Yuk, Ketahui Jenis-Jenis Magnet dan Sifatnya | Fisika Kelas 9

jenis dan sifat magnet

Kamu tau apa itu magnet? Ternyata, magnet itu banyak jenisnya, lho! Selain itu, magnet juga memiliki sifat-sifat yang unik. Yuk, cari tau di artikel Fisika kelas 9 berikut ini!

Pernahkah kamu melihat atau bahkan memiliki hiasan-hiasan yang tertempel di pintu kulkas? Kenapa ya hiasannya bisa menempel dan nggak jatuh? Tapi ketika yang ditempelkan itu berupa kertas atau kayu, kenapa nggak menempel, ya? Penasaran, cari tau, yuk!

hiasan magnet kulkas - contoh magnet

Hiasan magnet kulkas (Sumber: id.aliexpress.com)

 

Apa Itu Magnet?

Nah, hiasan yang bisa menempel itu disebut sebagai magnet. Magnet merupakan suatu benda yang dapat menarik benda-benda lain dari bahan tertentu. Setiap magnet pasti memiliki dua tempat yang paling kuat gaya magnetnya, yaitu kutub magnet. Kutub magnet biasanya berada di ujung-ujung magnet dan mempunyai gaya tarik atau gaya tolak terbesar. Terdapat dua kutub magnet yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S).

dua kutub magnet

Ternyata, magnet ini sudah lama ditemukan, lho! Sekitar 2.000 tahun yang lalu. Magnet sendiri pertama kali ditemukan oleh bangsa Yunani di daerah yang bernama Magnesia (sekarang Manisa, Turki).

Pada saat pertama kali ditemukan, magnet masih berupa magnet alam yang berwujud batu, namun memiliki kemampuan untuk menarik benda-benda yang mengandung logam. Magnet ini pertama kali dimanfaatkan oleh bangsa Cina sebagai kompas dalam pelayaran, kira-kira mulai tahun 1.200 masehi, lho!

Baca Juga: 3 Cara Membuat Magnet: Digosok, Induksi, Elektromagnetik

 

Jenis-Jenis Magnet

Eits, pada dasarnya, magnet terdiri dari berbagai macam bentuk. Ada magnet batang, magnet silinder, magnet U, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini, ya!  

jenis-jenis magnet

1. Magnet Batang

Magnet batang, sebagaimana namanya, memiliki bentuk yang menyerupai batang atau balok. Magnet ini memiliki gaya tarik yang lebih lemah dibandingkan dengan jenis magnet lainnya. Meskipun demikian, magnet batang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya untuk menempelkan barang di kulkas atau sebagai perekat pintu kulkas. Selain itu, magnet batang juga merupakan pilihan yang terjangkau dan mudah diganti.

2. Magnet Silinder

Magnet silinder merupakan magnet dengan bentuk menyerupai tabung silinder panjang. Penggunaan magnet silinder sangat luas dalam bidang medis, seperti digunakan untuk operasi, perawatan tulang belakang manusia, serta berbagai jenis perawatan medis lainnya. Meskipun ukurannya relatif kecil, magnet silinder memiliki daya tarik yang sangat kuat.

3. Magnet U atau Tapal Kuda

Magnet U, yang juga dikenal sebagai magnet ladam, memiliki bentuk yang menyerupai tapal kuda atau huruf U. Magnet ini memiliki daya tarik yang sangat kuat, sehingga sering digunakan untuk mengangkat atau mengumpulkan benda-benda magnetik.

4. Magnet Lempengan Lingkaran

Magnet keping merupakan magnet dengan bentuk yang menyerupai kepingan logam. Seperti halnya magnet cincin, magnet keping memiliki kutub-kutub yang terletak di kedua sisi permukaannya.

 

Sifat-Sifat Bahan Magnetik

Magnet adalah salat satu jenis materi dan pada setiap bahannya memiliki sifat magnetik yang berbeda-beda, tergantung dari jenis dan sifatnya.

Coba perhatikan deh, jika kamu mendekatkan benda yang terbuat dari besi ke magnet, maka kamu pasti merasakan adanya gaya tarik yang menyebabkan besi tersebut melekat pada magnet. Nah, berdasarkan sifat kemagnetannya, terdapat tiga jenis bahan magnetik, di antaranya:

1. Bahan Magnetik (Feromagnetik)

Bahan yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet. Contohnya, besi, baja, nikel, kobalt, dan lain sebagainya.

2. Bahan Paramagnetik

Bahan yang ditarik dengan lemah oleh magnet. Contohnya, aluminium, platina, natrium, dan lain sebagainya.

3. Bahan Diamagnetik

Bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Contohnya, seng, emas, merkuri, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Dari Mana Karet di Dunia Berasal?

 

Interaksi Kutub Magnet

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kutub-kutub magnet memiliki gaya tarik atau gaya dorong. Nah, gaya tarik dan gaya dorong tersebut muncul jika kedua kutub magnet saling berinteraksi.

Jika dua kutub yang sejenis didekatkan, maka mereka akan saling tolak-menolak. Sementara itu, jika dua kutub yang berbeda jenis didekatkan, maka mereka akan saling tarik-menarik.

interaksi dua kutub magnet

Itu dia penjelasan materi seputar jenis-jenis magnet dan sifat-sifatnya. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, sekarang telah banyak alat-alat yang memanfaatkan magnet, lho! Misalnya, telepon, dinamo, bel listrik, loudspeaker, dan lain lain.

Wah, ternyata alat-alat yang memanfaatkan gaya kemagnetan sangat banyak ya dan ternyata ada di sekeliling kita. Kalo kamu mau belajar dan berlatih materi lainnya dengan guru privat yang sesuai dengan keinginanmu yuk gabung di ruangguru Privat!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Aulia Annaisabiru E