12 Contoh Teks Deskripsi Singkat beserta Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 7

Contoh Teks Deskripsi

Mau tahu contoh-contoh teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari? Artikel Bahasa Indonesia kelas 7 ini bisa kamu jadikan referensi untuk membuatnya, lho! Yuk, simak!

Indahnya Pantai Kuta di Bali. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Di sepanjang pantai, terdapat pohon kelapa yang menjuntai tinggi, memberikan kesan tropis. Sungguh, lukisan alam yang sangat mempesona.

 

Saat membaca teks di atas, apakah kamu otomatis membayangkan panorama Pantai Kuta di benakmu? Hehehehe

Jadi, guys, teks di atas itu merupakan contoh teks deskripsi, ya. Karena penjelasannya yang mendeskripsikan suatu objek secara rinci, sehingga kita yang membacanya pun bisa ikut membayangkan, apa yang penulis coba jelaskan.

Di pelajaran Bahasa Indonesia, teks deskripsi banyak digunakan untuk membuat cerita, mulai dari cerpen, dongeng, novel, ataupun teks review. Jadi, penting banget nih buat kamu untuk memahami apa itu teks deskripsi.

Nah, kalau kamu mau baca-baca dulu mengenai topik teks deskripsi secara lengkap, kamu bisa kunjungi artikel “Pengertian Teks Deskripsi, Ciri, Struktur, Jenis & Kebahasaannya“, ya. Kalau di artikel kali ini, kakak akan kasih rekomendasi contoh teks deskripsi singkat dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, langsung saja kita simak!

 

Pengertian Teks Deskripsi

Sebelum melihat beberapa contoh teks deskripsi, kita ingat-ingat dulu yuk pengertiannya. Teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulisnya.

Teks ini biasanya berisi kalimat yang memaparkan sebuah objek (benda atau makhluk hidup), agar pembaca mendapat kesan seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek tersebut. Untuk itu, penulis harus menggunakan diksi dan bahasa yang baik agar bisa mendeskripsikan objek secara rinci.

ciri-ciri teks deskripsi

 

Struktur Teks Deskripsi

Selanjutnya, agar teks deskripsi yang kita buat bagus, kita harus paham juga mengenai struktur teks deskripsi. Ada 4 struktur teks deskripsi, yaitu judul, gambaran umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan. Berikut penjelasan lengkapnya, ya:

1. Judul

Judul adalah hal yang menggambarkan isi teks. Misalnya, kalau judul teks deskripsinya itu Keindahan Pantai Kuta, berarti nanti isinya juga akan menjelaskan secara rinci tentang Pantai Kuta.

2. Identifikasi/Gambaran Umum

Identifikasi atau gambaran umum akan berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah, atau pernyataan umum lainnya tentang objek tersebut.

Misalnya, kalau kamu ingin membuat teks deskripsi tentang Pantai Kuta, kamu bisa menjelaskan terlebih dahulu mengenai lokasi pantainya, kenapa diberi nama Pantai Kuta, sejarah, dan sebagainya di bagian gambaran umum.

3. Deskripsi Bagian

Sementara itu, deskripsi bagian akan berisi penjelasan objek lebih rinci lagi, berdasarkan apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh penulis.

Masih dalam objek yang sama, ya. Di bagian ini, kamu bisa mulai mendeskripsikan warna pantainya, warna lautnya, derai ombaknya, suasana, angin, atau suasana lainnya yang ada di Pantai Kuta.

4. Simpulan/Kesan

Terakhir, bagian penutup akan berisi kesan dari penulis tentang hal yang dideskripsikan.

Baca Juga: Mengenal Unsur-Unsur Teks Deskripsi, Apa Saja Ya?

 

 

Contoh Teks Deskripsi beserta Penjelasan Strukturnya

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian, ciri, dan struktur teks deskripsi, yuk kita mulai perhatikan beberapa contoh teks deskripsi yang bisa kamu jadikan referensi berikut ini!

 

1. Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda atau angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judulnya saja, kita sudah bisa mengetahui bahwa teks akan membicarakan tentang keindahan dari Pantai Parangtritis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari Pantai Parangtritis, mulai dari apa itu Pantai Parangtritis hingga detail lokasi dari pantai ini.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai Pantai Parangtritis dijelaskan oleh penulis pada paragraf 2 dan 3. Penulis menuliskan deskripsi sesuai dengan penglihatannya yang terlihat pada kalimat “pantai bersih dengan buih-buih putih”, “ tebing yang sangat tinggi”, “semburat warna merah keemasan di langit”, dan sebagainya.

d. Simpulan/Kesan: Simpulan serta kesan dari teks di atas adalah penulis sangat mengagumi keindahan dari Pantai Parangtritis dan ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para wisatawan di pantai ini untuk menikmati keindahannya.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Topik beserta Strukturnya

 

2. Contoh Teks Deskripsi tentang Keindahan Alam Indonesia

Keindahan Alam Indonesia yang Mendunia

Indonesia menjadi negara yang memiliki kekayaan alam yang tidak terhitung jumlahnya dari Sabang sampai Merauke. Keindahan alam yang dimiliki, tentunya tidak dapat menandingi keindahan alam manapun di seluruh dunia. Keindahan alam di Indonesia yang sangat mempesona membuat banyak wisatawan asing yang berkunjung walaupun jauh sekalipun. Mulai dari keindahan daratan hingga lautan, sangat indah dan patut untuk dikunjungi.

Indonesia memiliki banyak flora dan fauna yang langka. Tentunya alam Indonesia menjadi yang tersohor di mata dunia. Apalagi keindahan pantainya yang terbentang dari timur hingga barat. Kekayaan laut Indonesia juga didukung dengan banyaknya pulau yang ada.

Keindahan alam bawah laut juga turut menjadi pesona Indonesia. Hal itu membuat banyak wisatawan memilih untuk menikmati indahnya kehidupan bawah laut. Beberapa tempat yang sering dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia, di antaranya Bali, Raja Ampat, dan Manado.

Selain pantai yang indah, Indonesia juga menjadi negara dengan hutan terbesar di dunia. Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan yang ada di dunia ini terdapat di Indonesia. Keindahan hutan di Indonesia tidak diragukan lagi karena hamparan hijau pohon-pohonnya membuat setiap pasang mata terhipnotis.

Indonesia begitu kaya dan indah. Oleh karena itu, kita perlu menjaga dan melestarikan kekayaan yang ada. Bisa dengan melakukan hal kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Lingkungan yang bersih akan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi makhluk hidup di sekitarnya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Menyatakan keindahan alam Indonesia yang telah mendunia.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum dari keindahan alam Indonesia yang tak terhitung jumlahnya dari Sabang sampai Merauke, bahkan tiada tertantingi dari keindahan alam manapun di seluruh dunia.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai keindahan alam Indonesia dijelaskan oleh penulis pada paragraf 2 dan 4. Penulis menyebutkan secara detil keindahan alam Indonesia dari segi flora fauna, hutan, hingga lautnya.

d. Simpulan/Kesan: Simpulan serta kesan dari teks di atas terdapat di paragraf 5 dengan mengajak pembaca untuk sama-sama menjaga dan melestarikan kekayaan alam Indonesia yang ada.

 

3. Contoh Teks Deskripsi tentang Tarian Tradisional

Tari Saman

Tari Saman tercatat di UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia sejak 24 November 2011. Pada awalnya, Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki-laki. Tari ini mengandung pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur bahasa Arab saat menari. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari ini disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).

Kostum atau busana khusus Tari Saman terbagi menjadi tiga bagian. Pada bagian kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.

Penggunaan nyanyian, gerakan, hingga kostum penari pada Tari Saman sangat penting karena mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas budaya, kekompakan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan dari para pemakainya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Menyatakan secara singkat mengenai isi artikel yang membahas tentang Tari Saman.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama berisi tentang identifikasi atau gambaran umum mengenai Tari Saman. Mulai dari keunggulan, prestasi Tari Saman, hingga tujuan dari Tari Saman.

c. Deskripsi Bagian: Sementara itu, paragraf 2 dan 3 adalah deskripsi bagian. Penulis memberikan detail mengenai jumlah penari, gerakan tarian, lagu, hingga kostum yang digunakan oleh penari.

d. Simpulan/Kesan: Pada bagian penutup dituliskan kesan umum dari penulis mengenai Tari Saman yang mengandung banyak nilai budaya dan moral.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Cerita Fabel, Kisah Hewan yang Punya Banyak Pesan Moral

Kamu ingin lebih paham lagi tentang contoh teks deskripsi? Bisa nih coba simak materi pembahasan ini di melalui fitur ADAPTO di ruangbelajar. Kamu bisa menyimak pembahasan ini dengan video interaktif sesuai dengan pemahaman belajarmu. Klik tombol dibawah ini dan cek fiturnya ya!

IDN CTA Blog Adapto Ruangguru 2022

 

4. Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah

Rumah Mungilku yang Baru

Sudah seminggu kami pindah ke rumah baru. Rumahku adalah rumah mungil yang berada persis di depan taman. Rumah itu hanya mempunyai luas 36 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi. Tidak luas dan tidak juga kecil buatku.

Kami memiliki taman kecil di teras depan yang dipenuhi dengan tanaman di pot warna-warni. Setiap tanaman tumbuh subur, ada tanaman bunga dan buah. Bahkan, tanaman cabe sudah berbuah banyak.

Bagian dalam rumahku pun tidak terlalu luas. Rumahku terdiri atas 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur, ruang makan, dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding. Agar suasananya harum, ada pewangi semprot otomatis yang terpasang di dinding. Lantai keramik putih membuat rumah mungil ini tampak luas

Itulah rumah mungilku yang baru. Meski rumah ini baru, tetapi kenangan yang ada di rumah ini masih tetap sama. Di sinilah tempatku dan keluarga akan hidup bahagia bersama.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul kita dapat menebak bahwa teks akan menjelaskan mengenai rumah baru dari penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari rumah penulis, mulai dari lokasi rumah hingga detail luas rumah.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai rumah baru dari penulis dijelaskan pada paragraf 2 dan 3. Penulis menuliskan deskripsi detail sesuai dengan suasana rumah, seperti “teras depan yang dipenuhi dengan tanaman di pot warna-warni”, “ruang tamu berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding”, dan sebagainya.

d. Simpulan/Kesan: Di paragraf terakhir atau keempat, penulis memberikan kesan bahwa ia sangat menyukai rumah barunya yang mungil namun tetap hangat dengan kenangan bersama keluarganya.

Ciri-ciri kebahasaan teks deskripsi

 

5. Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah Adat

Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah warisan rumah adat Sulawesi Selatan. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. Rumah adat ini dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu rumah tongkonan menjadi tempat bangsawan Toraja berkumpul untuk berdiskusi. Rumah ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, kekuasaan adat, sekaligus perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Toraja.

Atap Rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu atau tanduk kerbau. Atapnya tersusun dari bambu. Di bagian depan terdapat deretan dekorasi sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan. Atapnya ditutupi dengan ijuk hitam. Bagian bawah rumah biasanya digunakan sebagai kandang kerbau. Bagian dalam rumah dijadikan tempat tidur dan dapur. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran ini bermotif garis-garis lengkung yang harmonis.

Perbedaan jumlah ruangan suatu Tongkonan mengandung makna sosial dan ekonomi. Semakin banyak ruangannya, semakin tinggi kedudukan Tongkonan tersebut. Posisi atau letak tangga dan pintu disesuaikan dengan konsep kepercayaan masyarakat Toraja. Selain itu, pola hias yang ada pada tongkonan juga mengandung makna sosial, ekonomi, dan religius magis terutama yang berhubungan dengan realitas kehidupan masyarakat Toraja.

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan adalah warisan budaya yang perlu kita jaga.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Judul menyatakan secara singkat mengenai isi artikel yang membahas tentang Rumah Tongkonan.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama berisi tentang identifikasi atau gambaran umum mengenai Rumah Tongkonan. Mulai dari asal usul hingga sejarah dari rumah adat ini.

c. Deskripsi Bagian: Sementara itu, paragraf 2 dan 3 adalah deskripsi bagian. Berisi detail atau bagian-bagian yang ada pada Rumah Tongkonan.  Penulis merinci bahan rumah, ukiran, hiasan atap, hingga pembagian ruangan.

d. Simpulan/Kesan: Pada bagian penutup dituliskan kesan umum dari penulis mengenai rumah adat Tongkonan yang perlu dijaga sebagai warisan budaya Indonesia.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Cerita Fantasi Pendek beserta Struktur & Cirinya

 

6. Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Kelasku XII IPS 1

XII IPS 1 sudah menjadi seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah, dan hangat. Di sana juga kami menuntut ilmu demi meraih masa depan.

Walaupun kelas kami tidak begitu luas, hanya sekitar 7 x 6 m2, namun kelas ini sangatlah bersih dan nyaman. Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tidak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami mempunyai 31 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar.

Di samping kiri, papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar. Di dinding kelas yang berwarna putih dan bersih juga dihiasi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila, dan kata-kata mutiara. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata mutiara karya kami semua.

Itulah gambaran tentang kelasku, kelas yang sangat bersih dan lengkap, sehingga kami semua semangat dalam belajar demi menyongsong masa depan kami.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Judul menyatakan kelas penulis, yaitu XII IPS 1.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama berisi tentang identifikasi atau gambaran umum mengenai kelas penulis yang digunakan untuk bertemu teman dan menimba ilmu.

c. Deskripsi Bagian: Sementara itu, paragraf 2 dan 3 adalah deskripsi bagian. Berisi detail kelas penulis, termasuk luas, kondisi kelas, letak meja kursi, papan tulis, dan barang-barang lainnya.

d. Simpulan/Kesan: Pada bagian penutup dituliskan bahwa kondisi kelas yang bersih dan nyaman, membuat penulis dan teman-temannya semangat belajar.

 

7. Contoh Teks Deskripsi tentang Ayah

Ayah, Panutanku

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaannya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Ayahku, Panutanku”, otomatis isi teksnya akan menjelaskan Ayah dari penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari ayah penulis, mulai dari nama ayah dan deskripsi dari penampilan ayah.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai ayah penulis dijelaskan pada paragraf 2. Pada paragraf ini terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan sifat ayah yang sangat penyabar, sehingga menjadi panutan dari penulis.

d. Simpulan/Kesan: Di paragraf terakhir atau ketiga, penulis memberikan kesan atau pendapat bahwa sifat-sifat baik dari ayah inilah yang menjadikannya panutan bagi anak-anaknya.

 

8. Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Kucing

Siapa yang tidak kenal kucing? Kucing adalah jenis hewan mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Hampir di seluruh dunia, pasti ada kucing dengan beragam jenis. Di Indonesia sendiri, terdapat kucing jenis anggora, persia, domestik, dan sebagainya. Kucing sudah dikenal sejak 6000 tahun yang lalu. Bahkan menurut data arkeolog, dulunya bangsa Mesir sudah mengenal kucing untuk menjauhkan tikus-tikus yang menggangu.

Kucing pertama kali di klasifikasikan sebagai Felis Catus oleh Carousl Linnaeus. Kucing menjadi hewan peliharaan paling populer di dunia. Kucing memiliki ciri fisik yang mirip dengan harimau, namun bentuknya lebih kecil. Kelompok Felidae adalah mamalia yang berkembang dengan sangat cepat. Sama halnya dengan kelinci, harimau, singa, dan cougar, kucing memiliki telinga yang mampu menangkap getaran dan suara dari jarak 10 meter lebih.

Kucing liar akan hidup secara liar dan akan berkembang biak dengan sangat cepat, sehingga populasinya akan berubah menjadi banyak dalam sekejap. Sampai saat ini jenis kucing yang diperjual belikan hanya kucing ras dan bahkan dikembang biakkan secara khusus.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Kucing”, pastinya isi teksnya akan menjelaskan secara umum tentang kucing.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum kucing, seperti terdiri dari berbagai jenis, termasuk hewan mamalia karnivora, dan sudah dikenal lama.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan lebih detil mengenai kucing, seperti ciri fisik dan famili.

d. Simpulan/Kesan: Di paragraf terakhir atau ketiga, penulis memberikan pendapat kalau kucing liar memiliki perkembangbiakan yang cenderung lebih cepat dari kucing ras.

Baca Juga: Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi dan Contohnya

 

9. Contoh Teks Deskripsi tentang Ibu

Ibu, Inspirasiku

Ibuku bernama Wulandari. Wajahnya selalu bersinar seperti rembulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Wajah ibuku bulat dengan alis tipis. Kulit ibuku sawo matang. Ibuku tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Pandangan matanya yang kuat, kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun, mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

Ibuku adalah wanita yang sangat baik. Ia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Ia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang mengalami kesusahan.

Ibuku adalah seorang guru. Menurutku, itu lah yang membuatnya punya prinsip untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama. Belajar terus sepanjang masa adalah semboyannya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Ibuku, Inspirasiku”, tentu isi teksnya akan menjelaskan Ibu dari penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari ibu penulis, mulai dari nama dan deskripsi penampilan ibu.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai ibu penulis dijelaskan pada paragraf 2. Pada paragraf ini terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan sifat ibu yang sangat baik, lembut, dan suka membantu orang lain.

d. Simpulan/Kesan: Di paragraf ketiga, penulis memberikan pendapat bahwa profesi ibu si penulis yang sebagai guru, membuatnya selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.

 

10. Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan Peliharaan

Bolang, Kucingku

Kucingku bernama Bolang. Aku namakan Bolang karena dia suka bermain keliling komplek rumahku. Bolang merupakan kucing jantan ras domestik. Ia memiliki bulu berwarna hitam dan putih. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan.

Bolang memiliki perilaku yang unik. Ia suka makan rumput atau menangkap serangga kecil. Kalau marah, ia akan menjauh dan tidak ingin disentuh. Terkadang ia sampai mengeluarkan suara seperti, “khhhhhhhkkkk!!!”.

Bolang juga sangat manja. Hampir setiap malam, ia tidur di kasurku. Kalau waktunya makan, Bolang akan berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan ekornya yang panjang. Sifat-sifatnya membuatku selalu rindu.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Bolang, Kucingku”, tentu isi teksnya akan menjelaskan kucing peliharaan penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama teks menjelaskan mengenai gambaran umum peliharaan penulis, mulai dari nama kucingnya dan deskripsinya.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua dan ketiga terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan sifat Bolang yang unik dan manja.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf ketiga, penulis memberikan pendapat bahwa sifat-sifat kucingnya inilah yang membuatnya selalu rindu.

 

11. Contoh Teks Deskripsi tentang Benda

Rumah

Aku memiliki rumah sederhana, namun sangat nyaman untuk ditempati. Letaknya di lereng gunung, tepat berada di depan jalan untuk menuju gunung.

Di sebelah kiri rumahku, terdapat masjid yang cukup besar. Masjid itu biasa digunakan untuk shalat berjamaah dan mengaji. Di depan rumahku terdapat halaman yang cukup luas dan biasanya digunakan untuk bermain anak-anak kecil di sekitar rumah.

Rumahku terdiri dari dua lantai. Baik lantai satu dan dua, aku beri cat berwarna putih gading dan kusennya berwarna cokelat. Pintu rumahku juga berwarna cokelat. Kedua warna ini memberikan kesan yang minimalis dan tidak terlalu mencolok.

Seperti yang aku bilang, rumahku sangat sederhana, tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung 4-6 orang karena terdapat lantai 2 yang dapat dihuni.

Di bagian depan, terdapat teras yang biasa dipakai untuk duduk-duduk santai bersama keluarga. Memasuki pintu depan, akan langsung menuju ruang tamu. Di sebelah kiri, tersedia ruang keluarga. Biasanya, di sini aku dan keluarga sering berkumpul untuk ngobrol atau sekedar menonton televisi.

Di ruang keluarga itu, terdapat juga pintu untuk masuk ke dapur, ruang makan, dan kamar mandi. Bagian ini cukup luas, terdapat satu set meja dan kursi makan yang biasanya kami gunakan untuk makan bersama.

Kamar utama letaknya di sebelah kanan ruang makan. Kamar utama memiliki luas yang paling besar di antara dua kamar lainnya. Di ruangan ini juga terdapat kamar mandi dalam yang tidak ada WC-nya.

Naik ke lantai dua, terdapat dua kamar dan balkon. Satu kamar adalah kamarku dan satu kamarnya lagi punya kakakku. Aku paling suka area balkon karena pemandangannya indah sekali, menghadap ke arah gunung.

Itulah gambaran mengenai rumahku. Rumah yang sederhana, namun nyaman untuk ditempati.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Rumahku”, kita sudah bisa pastikan ya kalau isi teksnya akan menjelaskan tentang rumah si penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama sampai ketiga, menjelaskan mengenai gambaran umum rumah si penulis, mulai dari lokasi, warna cat, hingga tingkat bangunan.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf keempat sampai ketujuh, terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan denah rumah lantai satu dan dua.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis memberikan pendapat bahwa rumahnya sederhana, namun nyaman ditempati.

 

12. Contoh Teks Deskripsi tentang Perjalanan

Pengalaman Naik Kereta

Saat itu di pertengahan Oktober, aku melakukan perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta ke Malang. Aku pergi bersama dengan seorang teman. Kami memulai perjalanan menggunakan kereta dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Perjalanan yang kami tempuh memakan waktu sekitar 17 jam.

Di dalam kereta, suasana sangat ramai, namun tetap tertib. Bangku yang kami pilih dapat memuat 4 orang yang saling berhadapan. Bangku ini terbuat dari besi yang dilapisi sedikit busa. Kami duduk saling berhadapan dengan penumpang lain. Meskipun tidak saling mengenal, namun seiring berjalannya waktu, kami saling sapa dan mengobrol selama perjalanan.

Suasana di kereta sangat tenang. Apalagi saat hujan di luar turun dan membekaskan embun pada kaca. Ditambah lantunan lagu Jawa yang sendu dan merayu mata, seakan memanjakan untuk tidur.

Ketika waktu beranjak gelap, suasana kereta tampak hening karena penumpang mulai terlelap. Pengalaman dalam perjalanan di kereta sangat menyenangkan dan aku ingin mengulanginya kembali.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul “Pengalaman Naik Kereta”, kita bisa tahu kalau isi teksnya akan menjelaskan tentang pengalaman penulis saat naik kereta.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum perjalanan penulis naik kereta, salah satunya lama waktu perjalanan.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua sampai keempat, terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan suasana di dalam kereta.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf keempat, penulis memberikan pendapat bahwa perjalanannya menaiki kereta sangat menyenangkan, dan penulis ingin melakukannya kembali.

Gimana nih, apakah sudah cukup jelas? Nah, setelah melihat contoh teks deskripsi dan strukturnya di atas, sekarang kamu bisa mencoba sendiri nih untuk membuat teks deskripsi serta menentukan strukturnya.

Jangan malas untuk berlatih ya! Masih ingin melihat penjelasan lengkapnya? Langsung aja cek video belajar beranimasi tentang Teks Deskripsi di ruangbelajar!

CTA ruangbelajar

Referensi:

Harsiati, Titik dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumber Gambar:

Gambar ‘Realistic Beautifil Sea’ [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/realistic-beautiful-sea-view-summer-vacation-concept_2438179.htm#query=beach&position=41&from_view=search&track=sph

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D