Pengertian Kata Sifat & Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 5

Apa yang Dimaksud Kata Sifat?

Made, Lulu, dan para murid kebingungan ketika Bu Nana menyebutkan kata sifat. Hmm, apa ya kata sifat itu? Kita simak penjelasan di artikel Bahasa Indonesia kelas 5 ini, yuk!

--

Pagi itu, Bu Nana memberi waktu sepuluh menit kepada para murid untuk membaca sebuah cerita di buku pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah sepuluh menit berlalu, Bu Nana mengajukan pertanyaan ke para murid. “Setelah membaca ceritanya, apa yang kalian temukan dari cerita itu?”

“Saya, Bu! Tokoh dalam ceritanya bedaaa banget, padahal mereka bersaudara. Kakaknya pendiam, tapi adiknya periang,” teriak Lulu antusias disertai ekspresi heran.

Ohh, itu berarti tokoh dalam cerita itu memiliki sifat yang berbeda, Lulu,” ucap Bu Nana sambil tersenyum kecil.

Lulu hanya membalas penjelasan Bu Nana dengan wajah yang penuh tanya. “Si..fat?” celetuk Made kebingungan.

“Iya. Pendiam dan periang adalah kata sifat, Made.” 

“Kata sifat itu apa, Bu?” tanya Made sambil menggaruk kepalanya.

Kata sifat adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan karakter atau sikap seseorang. Contohnya seperti pendiam dan periang,” jelas Bu Nana.

Mendengar itu, Lulu teringat sesuatu. “Kalau… sopan dan ramah itu kata sifat juga nggak, Bu Nana?”

“Tentu saja! Kata sopan dan ramah itu termasuk kata sifat. Contoh kata sifat lainnya ada jujur, rapi, rajin, dan masih banyak lagi,” pungkas Bu Nana.

Pengertian dan Contoh Kata Sifat

 

Made yang masih ragu dengan pemahamannya bertanya lagi ke Bu Nana. “Bu Nana, setiap kata sifat itu memiliki arti nggak, ya?”

Baca Juga: Cara Mengembangkan Gagasan Menjadi Kalimat

“Pertanyaan yang bagus, Made. Kata sifat itu tentu memiliki arti. Jika ingin mengetahui arti katanya, kalian bisa mencarinya di kamus,” terang Bu Nana.

Bu Nana kemudian mengeluarkan handphone-nya. Lalu, ia mendekat ke meja Made dan menunjukkan layar handphone-nya ke arah para murid. 

“Supaya lebih jelas, Bu Nana beri contoh, ya. Cara mencari arti kata pada kamus itu ada lima. Pertama, kita tentukan kata sifat yang mau dicari artinya. Misalnya kata ‘sopan’. Kedua, kita bisa mengakses laman website Kamus Besar Bahasa Indonesia secara online. Ketiga, ketik kata ‘sopan’ pada kotak pencarian, lalu klik tombol ‘cari’. Kelima, kita bisa lihat arti kata ‘sopan’, yaitu baik kelakuannya.”

Cara Mencari Arti Kata Sifat pada Kamus

 

Waahh, kereeen! Sekarang kita bisa cari arti kata di kamus pakai HP, ya! Terima kasih, Bu Nana!” ujar Made takjub yang kemudian dibalas dengan tawa kecil oleh Bu Nana.

“Iyaa! Kita juga udah nggak bingung lagi deh sama kata sifat. Terima kasih, Bu Nana!” ucap Lulu.

Baca Juga: Mengenal Struktur & Jenis Paragraf

Nah, selesai deh penjelasan Bu Nana tentang definisi kata sifat, contoh-contohnya, dan cara mencari arti kata sifat pada kamus. Sekarang giliran kamu jawab latihan soal di bawah ini! Yuk, tulis jawabanmu di kolom komentar!

Latihan Soal Kata Sifat

 

Itu tadi cerita tentang Made dan Lulu dalam mempelajari kata sifat. Kalau kamu masih penasaran dengan materi yang lain, ayo belajar sambil berpetualang dengan Dafa dan Lulu! Caranya, kamu cukup download aplikasi ruangguru dan langganan ruangbelajar! Yuk, buruan download sekarang!

New call-to-action

Profile

Yosephin Hamonangan Pasaribu

Halo! Nama kecilku Yose. Ketika menulis, aku berteman dengan musik. Soalnya musik bisa meningkatkan mood dan membantuku untuk menulis artikel yang bermanfaat untuk kamu. Semoga membantu!