidak baik.

Agar kita mengetahui bagaimana menjaga senyawa yang ada di dalam tubuh, kita juga harus belajar senyawa lain yang berperan juga di dalam tubuh kita. Ruangguru Privat adalah solusi yang tepat untuk membantu kamu dalam mencari guru les privat kimia terbaik loh teman belajar. Kenapa solusi? Karena Ruangguru Privat menyediakan guru les kimia yang berkualitas, berasal dari lulusan universitas ternama, fleksibel dengan materi yang ingin kamu pelajari dan paling penting adalah harganya yang supeeeeeer terjangkau! Duh, kapan lagi sih bisa belajar kimia dengan cara yang mudah, terjangkau dan menyenangkan? Yuk, pesan Ruangguru Privat sekarang juga

IDN CTA Blog ruangguru privat

Huda Ar Razaq