20 Contoh Teks Deskripsi Singkat beserta Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 7

Contoh Teks Deskripsi

Mau tahu contoh-contoh teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari? Artikel Bahasa Indonesia kelas 7 ini bisa kamu jadikan referensi untuk membuatnya, lho! Yuk, simak!

 

Indahnya Pantai Kuta di Bali. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Di sepanjang pantai, terdapat pohon kelapa yang menjuntai tinggi, memberikan kesan tropis. Sungguh, lukisan alam yang sangat mempesona.

Saat membaca teks di atas, apakah kamu otomatis membayangkan panorama Pantai Kuta di benakmu? Hehehehe

Jadi, guys, teks di atas itu merupakan contoh teks deskripsi, ya. Karena penjelasannya yang mendeskripsikan suatu objek secara rinci, sehingga kita yang membacanya pun bisa ikut membayangkan, apa yang penulis coba jelaskan.

Di pelajaran Bahasa Indonesia, teks deskripsi banyak digunakan untuk membuat cerita, mulai dari cerpen, dongeng, novel, ataupun teks review. Jadi, penting banget nih buat kamu untuk memahami apa itu teks deskripsi.

Nah, kalau kamu mau baca-baca dulu mengenai topik teks deskripsi secara lengkap, kamu bisa kunjungi artikel “Pengertian Teks Deskripsi, Ciri, Struktur, Jenis & Kebahasaannya“, ya. Kalau di artikel kali ini, kakak akan kasih rekomendasi contoh teks deskripsi singkat dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, langsung saja kita simak!

 

Pengertian Teks Deskripsi

Sebelum melihat beberapa contoh teks deskripsi, kita ingat-ingat dulu yuk pengertiannya. Teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulisnya.

Teks ini biasanya berisi kalimat yang memaparkan sebuah objek (benda atau makhluk hidup), agar pembaca mendapat kesan seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek tersebut. Untuk itu, penulis harus menggunakan diksi dan bahasa yang baik agar bisa mendeskripsikan objek secara rinci.

ciri-ciri teks deskripsi

 

Struktur Teks Deskripsi

Selanjutnya, agar teks deskripsi yang kita buat bagus, kita harus paham juga mengenai struktur teks deskripsi. Ada 4 struktur teks deskripsi, yaitu judul, gambaran umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan. Berikut penjelasan lengkapnya, ya:

1. Judul

Judul adalah hal yang menggambarkan isi teks. Misalnya, kalau judul teks deskripsinya itu Keindahan Pantai Kuta, berarti nanti isinya juga akan menjelaskan secara rinci tentang Pantai Kuta.

2. Identifikasi/Gambaran Umum

Identifikasi atau gambaran umum akan berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah, atau pernyataan umum lainnya tentang objek tersebut.

Misalnya, kalau kamu ingin membuat teks deskripsi tentang Pantai Kuta, kamu bisa menjelaskan terlebih dahulu mengenai lokasi pantainya, kenapa diberi nama Pantai Kuta, sejarah, dan sebagainya di bagian gambaran umum.

3. Deskripsi Bagian

Sementara itu, deskripsi bagian akan berisi penjelasan objek lebih rinci lagi, berdasarkan apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh penulis.

Masih dalam objek yang sama, ya. Di bagian ini, kamu bisa mulai mendeskripsikan warna pantainya, warna lautnya, derai ombaknya, suasana, angin, atau suasana lainnya yang ada di Pantai Kuta.

4. Simpulan/Kesan

Terakhir, bagian penutup akan berisi kesan dari penulis tentang hal yang dideskripsikan.

Baca Juga: Mengenal Unsur-Unsur Teks Deskripsi, Apa Saja Ya?

 

Contoh Teks Deskripsi beserta Penjelasan Strukturnya

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian, ciri, dan struktur teks deskripsi, yuk kita mulai perhatikan beberapa contoh teks deskripsi yang bisa kamu jadikan referensi berikut ini!

 

1. Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda atau angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judulnya saja, kita sudah bisa mengetahui bahwa teks akan membicarakan tentang keindahan dari Pantai Parangtritis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari Pantai Parangtritis, mulai dari apa itu Pantai Parangtritis hingga detail lokasi dari pantai ini.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai Pantai Parangtritis dijelaskan oleh penulis pada paragraf 2 dan 3. Penulis menuliskan deskripsi sesuai dengan penglihatannya yang terlihat pada kalimat “pantai bersih dengan buih-buih putih”, “ tebing yang sangat tinggi”, “semburat warna merah keemasan di langit”, dan sebagainya.

d. Simpulan/Kesan: Simpulan serta kesan dari teks di atas adalah penulis sangat mengagumi keindahan dari Pantai Parangtritis dan ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para wisatawan di pantai ini untuk menikmati keindahannya.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Topik beserta Strukturnya

 

2. Contoh Teks Deskripsi tentang Keindahan Alam Indonesia

Keindahan Alam Indonesia yang Mendunia

Indonesia menjadi negara yang memiliki kekayaan alam yang tidak terhitung jumlahnya dari Sabang sampai Merauke. Keindahan alam yang dimiliki, tentunya tidak dapat menandingi keindahan alam manapun di seluruh dunia. Keindahan alam di Indonesia yang sangat mempesona membuat banyak wisatawan asing yang berkunjung walaupun jauh sekalipun. Mulai dari keindahan daratan hingga lautan, sangat indah dan patut untuk dikunjungi.

Indonesia memiliki banyak flora dan fauna yang langka. Tentunya alam Indonesia menjadi yang tersohor di mata dunia. Apalagi keindahan pantainya yang terbentang dari timur hingga barat. Kekayaan laut Indonesia juga didukung dengan banyaknya pulau yang ada.

Keindahan alam bawah laut juga turut menjadi pesona Indonesia. Hal itu membuat banyak wisatawan memilih untuk menikmati indahnya kehidupan bawah laut. Beberapa tempat yang sering dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia, di antaranya Bali, Raja Ampat, dan Manado.

Selain pantai yang indah, Indonesia juga menjadi negara dengan hutan terbesar di dunia. Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan yang ada di dunia ini terdapat di Indonesia. Keindahan hutan di Indonesia tidak diragukan lagi karena hamparan hijau pohon-pohonnya membuat setiap pasang mata terhipnotis.

Indonesia begitu kaya dan indah. Oleh karena itu, kita perlu menjaga dan melestarikan kekayaan yang ada. Bisa dengan melakukan hal kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Lingkungan yang bersih akan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi makhluk hidup di sekitarnya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Menyatakan keindahan alam Indonesia yang telah mendunia.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum dari keindahan alam Indonesia yang tak terhitung jumlahnya dari Sabang sampai Merauke, bahkan tiada tertantingi dari keindahan alam manapun di seluruh dunia.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai keindahan alam Indonesia dijelaskan oleh penulis pada paragraf 2 dan 4. Penulis menyebutkan secara detil keindahan alam Indonesia dari segi flora fauna, hutan, hingga lautnya.

d. Simpulan/Kesan: Simpulan serta kesan dari teks di atas terdapat di paragraf 5 dengan mengajak pembaca untuk sama-sama menjaga dan melestarikan kekayaan alam Indonesia yang ada.

 

3. Contoh Teks Deskripsi tentang Tarian Tradisional

Tari Saman

Tari Saman tercatat di UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia sejak 24 November 2011. Pada awalnya, Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki-laki. Tari ini mengandung pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur bahasa Arab saat menari. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari ini disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).

Kostum atau busana khusus Tari Saman terbagi menjadi tiga bagian. Pada bagian kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.

Penggunaan nyanyian, gerakan, hingga kostum penari pada Tari Saman sangat penting karena mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas budaya, kekompakan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan dari para pemakainya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Menyatakan secara singkat mengenai isi artikel yang membahas tentang Tari Saman.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama berisi tentang identifikasi atau gambaran umum mengenai Tari Saman. Mulai dari keunggulan, prestasi Tari Saman, hingga tujuan dari Tari Saman.

c. Deskripsi Bagian: Sementara itu, paragraf 2 dan 3 adalah deskripsi bagian. Penulis memberikan detail mengenai jumlah penari, gerakan tarian, lagu, hingga kostum yang digunakan oleh penari.

d. Simpulan/Kesan: Pada bagian penutup dituliskan kesan umum dari penulis mengenai Tari Saman yang mengandung banyak nilai budaya dan moral.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Cerita Fabel, Kisah Hewan yang Punya Banyak Pesan Moral

Kamu ingin lebih paham lagi tentang contoh teks deskripsi? Bisa nih coba simak materi pembahasan ini di melalui fitur ADAPTO di ruangbelajar. Kamu bisa menyimak pembahasan ini dengan video interaktif sesuai dengan pemahaman belajarmu. Klik tombol dibawah ini dan cek fiturnya ya!

IDN CTA Blog Adapto Ruangguru 2022

 

4. Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah

Rumah Mungilku yang Baru

Sudah seminggu kami pindah ke rumah baru. Rumahku adalah rumah mungil yang berada persis di depan taman. Rumah itu hanya mempunyai luas 36 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi. Tidak luas dan tidak juga kecil buatku.

Kami memiliki taman kecil di teras depan yang dipenuhi dengan tanaman di pot warna-warni. Setiap tanaman tumbuh subur, ada tanaman bunga dan buah. Bahkan, tanaman cabe sudah berbuah banyak.

Bagian dalam rumahku pun tidak terlalu luas. Rumahku terdiri atas 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur, ruang makan, dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding. Agar suasananya harum, ada pewangi semprot otomatis yang terpasang di dinding. Lantai keramik putih membuat rumah mungil ini tampak luas

Itulah rumah mungilku yang baru. Meski rumah ini baru, tetapi kenangan yang ada di rumah ini masih tetap sama. Di sinilah tempatku dan keluarga akan hidup bahagia bersama.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul kita dapat menebak bahwa teks akan menjelaskan mengenai rumah baru dari penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari rumah penulis, mulai dari lokasi rumah hingga detail luas rumah.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai rumah baru dari penulis dijelaskan pada paragraf 2 dan 3. Penulis menuliskan deskripsi detail sesuai dengan suasana rumah, seperti “teras depan yang dipenuhi dengan tanaman di pot warna-warni”, “ruang tamu berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding”, dan sebagainya.

d. Simpulan/Kesan: Di paragraf terakhir atau keempat, penulis memberikan kesan bahwa ia sangat menyukai rumah barunya yang mungil namun tetap hangat dengan kenangan bersama keluarganya.

Ciri-ciri kebahasaan teks deskripsi

 

5. Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah Adat

Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah warisan rumah adat Sulawesi Selatan. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. Rumah adat ini dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu rumah tongkonan menjadi tempat bangsawan Toraja berkumpul untuk berdiskusi. Rumah ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, kekuasaan adat, sekaligus perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Toraja.

Atap Rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu atau tanduk kerbau. Atapnya tersusun dari bambu. Di bagian depan terdapat deretan dekorasi sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan. Atapnya ditutupi dengan ijuk hitam. Bagian bawah rumah biasanya digunakan sebagai kandang kerbau. Bagian dalam rumah dijadikan tempat tidur dan dapur. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran ini bermotif garis-garis lengkung yang harmonis.

Perbedaan jumlah ruangan suatu Tongkonan mengandung makna sosial dan ekonomi. Semakin banyak ruangannya, semakin tinggi kedudukan Tongkonan tersebut. Posisi atau letak tangga dan pintu disesuaikan dengan konsep kepercayaan masyarakat Toraja. Selain itu, pola hias yang ada pada tongkonan juga mengandung makna sosial, ekonomi, dan religius magis terutama yang berhubungan dengan realitas kehidupan masyarakat Toraja.

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan adalah warisan budaya yang perlu kita jaga.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Judul menyatakan secara singkat mengenai isi artikel yang membahas tentang Rumah Tongkonan.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama berisi tentang identifikasi atau gambaran umum mengenai Rumah Tongkonan. Mulai dari asal usul hingga sejarah dari rumah adat ini.

c. Deskripsi Bagian: Sementara itu, paragraf 2 dan 3 adalah deskripsi bagian. Berisi detail atau bagian-bagian yang ada pada Rumah Tongkonan.  Penulis merinci bahan rumah, ukiran, hiasan atap, hingga pembagian ruangan.

d. Simpulan/Kesan: Pada bagian penutup dituliskan kesan umum dari penulis mengenai rumah adat Tongkonan yang perlu dijaga sebagai warisan budaya Indonesia.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Cerita Fantasi Pendek beserta Struktur & Cirinya

 

6. Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Kelasku XII IPS 1

XII IPS 1 sudah menjadi seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah, dan hangat. Di sana juga kami menuntut ilmu demi meraih masa depan.

Walaupun kelas kami tidak begitu luas, hanya sekitar 7 x 6 m2, namun kelas ini sangatlah bersih dan nyaman. Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tidak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami mempunyai 31 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar.

Di samping kiri, papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar. Di dinding kelas yang berwarna putih dan bersih juga dihiasi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila, dan kata-kata mutiara. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata mutiara karya kami semua.

Itulah gambaran tentang kelasku, kelas yang sangat bersih dan lengkap, sehingga kami semua semangat dalam belajar demi menyongsong masa depan kami.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Judul menyatakan kelas penulis, yaitu XII IPS 1.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama berisi tentang identifikasi atau gambaran umum mengenai kelas penulis yang digunakan untuk bertemu teman dan menimba ilmu.

c. Deskripsi Bagian: Sementara itu, paragraf 2 dan 3 adalah deskripsi bagian. Berisi detail kelas penulis, termasuk luas, kondisi kelas, letak meja kursi, papan tulis, dan barang-barang lainnya.

d. Simpulan/Kesan: Pada bagian penutup dituliskan bahwa kondisi kelas yang bersih dan nyaman, membuat penulis dan teman-temannya semangat belajar.

 

7. Contoh Teks Deskripsi tentang Ayah

Ayah, Panutanku

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaannya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Ayahku, Panutanku”, otomatis isi teksnya akan menjelaskan Ayah dari penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari ayah penulis, mulai dari nama ayah dan deskripsi dari penampilan ayah.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai ayah penulis dijelaskan pada paragraf 2. Pada paragraf ini terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan sifat ayah yang sangat penyabar, sehingga menjadi panutan dari penulis.

d. Simpulan/Kesan: Di paragraf terakhir atau ketiga, penulis memberikan kesan atau pendapat bahwa sifat-sifat baik dari ayah inilah yang menjadikannya panutan bagi anak-anaknya.

 

8. Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Kucing

Siapa yang tidak kenal kucing? Kucing adalah jenis hewan mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Hampir di seluruh dunia, pasti ada kucing dengan beragam jenis. Di Indonesia sendiri, terdapat kucing jenis anggora, persia, domestik, dan sebagainya. Kucing sudah dikenal sejak 6000 tahun yang lalu. Bahkan menurut data arkeolog, dulunya bangsa Mesir sudah mengenal kucing untuk menjauhkan tikus-tikus yang menggangu.

Kucing pertama kali di klasifikasikan sebagai Felis Catus oleh Carousl Linnaeus. Kucing menjadi hewan peliharaan paling populer di dunia. Kucing memiliki ciri fisik yang mirip dengan harimau, namun bentuknya lebih kecil. Kelompok Felidae adalah mamalia yang berkembang dengan sangat cepat. Sama halnya dengan kelinci, harimau, singa, dan cougar, kucing memiliki telinga yang mampu menangkap getaran dan suara dari jarak 10 meter lebih.

Kucing liar akan hidup secara liar dan akan berkembang biak dengan sangat cepat, sehingga populasinya akan berubah menjadi banyak dalam sekejap. Sampai saat ini jenis kucing yang diperjual belikan hanya kucing ras dan bahkan dikembang biakkan secara khusus.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Kucing”, pastinya isi teksnya akan menjelaskan secara umum tentang kucing.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan gambaran umum kucing, seperti terdiri dari berbagai jenis, termasuk hewan mamalia karnivora, dan sudah dikenal lama.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan lebih detil mengenai kucing, seperti ciri fisik dan famili.

d. Simpulan/Kesan: Di paragraf terakhir atau ketiga, penulis memberikan pendapat kalau kucing liar memiliki perkembangbiakan yang cenderung lebih cepat dari kucing ras.

Baca Juga: Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi dan Contohnya

 

9. Contoh Teks Deskripsi tentang Ibu

Ibu, Inspirasiku

Ibuku bernama Wulandari. Wajahnya selalu bersinar seperti rembulan. Cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. Wajah ibuku bulat dengan alis tipis. Kulit ibuku sawo matang. Ibuku tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Pandangan matanya yang kuat, kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun, mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

Ibuku adalah wanita yang sangat baik. Ia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. Ia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang mengalami kesusahan.

Ibuku adalah seorang guru. Menurutku, itu lah yang membuatnya punya prinsip untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama. Belajar terus sepanjang masa adalah semboyannya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Ibuku, Inspirasiku”, tentu isi teksnya akan menjelaskan Ibu dari penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari ibu penulis, mulai dari nama dan deskripsi penampilan ibu.

c. Deskripsi Bagian: Penjelasan rinci mengenai ibu penulis dijelaskan pada paragraf 2. Pada paragraf ini terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan sifat ibu yang sangat baik, lembut, dan suka membantu orang lain.

d. Simpulan/Kesan: Di paragraf ketiga, penulis memberikan pendapat bahwa profesi ibu si penulis yang sebagai guru, membuatnya selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.

 

10. Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan Peliharaan

Bolang, Kucingku

Kucingku bernama Bolang. Aku namakan Bolang karena dia suka bermain keliling komplek rumahku. Bolang merupakan kucing jantan ras domestik. Ia memiliki bulu berwarna hitam dan putih. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan.

Bolang memiliki perilaku yang unik. Ia suka makan rumput atau menangkap serangga kecil. Kalau marah, ia akan menjauh dan tidak ingin disentuh. Terkadang ia sampai mengeluarkan suara seperti, “khhhhhhhkkkk!!!”.

Bolang juga sangat manja. Hampir setiap malam, ia tidur di kasurku. Kalau waktunya makan, Bolang akan berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan ekornya yang panjang. Sifat-sifatnya membuatku selalu rindu.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Bolang, Kucingku”, tentu isi teksnya akan menjelaskan kucing peliharaan penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama teks menjelaskan mengenai gambaran umum peliharaan penulis, mulai dari nama kucingnya dan deskripsinya.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua dan ketiga terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan sifat Bolang yang unik dan manja.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf ketiga, penulis memberikan pendapat bahwa sifat-sifat kucingnya inilah yang membuatnya selalu rindu.

 

11. Contoh Teks Deskripsi tentang Benda

Rumah

Aku memiliki rumah sederhana, namun sangat nyaman untuk ditempati. Letaknya di lereng gunung, tepat berada di depan jalan untuk menuju gunung.

Di sebelah kiri rumahku, terdapat masjid yang cukup besar. Masjid itu biasa digunakan untuk shalat berjamaah dan mengaji. Di depan rumahku terdapat halaman yang cukup luas dan biasanya digunakan untuk bermain anak-anak kecil di sekitar rumah.

Rumahku terdiri dari dua lantai. Baik lantai satu dan dua, aku beri cat berwarna putih gading dan kusennya berwarna cokelat. Pintu rumahku juga berwarna cokelat. Kedua warna ini memberikan kesan yang minimalis dan tidak terlalu mencolok.

Seperti yang aku bilang, rumahku sangat sederhana, tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung 4-6 orang karena terdapat lantai 2 yang dapat dihuni.

Di bagian depan, terdapat teras yang biasa dipakai untuk duduk-duduk santai bersama keluarga. Memasuki pintu depan, akan langsung menuju ruang tamu. Di sebelah kiri, tersedia ruang keluarga. Biasanya, di sini aku dan keluarga sering berkumpul untuk ngobrol atau sekedar menonton televisi.

Di ruang keluarga itu, terdapat juga pintu untuk masuk ke dapur, ruang makan, dan kamar mandi. Bagian ini cukup luas, terdapat satu set meja dan kursi makan yang biasanya kami gunakan untuk makan bersama.

Kamar utama letaknya di sebelah kanan ruang makan. Kamar utama memiliki luas yang paling besar di antara dua kamar lainnya. Di ruangan ini juga terdapat kamar mandi dalam yang tidak ada WC-nya.

Naik ke lantai dua, terdapat dua kamar dan balkon. Satu kamar adalah kamarku dan satu kamarnya lagi punya kakakku. Aku paling suka area balkon karena pemandangannya indah sekali, menghadap ke arah gunung.

Itulah gambaran mengenai rumahku. Rumah yang sederhana, namun nyaman untuk ditempati.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Dari judul “Rumahku”, kita sudah bisa pastikan ya kalau isi teksnya akan menjelaskan tentang rumah si penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama sampai ketiga, menjelaskan mengenai gambaran umum rumah si penulis, mulai dari lokasi, warna cat, hingga tingkat bangunan.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf keempat sampai ketujuh, terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan denah rumah lantai satu dan dua.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis memberikan pendapat bahwa rumahnya sederhana, namun nyaman ditempati.

 

12. Contoh Teks Deskripsi tentang Perjalanan

Pengalaman Naik Kereta

Saat itu di pertengahan Oktober, aku melakukan perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta ke Malang. Aku pergi bersama dengan seorang teman. Kami memulai perjalanan menggunakan kereta dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Perjalanan yang kami tempuh memakan waktu sekitar 17 jam.

Di dalam kereta, suasana sangat ramai, namun tetap tertib. Bangku yang kami pilih dapat memuat 4 orang yang saling berhadapan. Bangku ini terbuat dari besi yang dilapisi sedikit busa. Kami duduk saling berhadapan dengan penumpang lain. Meskipun tidak saling mengenal, namun seiring berjalannya waktu, kami saling sapa dan mengobrol selama perjalanan.

Suasana di kereta sangat tenang. Apalagi saat hujan di luar turun dan membekaskan embun pada kaca. Ditambah lantunan lagu Jawa yang sendu dan merayu mata, seakan memanjakan untuk tidur.

Ketika waktu beranjak gelap, suasana kereta tampak hening karena penumpang mulai terlelap. Pengalaman dalam perjalanan di kereta sangat menyenangkan dan aku ingin mengulanginya kembali.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul “Pengalaman Naik Kereta”, kita bisa tahu kalau isi teksnya akan menjelaskan tentang pengalaman penulis saat naik kereta.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum perjalanan penulis naik kereta, salah satunya lama waktu perjalanan.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua sampai keempat, terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan suasana di dalam kereta.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf keempat, penulis memberikan pendapat bahwa perjalanannya menaiki kereta sangat menyenangkan, dan penulis ingin melakukannya kembali.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Pantun Nasihat, Jenaka & Jenis Lainnya

 

13. Contoh Teks Deskripsi tentang Diri Sendiri

Halo, Aku Rania!

Perkenalkan, namaku Rania Shafira. Teman-teman biasa memanggilku Rania. Aku lahir di Jakarta, 22 November 2005. Aku merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Aku memiliki satu adik perempuan dan satu adik laki-laki.

Aku lahir dan tumbuh besar di Jakarta. Namun, sudah hampir satu tahun ini, aku tinggal ngekost di Bogor karena berkuliah di sana. Saat ini, aku sedang menempuh pendidikan di IPB University, mengambil Jurusan Ilmu Gizi.

Sejak kecil, teman-temanku mengenalku sebagai sosok yang periang, humoris, dan gampang akrab dengan orang lain. Aku pun merasa, aku punya kepribadian extrovert, karena lebih senang bertemu dengan banyak orang, dibanding menyendiri seharian di rumah.

Di tengah kesibukan kuliah, aku masih menyempatkan waktu untuk melakukan kegiatan yang aku sukai. Contohnya seperti menonton film, jalan-jalan, atau berolahraga. Sudah sebulanan ini, aku mulai aktif lari pagi dengan tujuan melepas stress karena tugas kuliah yang menumpuk.

Ketika lulus kuliah nanti, aku bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri. Pastinya, butuh usaha keras dan tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Aku akan berusaha giat belajar untuk mencapainya.

Sekian deskripsi diri saya, semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul, kita bisa tahu kalau isi teksnya akan menjelaskan tentang deskripsi diri penulis.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dan kedua menjelaskan tentang biodata singkat penulis, seperti tempat tanggal lahir dan informasi pendidikan.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf ketiga sampai kelima, terdapat kalimat perincian untuk menjelaskan pribadi dan cita-cita penulis.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis berharap agar deskripsi dirinya dapat bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya.

 

14. Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata

Pantai Kuta, Bali

Pantai Kuta merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Indonesia yang memikat jutaan pengunjung setiap tahunnya. Terletak di selatan Pulau Dewata, Bali, pantai ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan ombak biru yang mengundang. Kuta memang terkenal dengan ombaknya yang ideal untuk berselancar, menjadikannya surga bagi para peselancar dari berbagai penjuru dunia. Bahkan bagi mereka yang baru belajar, banyak sekolah selancar yang siap memberikan pelatihan dasar hingga tingkat lanjut.

Di sepanjang pantai, terdapat deretan kafe, restoran, dan toko-toko yang menjual berbagai suvenir khas Bali, seperti kerajinan tangan, pakaian, dan perhiasan. Suasana di sini seakan tidak pernah mati. Dari pagi hingga malam hari, Pantai Kuta ramai dengan berbagai aktivitas, mulai dari kegiatan olahraga, tempat bersantai, hingga hiburan.

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu di Pantai Kuta adalah saat matahari terbenam. Pemandangan matahari tenggelam di ufuk barat yang memancarkan warna oranye dan merah jambu di langit menjadikan pantai ini tempat favorit bagi para fotografer dan pasangan yang ingin menikmati momen romantis. Tidak heran jika Pantai Kuta selalu dipenuhi wisatawan yang ingin menangkap keindahan sunset yang spektakuler.

Keindahan alam dan fasilitas yang lengkap membuat Pantai Kuta sebagai destinasi wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke Bali. Dari petualangan selancar hingga bersantai menikmati pemandangan, Pantai Kuta menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul, kita bisa tahu kalau teks deskripsi di atas menjelaskan tentang Pantai Kuta yang berlokasi di Bali.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum Pantai Kuta, seperti lokasi dan pemandangan pantai.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua dan ketiga, terdapat penjelasan yang lebih rincian tentang Pantai Kuta. Bisa dilihat dari kalimat yang menjelaskan tentang kondisi pantai yang dipenuhi dengan kafe, restoran, dan toko-toko suvenir, hingga kondisi pantai yang ramai oleh aktivitas pengunjung dari pagi sampai malam hari.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis mengajak pembaca untuk berkunjung ke Pantai Kuta, ketika sedang berwisata ke Bali.

 

15. Contoh Teks Deskripsi tentang Tokoh

Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang fisikawan teoretis terkenal sepanjang masa. Lahir pada 14 Maret 1879 di Ulm, Kerajaan Württemberg, Kekaisaran Jerman, Einstein menunjukkan ketertarikan yang luar biasa pada matematika dan fisika sejak usia muda. Terlepas dari tantangan akademis yang dihadapinya, ia terus berusaha mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang alam semesta.

Pada tahun 1905, yang sering disebut sebagai annus mirabilis atau tahun keajaiban, Einstein menerbitkan empat makalah ilmiah yang mengubah wajah fisika modern. Di antara makalah tersebut, Einstein memperkenalkan teori relativitas khusus dengan rumus terkenal E=mc². Rumus ini menggambarkan hubungan antara massa dan energi, dan telah menjadi dasar bagi banyak perkembangan teknologi modern, termasuk energi nuklir.

Kontribusi Einstein tidak hanya terbatas pada teori relativitas. Ia juga mengembangkan teori relativitas umum pada tahun 1915, yang menggambarkan gravitasi sebagai kelengkungan ruang-waktu yang disebabkan oleh massa. Teori ini terbukti melalui pengamatan gerhana matahari pada tahun 1919, yang menjadikan Einstein terkenal di seluruh dunia.

Selain prestasi ilmiahnya, Einstein juga dikenal sebagai seorang humanis yang vokal dalam memperjuangkan perdamaian dan hak asasi manusia. Kepribadiannya yang sederhana, rambutnya yang acak-acakan, dan kecintaannya pada biola, menjadikannya ikon budaya yang diingat hingga kini.

Meskipun Einstein meninggal pada 18 April 1955, warisannya terus hidup melalui pengaruhnya yang mendalam dalam ilmu pengetahuan dan filosofi. Ide-idenya selalu menginspirasi generasi ilmuwan dan pemikir di seluruh dunia.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul, kita bisa tahu kalau teks deskripsi di atas menjelaskan tentang seorang tokoh/ilmuwan terkenal bernama Albert Einstein.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum sang tokoh, seperti siapa itu Einstein, tempat, tanggal, dan tahun kelahiran, serta pencapaiannya.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua sampai keempat, dijelaskan lebih rincian mengenai kepribadian sang tokoh, penemuan-penemuan, hingga prestasinya yang mengubah dunia.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis berpendapat bahwa, meskipun Einstein telah wafat cukup lama, tetapi ilmu dan penemuannya selalu menginspirasi generasi ilmuwan dan pemikir di seluruh dunia.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Puisi Rakyat: Pantun, Gurindam & Syair, Lengkap!

 

16. Contoh Teks Deskripsi tentang Produk Elektronik

iPhone 15 Pro

Baru-baru ini, Apple menghadirkan teknologi mutakhir dalam dunia ponsel pintar bernama iPhone 15 Pro. Dengan desain yang lebih ramping dan elegan, iPhone 15 Pro menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Ponsel ini dilengkapi layar Super Retina XDR 6,1 inci yang mendukung teknologi ProMotion dengan refresh rate hingga 120Hz, memastikan tampilan sangat halus dan responsif. Konten video dan gambar pada iPhone 15 Pro terlihat lebih hidup, tajam, dan penuh warna melalui fitur Dolby Vision.

Di balik keindahan visualnya, iPhone 15 Pro ditenagai oleh chip A16 Bionic, yang menawarkan performa lebih cepat dan efisien dibandingkan generasi sebelumnya. Chip ini dirancang dengan teknologi 5nm, memungkinkan ponsel dapat menjalankan aplikasi berat dan game bergrafis tinggi tanpa hambatan. Selain itu, A16 Bionic juga meningkatkan efisiensi daya, memberikan durasi baterai yang lebih lama untuk penggunaan sehari-hari.

Salah satu fitur unggulan dari iPhone 15 Pro adalah sistem kameranya. Ponsel ini memiliki kamera utama 48MP, sehingga mampu menangkap foto lebih detail, bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Kamera ini juga dilengkapi teknologi sensor quad-pixel, yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan resolusi tinggi atau memotret menggunakan mode ultra-wide dengan kualitas yang sama baiknya. Fitur Night mode dan Deep Fusion memastikan foto tetap terang dan jernih, bahkan dalam cahaya minim. Kamera depan 12MP dengan TrueDepth juga mendukung fitur Portrait mode dan Night mode, memberikan hasil selfie yang lebih memukau.

Desain iPhone 15 Pro terbuat dari titanium, menjadikannya lebih ringan dan tahan terhadap goresan dan benturan. Ponsel ini juga tahan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP68, sehingga aman digunakan di berbagai kondisi lingkungan. Tidak hanya itu, iPhone 15 Pro dilengkapi sistem operasi iOS 17, yang menawarkan fitur-fitur baru untuk mempermudah pengguna dalam beraktivitas sehari-hari.

iPhone 15 Pro memberikan ruang yang luas untuk menyimpan foto, video, dan aplikasi favorit Anda karena memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB. Teknologi pengisian cepat dan pengisian nirkabel MagSafe memastikan bahwa Anda dapat dengan mudah mengisi daya perangkat Anda, tanpa perlu repot dengan kabel yang kusut.

Secara keseluruhan, iPhone 15 Pro adalah puncak dari inovasi teknologi ponsel pintar. Produk ini menawarkan kombinasi sempurna antara desain, performa, dan fitur-fitur canggih. Tidak hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga perangkat multifungsi yang mempermudah gaya hidup modern Anda.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul, kita bisa tahu kalau teks deskripsi di atas menjelaskan tentang sebuah produk elektronik, yaitu iPhone 15 Pro.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum iPhone 15 Pro, seperti desainnya yang lebih ramping dan elegan.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua sampai keenam, dijelaskan lebih rincian mengenai spesifikasi iPhone 15 Pro. Contohnya seperti tampilan fisiknya, software, kecanggihan kamera, sistem operasi, hingga kapasitas penyimpanan.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis berpendapat bahwa, iPhone 15 Pro menjadi puncak inovasi teknologi ponsel pintar karena menawarkan kombinasi sempurna antara desain, performa, dan fungsionalitas.

 

17. Contoh Teks Deskripsi tentang Makanan Khas Indonesia

Rendang

Rendang adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat dan telah dikenal secara internasional karena kelezatannya. Hidangan ini sering disajikan pada acara-acara penting dan perayaan. Rendang terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak perlahan dengan campuran bumbu rempah-rempah yang kaya dan santan kelapa, hingga menghasilkan cita rasa yang dalam dan kompleks.

Proses memasak rendang membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa mencapai beberapa jam. Semua bumbu seperti lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, dan kunyit dihaluskan. Lalu dimasak bersama daging dan santan hingga mengering. Proses pemasakan yang panjang ini membuat rendang memiliki tekstur yang empuk dan bumbu yang meresap sampai ke serat-serat daging.

Rendang memiliki beberapa variasi, tergantung pada daerah dan cara memasaknya. Ada rendang kering yang dimasak hingga kuah benar-benar mengering dan daging menjadi lebih awet, serta rendang basah yang masih memiliki sedikit kuah dan tekstur yang lebih lembut. Selain daging sapi, rendang juga bisa dibuat dari bahan lain seperti ayam, telur, atau bahkan kentang, yang semuanya memberikan variasi rasa yang unik, namun tetap mempertahankan keaslian bumbu rendang.

Popularitas rendang tidak hanya terbatas di Indonesia, tetapi juga di kancah internasional. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan nomor satu dalam daftar “World’s 50 Most Delicious Foods” oleh CNN International.

Rendang bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga mencerminkan budaya dan tradisi Minangkabau yang kaya akan nilai-nilai kuliner. Dengan rasa yang kaya, tekstur yang lembut, dan aroma yang menggugah selera, rendang tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga menghadirkan pengalaman kuliner yang mendalam. Bagi siapapun yang mencicipinya, rendang menawarkan perjalanan rasa yang tak terlupakan, membuktikan bahwa kuliner tradisional Indonesia memiliki tempat yang istimewa di hati para pencinta makanan di seluruh dunia.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul, kita bisa tahu kalau teks deskripsi di atas menjelaskan tentang makanan khas Indonesia, yaitu rendang.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum rendang, seperti apa itu rendang, berasal dari daerah mana, dan proses pembuatannya secara ringkas.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua sampai keempat, dijelaskan lebih rincian mengenai rendang, sebagai makanan khas Indonesia. Mulai dari proses memasaknya yang cukup lama, jenis-jenis rendang, hingga kelezatan rendang yang diakui hingga kancah internasional.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis berpendapat bahwa, rendang bukan hanya sekadar makanan, tapi juga budaya dan tradisi Minangkabau yang kaya akan nilai-nilai kuliner. Rendang membuktikan kalau makanan khas Indonesia bisa memiliki tempat istimewa di hati para pencinta makanan di seluruh dunia.

 

18. Contoh Teks Deskripsi tentang Minuman

Es Cendol

Es Cendol adalah minuman tradisional Indonesia yang sangat populer, terutama di pulau Jawa. Minuman ini dikenal karena rasanya yang manis dan menyegarkan, menjadikannya pilihan favorit untuk menghilangkan dahaga, terutama saat cuaca panas. Es cendol terbuat dari campuran bahan-bahan alami yang menghasilkan perpaduan rasa yang unik dan lezat.

Komponen utama es cendol adalah cendol itu sendiri, yaitu butiran hijau kenyal yang terbuat dari campuran tepung beras atau tepung hunkwe (tepung kacang hijau) dengan air pandan dan air kapur sirih. Adonan ini kemudian dimasak hingga kental, lalu ditekan melalui cetakan berlubang untuk membentuk butiran panjang-panjang berwarna hijau yang khas. Warna hijau cendol biasanya berasal dari daun pandan atau daun suji, yang juga memberikan aroma harum alami pada minuman ini.

Minuman ini juga terdiri dari santan kelapa yang memberikan rasa gurih dan kental. Santan biasanya dikukus terlebih dahulu untuk mendapatkan tekstur yang sempurna. Komponen penting lainnya adalah gula merah cair yang memberikan rasa manis dan sedikit karamel pada es cendol. Gula merah ini biasanya dimasak dengan sedikit air hingga larut dan menjadi sirup kental.

Saat disajikan, cendol, santan, dan sirup gula merah dicampur dalam gelas atau mangkuk yang berisi es batu serut. Kombinasi ini menghasilkan minuman yang sangat menyegarkan dengan perpaduan rasa manis, gurih, dan sedikit kenyal dari cendolnya. Es cendol sering kali dilengkapi dengan tambahan potongan nangka atau durian untuk memberikan aroma dan rasa buah yang lebih kaya.

Es cendol tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga dikenal di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand, meskipun dengan variasi lokal yang berbeda. Di Indonesia sendiri, es cendol dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari pedagang kaki lima, pasar tradisional, hingga restoran dan kafe modern yang menawarkan variasi es cendol dengan sentuhan kontemporer.

Dengan rasa yang manis dan menyegarkan, es cendol tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan kenikmatan tersendiri yang membuat siapapun yang mencicipinya merasa segar dan puas. Minuman ini menjadi salah satu simbol keanekaragaman kuliner Indonesia yang kaya akan rasa dan tradisi.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul, kita bisa tahu kalau teks deskripsi di atas menjelaskan tentang minuman tradisional Indonesia, yaitu es cendol.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum es cendol, seperti rasa dan komposisi cendol.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua sampai kelima, dijelaskan lebih rincian mengenai es cendol. Mulai dari komponen utama es cendol, proses pembuatannya, hingga kesegaran es cendol yang tidak hanya populer di Indonesia.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis berpendapat bahwa, es cendol menjadi salah satu keanekaragaman kuliner Indonesia yang kaya akan rasa dan tradisi.

 

19. Contoh Teks Deskripsi tentang Lukisan

“Starry Night” oleh Vincent van Gogh

“Starry Night” adalah salah satu lukisan paling terkenal karya Vincent van Gogh. Ia merupakan seorang pelukis pasca-impresionis yang ikonik. Dibuat pada tahun 1889, lukisan ini menggambarkan pemandangan malam yang memukau dari jendela kamar tidur van Gogh di Saint-Paul-de-Mausole, sebuah rumah sakit jiwa di Saint-Rémy-de-Provence, Prancis.

Langit di “Starry Night” dipenuhi dengan pusaran awan yang meliuk-liuk dan bintang-bintang yang berkilauan, memberikan kesan gerakan dan kedalaman. Penggunaan warna biru yang mendominasi latar belakang, menciptakan suasana tenang namun intens, sementara warna kuning dan putih dari bintang dan bulan, menambah kontras yang dramatis.

Di bagian tengah atas lukisan, terdapat bulan sabit besar yang bersinar terang, dikelilingi oleh bintang-bintang yang berkelap-kelip dengan cahayanya sendiri. Bentuk bintang dan bulan yang tidak biasa, memberikan kesan fantasi dan imajinasi. Seolah-olah kita sedang melihat alam semesta yang hidup. Garis-garis melengkung dan spiral yang digunakan oleh van Gogh menciptakan tekstur yang hampir taktil, membuat langit tampak seolah-olah sedang bergerak.

Di bawah langit yang mempesona ini, terdapat siluet desa yang tenang dan sunyi. Rumah-rumah dengan atap segitiga dan gereja dengan menaranya, berdiri dalam keheningan. Seolah-olah mereka diam mengamati keajaiban langit di atas mereka. Warna gelap dari desa menambah perasaan ketenangan dan kesederhanaan, berfungsi sebagai kontras terhadap langit yang dinamis dan penuh kehidupan.

Sebuah pohon cemara besar yang menjulang tinggi di sisi kiri lukisan, menambah elemen vertikal yang kuat dan menghubungkan bumi dengan langit. Garis-garis yang kuat dan bentuk yang sederhana dari pohon ini, memberikan keseimbangan visual dan menambah kesan mendalam pada pemandangan.

“Starry Night” bukan hanya sebuah lukisan yang indah, tetapi juga ekspresi mendalam dari perasaan dan pikiran van Gogh. Melalui goresan kuas yang energik dan palet warna yang intens, van Gogh berhasil menangkap perasaan kekaguman dan keheranan terhadap alam semesta. Lukisan ini sering dianggap sebagai refleksi dari kondisi emosional van Gogh sendiri, yang mungkin merasa terisolasi, namun tetap terhubung dengan keindahan dunia di sekitarnya.

“Starry Night” telah menginspirasi banyak orang dan terus menjadi sumber inspirasi bagi seniman, penikmat seni, dan masyarakat umum di seluruh dunia. Lukisan ini adalah bukti kekuatan seni dalam menyampaikan emosi dan keindahan, menjadikannya salah satu karya seni paling dihargai dan diingat sepanjang masa. Lukisan ini kini berada di Museum of Modern Art (MoMA) di New York, dan terus menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul, kita bisa tahu kalau teks deskripsi di atas menjelaskan tentang lukisan “Starry Night” karya Vincent van Gogh.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum lukisan, seperti siapa pembuatnya, kapan lukisan itu dibuat, dan bentuk lukisan.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua sampai keenam, dijelaskan lebih rincian mengenai lukisan. Mulai dari komponen-komponen dalam lukisan, warna, tekstur, teknik, hingga makna lukisan tersebut.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis berpendapat bahwa, “Starry Night” telah menjadi lukisan yang menginspirasi banyak orang. Lukisan ini merupakan salah satu karya seni yang paling dihargai dan diingat sepanjang masa.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Surat Pribadi Singkat beserta Strukturnya

 

20. Contoh Teks Deskripsi tentang Permainan Tradisional Indonesia

Congklak

Congklak, atau yang sering dikenal dengan nama dakon di beberapa daerah, adalah permainan tradisional Indonesia yang telah ada sejak zaman nenek moyang. Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua orang, menggunakan papan congklak yang terdiri dari satu garis panjang dengan lubang-lubang kecil di setiap sisinya. Papan congklak ini biasanya terbuat dari kayu atau plastik. Setiap lubang diisi dengan biji-bijian, kerang, atau batu kecil yang disebut “cangkang”.

Permainan congklak memiliki aturan yang cukup sederhana, namun sangat mengasah strategi dan kecerdasan pemain. Setiap pemain memiliki dua baris lubang kecil di sisi papan, dengan lubang di tengah yang lebih besar, disebut “rumah”. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin biji atau cangkang di rumah masing-masing pemain. Pemain pertama yang mengumpulkan biji terbanyak di rumahnya dinyatakan sebagai pemenang.

Cara bermainnya dimulai dengan masing-masing pemain mengambil biji dari salah satu lubang di sisi mereka dan menyebarkannya satu per satu ke lubang-lubang berikutnya, searah jarum jam. Pemain harus terus meletakkan biji ke lubang berikutnya hingga biji terakhir jatuh di lubang kosong atau di rumah mereka. Jika biji terakhir jatuh di rumah pemain sendiri, mereka berhak untuk mengambil biji-biji di lubang yang bersangkutan sebagai poin tambahan. Permainan ini berakhir ketika semua lubang di papan kosong, dan pemain dengan jumlah biji terbanyak di rumahnya adalah pemenangnya.

Keunikan permainan congklak terletak pada strateginya. Pemain harus memikirkan langkah selanjutnya dengan cermat, mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dan mengantisipasi gerakan lawan. Kadang, pemain harus rela mengorbankan beberapa biji untuk membuka kesempatan menang lebih besar di langkah berikutnya. Hal inilah yang membuat congklak bukan hanya sekadar permainan, tetapi juga ajang untuk melatih strategi, ketelitian, dan kecerdasan logis.

Selain aspek strategis, congklak juga mengajarkan nilai-nilai sosial dan kebersamaan. Permainan ini sering dimainkan oleh anak-anak. Saat bermain, anak-anak juga saling berbagi cerita, tertawa, dan belajar tentang kerjasama serta sportivitas. Congklak menjadi media yang mempererat hubungan sosial antar pemain, menghilangkan sekat-sekat usia dan latar belakang sosial.

Seiring berjalannya waktu, meskipun teknologi modern dan permainan digital semakin mendominasi, congklak tetap bertahan sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia. Banyak komunitas dan kelompok seni budaya yang berusaha untuk melestarikan permainan ini melalui festival, kompetisi, dan kegiatan edukasi di sekolah-sekolah. Mereka melihat congklak sebagai bagian penting dari identitas budaya yang harus dijaga dan diwariskan kepada generasi muda.

Dengan segala pesona dan nilai yang terkandung di dalamnya, congklak tidak hanya sekadar permainan tradisional. Melalui congklak, kita diajak untuk memahami pentingnya strategi, kebersamaan, dan warisan budaya yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

Penjelasan struktur:

a. Judul: Berdasarkan judul, kita bisa tahu kalau teks deskripsi di atas menjelaskan tentang permainan tradisional Indonesia, yaitu congklak.

b. Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama menjelaskan tentang gambaran umum congklak, seperti apa itu congklak dan bagaimana cara bermainnya.

c. Deskripsi Bagian: Pada paragraf kedua sampai keenam, dijelaskan lebih rincian mengenai permainan congklak. Mulai dari komponen-komponen dalam permainan, aturan/cara bermain, hingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

d. Simpulan/Kesan: Di akhir paragraf, penulis berpendapat bahwa, melalui congklak, kita diajak untuk memahami pentingnya strategi, kebersamaan, hingga melestarikan warisan budaya Indonesia.

Gimana nih, apakah sudah cukup jelas? Nah, setelah melihat contoh teks deskripsi dan strukturnya di atas, sekarang kamu bisa mencoba sendiri nih untuk membuat teks deskripsi serta menentukan strukturnya.

Jangan malas untuk berlatih ya! Masih ingin melihat penjelasan lengkapnya? Langsung aja cek video belajar beranimasi tentang teks deskripsi di ruangbelajar!

CTA ruangbelajar

Referensi:

Harsiati, Titik dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumber Gambar:

Gambar ‘Realistic Beautifil Sea’ [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-vector/realistic-beautiful-sea-view-summer-vacation-concept_2438179.htm#query=beach&position=41&from_view=search&track=sph

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D