Yuk, Membuat Kalimat dari Kata Sifat! | Bahasa Indonesia Kelas 5

Membuat Kalimat dari Kata Sifat

Lulu dan Puti berhasil membuat kalimat dari kata sifat “jenaka” dan “dermawan”. Penasaran gimana cara membuat kalimat dari kata sifat? Yuk, baca ceritanya!

Sore itu, Lulu dan Puti sedang membuka KBBI untuk mencari kata sifat.

Waaah! Ternyata kata sifat jumlahnya banyak banget, ya.” celetuk Puti dengan mata berbinar.

Kemudian raut wajahnya berubah bingung, “Tapi, gimana sih penggunaan kata sifat itu, Lu?”

“Kata sifat itu bisa untuk mendeskripsikan sesuatu, Put. Supaya lebih jelas, coba kita buat kalimat dengan kata sifat, yuk!” ajak Lulu.

Puti langsung antusias, “Ayo, ayo! Kita pakai contoh kata sifat ‘jenaka’ dan ‘dermawan’ aja, gimana?

“Boleh, Put! Tapi, sebelum membuat kalimat dari kata sifat, kita harus tau dulu nih arti dari kata sifat yang akan kita gunakan.” ucap Lulu.

Oh, oke! Yuk, kita cari artinya!” ajak Puti sambil membalikkan halaman KBBI. 

Nah, ini Put, arti kata ‘jenaka’ dan ‘dermawan’!” seru Lulu.

Mencari Arti Kata Sifat

“Sekarang, tinggal kita buat kalimat yang sesuai dengan arti katanya. Aku mulai dari kata sifat ‘jenaka’, ya.” kata Lulu semakin antusias.

Teman kita yang punya sifat jenaka atau lucu kan Made. Jadi, aku mau buat kalimatnya kayak gini, ‘Made adalah temanku yang sangat jenaka.’. Kita cek kalimatnya, yuk! Udah sesuai sama arti katanya belum, ya?

Baca juga: Pengertian Kata Sifat & Contohnya

Hmmm, kayaknya sih udah. Arti dari kata ‘jenaka’ itu kan lucu, dan kata sifat ini sesuai dengan sifat Made juga.” jawab Puti.

“Berarti, sekarang giliran aku yang buat kalimat dari kata ‘dermawan’. Kalimatnya aku bikin kayak gini, ‘Dafa memiliki wajah yang dermawan.’. Coba kamu cek Lu, kalimatnya udah sesuai sama arti katanya belum?” pinta Puti.

“Kalimatnya belum sesuai, Put. Ingat ya, saat membuat kalimat dari kata sifat, kita harus sesuaikan dengan arti katanya.” balas Lulu.

Membuat Kalimat

Astagaaa! Iya, ya! Dermawan kan artinya orang yang suka beramal. Jadi, nggak tepat kalau dikatakan Dafa memiliki wajah yang suka beramal. Hehehe. Bentar… bentar.. Aku perbaiki kalimatnya jadi gini deh, ‘Dafa adalah anak yang dermawan karena suka berbagi.’.”

Baca juga: Cara Mengembangkan Gagasan Menjadi Kalimat

Nah! Bagus, Put! Kalimatnya udah tepat! Antara kalimat yang dibuat dengan arti dari kata sifatnya sudah sesuai.” ujar Lulu sambil mengacungkan jempolnya ke arah Puti.

Memastikan Kalimat Sesuai Arti

Yeayyyy! Kita berhasil membuat kalimat dari kata sifat ‘jenaka’ dan ‘dermawan’.” ucap Puti sambil tersenyum.

“Iya! Jangan lupa ya, kalau mau menulis kalimat dari kata sifat, kita harus mencari arti dari kata sifatnya terlebih dahulu. Baru deh, kita tuliskan kalimat yang sesuai dengan arti dari kata sifatnya.” kata Lulu mengingatkan.

Okeee, Lu! Kita buat kalimat dari kata sifat yang lain, yuk!” ajak Puti semakin bersemangat.

“Put, kita ajak teman-teman juga, yuk! Kita buat kalimat dari kata sifat “Teliti” dan “Ceroboh”. Tulis kalimatnya di kolom komentar, ya!

Gimana? Tertarik belajar materinya lebih lanjut? Ayo, ikuti petualangan seru Lulu, Puti, dan teman-teman lainnya di ruangbelajar!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Afny Irfani

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Hani Maulia