Memahami Struktur Teks Deskripsi Berdasarkan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 7

struktur teks deskripsi

Apa saja sih struktur teks deskripsi itu? Yuk, pelajari selengkapnya berdasarkan contohnya di artikel Bahasa Indonesia kelas 7 kali ini!

 

Apakah kamu pernah membuat cerita tentang suatu objek atau tempat? Misalnya, bercerita tentang jalan-jalan ke tempat wisata? atau bercerita tentang hewan peliharaan kesayangan? Nah, kalau iya, cerita yang kamu buat itu dinamakan teks deskripsi, loh!

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek secara rinci. Objeknya ini bisa berupa benda atau makhluk hidup, ya.

Saat membuat teks deskripsi, kita akan memberi gambaran mengenai objek sejelas mungkin, bisa dari bentuk, warna, sifat, corak, rasa, atau ciri-ciri lainnya. Tujuannya supaya pembaca seolah-olah juga bisa melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal-hal yang kita ceritakan pada teks tersebut.

Sebenarnya, materi teks deskripsi ini sudah kamu pelajari secara lengkap di artikel ‘Pengertian Teks Deskripsi, Ciri-Ciri, Jenis & Contoh‘. Nah, di artikel kali ini, kita akan belajar mengenai struktur teks deskripsi berdasarkan contoh teksnya.

Materi ini sangat penting untuk kamu pahami sebelum menulis teks deskripsi, loh. Alasannya karena setiap jenis teks Bahasa Indonesia, pasti punya struktur yang berbeda. Lalu, apa saja struktur teks deskripsi itu? Baca sampai selesai, ya!

pengertian teks deskripsi

Ilustrasi menulis teks deskripsi. (Sumber: bijesak.info)

 

Struktur Teks Deskripsi

Struktur teks deskripsi terbagi menjadi 4 bagian, yaitu judul, identifikasi, deskripsi bagian, dan kesimpulan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Judul

Judul adalah hal yang menggambarkan isi teks deskripsi. Melalui judul ini, pembaca bisa tahu objek yang akan kamu deskripsikan.

2. Identifikasi

Identifikasi adalah bagian yang berisi gambaran umum suatu objek. Mulai dari nama, lokasi, sejarah, atau pernyataan umum lainnya tentang objek tersebut.

3. Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian akan berisi penjelasan yang lebih rinci dari objek tersebut, tetapi berdasarkan pandangan penulis. Bisa dari apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh penulis.

4. Kesimpulan

Terakhir, bagian penutup berisi ringkasan atau kesan umum mengenai hal yang dideskripsikan oleh penulis.

 

Membedah Struktur Teks Deskripsi Berdasarkan Contoh

Oke, supaya kamu lebih memahami tentang struktur teks deskripsi ini, kita coba bedah berdasarkan contoh teksnya, yuk! Perhatikan contoh teks deskripsi tentang alam di bawah ini:

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis berlokasi di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat mempesona. Di sebelah kiri, kita bisa melihat tebing yang sangat tinggi. Lalu, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantainya bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan Pantai Parangtritis serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh mempesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai ini, kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Dari orang tua hingga muda sangat menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda atau angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

 

Sekarang, ayo kita bedah strukturnya berdasarkan contoh teks deskripsi di atas!

a. Judul

Kamu pasti sudah tahu ya kalau judul teks deskripsi di atas adalah Parangtritis nan Indah. Secara tidak langsung, kamu juga sudah tahu nih kalau teks tersebut pasti akan menjelaskan mengenai keindahan Pantai Parangtritis.

b. Identifikasi

Menurut kamu, identifikasi teks deskripsi di atas ada di paragraf bagian mana, nih? Yap! Betul banget, ada di paragraf pertama. Pada bagian itu, dijelaskan mengenai gambaran umum Pantai Parangtritis, seperti lokasinya.

c. Deskripsi Bagian

Nah, kalau deskripsi bagiannya ada di paragraf kedua dan ketiga, nih. Karena di paragraf tersebut, dijelaskan lebih rinci/spesifik mengenai Pantai Parangtritis. Kamu bisa lihat dari penjelasan kata-katanya, seperti ‘tebing yang sangat tinggi’, ‘batu karang besar’, ‘pantainya yang bersih’, dan lain sebagainya. Dari penjelasan itu, kamu juga bisa membayangkan betapa indahnya Pantai Parangtritis, ya. Hehehe

d. Kesimpulan

Kesimpulan teks deskripsi ada di paragraf keempat. Dalam paragraf itu, penulis memberikan kesan kalau Pantai Parangtritis tak pernah sepi pengunjung. Dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, sangat menikmati pemandangan Pantai Parangtritis yang indah.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Deskripsi Singkat Beserta Strukturnya 

 

Gimana nih, teman-teman, apakah kamu sudah mulai paham mengenai struktur teks deskripsi? Ketika kamu sudah memahami struktur ini, cara membuat teks deskripsi jadi semakin mudah, loh. Nah, supaya teks deskripsi yang kamu buat lebih bagus lagi, kita pahami juga yuk tentang kaidah kebahasaannya. Apa sih kaidah kebahasaan itu?

 

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Kaidah kebahasaan adalah aturan yang dijadikan pedoman dalam suatu bahasa, termasuk dalam membuat suatu teks. Kaidah kebahasaan teks deskripsi merupakan unsur yang penting untuk kamu pahami. Karena, kaidah kebahasaan ini bisa menjadi ciri khas atau karakteristik antara teks yang satu dengan jenis teks yang lain.

Saat menulis teks deskripsi, kamu bisa menggunakan pilihan kata yang rinci, sehingga pembaca dapat secara jelas ikut merasakan hal yang sedang kamu deskripsikan. Contohnya, kucingku berwana hitam, memiliki mata hijau, ekor panjang, dengan bulu lebat dan halus.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan majas untuk melukiskan objek secara konkret. Contohnya, hamparan laut biru seperti permadani indah yang membentang. 

Dalam penulisannya, kamu harus tetap fokus pada hal yang ingin dideskripsikan. Jangan sampai kamu membahas hal-hal yang keluar dari hal yang sudah dibahas sebelumnya. Oleh sebab itu, sebaiknya tuliskan kerangka penulisan teks deskripsi sebelum memulainya. Kembangkan paragraf secara bertahap dan logis.

Oke, itulah penjelasan ringkas mengenai struktur teks deskripsi, disertai contoh dan kaidah kebahasaannya. Jadi, jika kamu ingin membuat teks deskripsi, jangan lupa untuk memperhatikan unsur-unsur yang sudah dibahas di atas, ya!

Kalau kamu mau belajar lebih asik dan seru lagi? Yuk, lihat video belajar beranimasi di ruangbelajar. Selain belajar melalui video, ada juga soal pembahasan dan rangkumannya, lho! Dijamin kamu pasti makin paham.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Harsiati, Titik dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumber Foto:

Menulis teks. Tautan: https://www.bljesak.info/lifestyle/flash/veliki-broj-nepismenih-tesko-do-zaposljavanja/33365

 

Artikel ini terakhir diperbarui pada 14 Agustus 2023.

Hani Ammariah