Memahami Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia Kelas 5

Teks Deskripsi

Siang itu, Bu Nana menjelaskan kepada Dafa tentang teks deskripsi. Apa sih teks deskripsi itu? Cari tau jawabannya di artikel ini Bahasa Indonesia kelas 5, yuk!

--

Waktu pulang sekolah sudah tiba. Para murid SD Nusantara terlihat meninggalkan sekolah. Tapi, tidak dengan Dafa. Ia malah menghampiri Bu Nana di depan ruangan kelas dengan wajah bingung.

Eh? Dafa kenapa? Ada yang bisa ibu bantu?” tanya Bu Nana khawatir.

Eee… ini Bu Nana, saya mau memaparkan cerita tentang teman-teman lewat tulisan, tapi saya bingung nulisnya harus gimana,” kata Dafa.

Oh, kalau kamu mau memaparkan sesuatu lewat tulisan, kamu bisa membuat teks deskripsi, Dafa!”

Hmm… teks deskripsi itu apa, Bu Nana?”

Teks deskripsi adalah teks yang berisi pemaparan atau penggambaran secara jelas mengenai suatu hal. Hal ini bisa berupa benda maupun makhluk hidup.”

“Jadi kita bisa mendeskripsikan sebuah ruangan, hewan peliharaan, atau teman ya, Bu Nana?” tanya Dafa menyimpulkan.

Baca Juga: Yuk, Belajar Teks Deskripsi mulai dari Pengertian, Ciri & Strukturnya

“Betul! Tapi, ingat ya. Saat mendeskripsikan sesuatu, kita butuh informasi yang jelas dan rinci mengenai apa saja yang akan dituangkan ke dalam teks. Nah, supaya kamu makin paham, coba lihat contoh teks deskripsi ini!” ujar Bu Nana sambil menunjukkan bukunya kepada Dafa.

Definisi Teks Deskripsi

 

“Baik, Bu Nana! Saya mulai paham tentang teks deskripsi. Saya mau langsung tulis teks deskripsinya kalau gitu!

“Sebentar, Dafa! Masih ada yang harus kamu tau nih dari teks deskripsi. Berdasarkan contoh di atas, teks deskripsi punya ciri-ciri, loh! Ciri pertama, teks deskripsi harus menggambarkan atau memaparkan sesuatu. Misalnya pada contoh teks deskripsi di atas. Teksnya menggambarkan tentang tokoh Zafna dan Zalfa mulai dari rupanya, ciri-ciri fisiknya, dan sifatnya.”

Dafa menyimak sejenak, lalu kembali bertanya. “Masih ada ciri-ciri lainnya nggak, Bu?”

“Masih ada, Dafa. Ciri kedua, penggambaran dilakukan dengan jelas dan melibatkan pancaindra. Dalam teks deskripsi, suatu hal yang digambarkan biasanya berkaitan dengan pancaindra.”

“Saya tau, Bu Nana! Seperti contoh di atas, kita seolah-olah dapat melihat ciri fisik Zafna dan Zalfa, yaitu memiliki hidung mancung dan dagu yang lancip. Jadi, pancaindra yang dilibatkan adalah indra penglihatan.”

“Betul! Kita lanjutkan ke ciri yang ketiga ya, yaitu membuat pembaca ikut merasakan sendiri atau mengalaminya.”

“Misalnya, ketika mendeskripsikan sebuah makanan ya, Bu?” cetus Dafa,  “Kita harus bisa menggambarkan rasa makanannya, sehingga pembaca bisa seolah-olah ikut merasakannya.”

“Tepat, Dafa! Nah, masih ada ciri yang terakhir.Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan secara jelas dan rinci. Pada teks di atas, sifat kedua tokoh diuraikan secara gamblang. Zafna digambarkan sebagai tokoh yang pendiam. Sedangkan, Zalfa tokoh yang periang. Ingat ya, Dafa! Kita harus memaparkan hal yang ingin kita deskripsikan dengan jelas dan rinci,” pungkas Bu Nana. 

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Baca Juga: 5 Contoh Teks Deskripsi Singkat beserta Strukturnya

“Terima kasih, Bu Nana! Saya sudah mengerti. Kalau begitu, sekarang saya mau langsung menulis teks deskripsi tentang teman-teman!” ucap Dafa bersemangat. 

Dafa bergegas pulang setelah pamit. Bu Nana hanya tersenyum melihat Dafa yang sangat antusias hari itu.

Gimana, teman-teman? Apakah kalian juga sama seperti Dafa yang baru tahu tentang teks deskripsi? Semoga setelah ini kalian semakin paham, ya! Jangan lupa download aplikasi Ruangguru dan berlangganan ruangbelajar sekarang untuk memahami materi lainnya! Selamat belajar!

New call-to-action

Materi oleh: Afny Irfani

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Profile

Hani Maulia