Bagian-Bagian Tumbuhan yang Penting dan Fungsinya | Biologi Kelas 8

bagian bagian tumbuhan dan fungsinya - organ tumbuhan

Artikel Biologi kelas 8 ini menjelaskan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Mulai dari akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Yuk, kita pelajari bersama!

 

Sama seperti manusia, tumbuhan adalah makhluk hidup yang punya beberapa organ penting di dalam ‘tubuh’ nya.

Lah, tumbuhan punya organ?

Punya dong, tapi organ yang dimaksud bukan otak atau jantung yaa. Dari bentuk tubuh luarnya aja beda, tentu dalamnya juga beda. Tumbuhan punya beberapa organ yang berperan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya.

Emang sepenting apa sih peran-perannya?

Nah, daripada kamu penasaran, berikut penjelasan mengenai organ tumbuhan dan fungsinya. Tumbuhan memiliki 6 bagian penting, yaitu akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Yuk, simak penjelasannya!

 

1. Akar

Kenapa pohon yang batangnya besaaaar banget bisa tumbuh tinggi dan kuat? Itu semua karena pondasinya, yaitu akar. Akar adalah bagian pokok tumbuhan yang biasanya tumbuh di bawah permukaan, yaitu di dalam tanah. Dari dalam tanah inilah akar bisa memperkokoh tumbuhan yang semakin tumbuh menjulang ke atas.

Biasanya, akar berwarna putih atau kuning muda, dan bentuk ujungnya panjang meruncing. Karena bentuknya yang seperti itu, maka akar bisa dengan mudah menembus tanah untuk menyerap makanan.

Makanannya akar adalah unsur hara, seperti air dan garam mineral. Dengan kata lain, fungsi akar adalah untuk menyerap nutrisi dari unsur hara, yang nantinya akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Semakin dewasa tumbuhan, maka semakin panjang dan menjalar juga akarnya. Itu karena akar akan terus menembus tanah demi mencari unsur hara di sekitarnya.

Akar tumbuhan juga punya beberapa jenis. Tapi jenis akar yang paling umum dan sering ditemukan adalah akar serabut dan akar tunggang. Lalu, apa sih bedanya akar serabut dengan akar tunggang?

Perbedaan akar serabut dan tunggang

 

Nah, sekarang coba deh tebak, pohon di bawah ini akarnya tumbuh di mana? Di atas atau di bawah tanah?

Mengenal 5 Organ Penting Tumbuhan dan Fungsinya

   Pohon Baobab di Madagaskar, Afrika. (Sumber: kumparan.com)

 

Kelihatannya sih kayak tumbuh di atas yaa, kayak kebalik gitu ditanamnya. Padahal, akarnya tetap tumbuh di bawah tanah, lho! Pohon ini namanya pohon Baobab, dan biasanya ditemui di benua Afrika.

Nggak cuman bentuknya yang unik, pohon ini juga punya khasiat kesehatan sampai untuk ritual adat dan agama. Pohon Baobab sampai dijuluki “Tree of Life”, karena memberi banyak manfaat untuk masyarakat sekitar dan umurnya yang bisa mencapai ribuan tahun. Wow, ternyata ini pohon juga saksi sejarah juga ya!

Baca Juga: 5 Jenis Jaringan Tumbuhan dan Fungsinya

 

2. Batang

Beda sama akar yang tumbuhnya di bawah tanah, kalau batang, ya, tumbuhnya di atas. Batang adalah sumbu tumbuhan yang menopang daun, bunga, dan buah. Bentuk batang seperti silinder, yaitu panjang dan bulat. Batang akan tumbuh tinggi ke atas supaya bisa dapetin cahaya matahari dan udara yang cukup.

Terus, gimana dengan tumbuhan kayak jagung dan padi? Mereka punya batang nggak ya?

Tetap punya dong. Jenis batangnya jagung dan padi emang beda sama tumbuhan lainnya, yaitu batang rumput. Selain batang rumput, ada juga beberapa jenis batang lainnya, yaitu sebagai berikut:

jenis-jenis batang dari organ tumbuhan

 

Nggak cuman menopang tumbuhan, batang juga berfungsi untuk menyalurkan unsur hara dari akar ke seluruh organ tumbuhan. Jadi, unsur hara yang sudah diserap oleh akar, akan diedarkan ke daun, bunga, dan buah melalui batang.

 

3. Daun

Melihat keluar jendela, ada pohon, pasti lihat daun. Lagi jalan di trotoar, pasti nginjek daun. Dari semua organ tumbuhan, pasti teman-teman paling familier dengan daun dong. Yap, daun itu yang biasanya warnanya hijau dan seringkali berguguran dari pohonnya.

Daun adalah salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dan menempel pada batang. Bentuknya tipis, lebar, dan biasanya berwarna hijau. Nah, kenapa sih daun ini kebanyakan warnanya hijau? Jawabannya karena adanya klorifil, gengs!

fungsi klorofil

 

Selain warna hijau, daun dari beberapa tanaman juga bisa berwarna lain loh. Bukan karena perubahan musim ya, tapi emang warnanya nggak hijau dari sananya. Warnanya bisa nggak hijau karena zat warna yang dimiliki si daun bukan klorofil, tapi zat warna lain. Kalau zat warna jingga adalah karotenoid, zat warna kuning adalah tnnin, dan zat warna merah keunguan adalah anthocyanin.

Daun punya peran atau fungsi penting bagi tumbuhan, yaitu sebagai tempat di mana proses fotosintesis. Tapi, fotosintesis hanya terjadi saat ada cahaya ya, misalnya cahaya matahari. Selain itu, peran daun lainnya adalah sebagai organ yang mengeluarkan oksigen segar (O2) dan menyerap karbon dioksida (CO2).

Baca Juga: Fotosintesis, Menjelaskan Bagaimana Cara Tumbuhan Makan?

Ternyata bentuk daun itu juga berbeda loh, kok bisa ya? Iya, karena bentuk daun tergantung dari tulang daun dan jenis tumbuhannya. Secara umum, ada 4 jenis daun berdasarkan bentuk tulangnya, di antaranya:

jenis jenis daun

 

a. Daun Menyirip

Jenis daun ini memiliki struktur tulang yang bentuknya menyirip, seperti susunan tulang ikan. Contohnya seperti daun mangga, daun jambu, daun rambutan, dan lain sebagainya.

b. Daun Menjari

Seperti namanya, daun menjari memiliki bentuk seperti susunan jari-jari tangan kita. Jumlah helaian pada daun menjari, umumnya ganjil. Contohnya daun singkong, daun pepaya, daun jarak, daun mentimun, dan masih banyak lagi.

c. Daun Melengkung

Daun melengkung memiliki bentuk tulang seperti garis-garis yang melengkung. Bahkan, ada juga daun melengkung yang bentuknya seperti mangkok. Contoh daun melengkung, di antaranya daun genjer, daun eceng gondok, daun sirih, daun gadung, dan lain-lain.

d. Daun Sejajar

Daun sejajar punya ciri khas yang berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar. Contohnya seperti rumput, daun jagung, daun padi, daun tebu, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Macam-Macam Gerak pada Hewan dan Tumbuhan

 

4. Bunga

Teman-teman, pasti pada tahu sama bunga kan? Itu loh, yang biasanya di film-film kalau ada orang yang mau mengungkapkan kasih sayang ke orang yang dia cintai, pasti dibawain bunga. Sebenarnya, kenapa sih kalau mau menunjukkan rasa sayang atau pas ada acara formal, pasti ada bunga? Ya karena bunga itu cantik, warnanya mencolok, dan wangi.

Kalau kamu perhatiin, bunga punya bentuk yang berbeda-beda. Tapi sebenarnya, bunga selalu punya struktur dasar yang sama loh. Umumnya, bunga memiliki kelopak, mahkota, serta alat kelamin, yaitu benang sari dan putik.

Bunga jantan, hanya memiliki benang sari. Begitupun dengan bunga betina yang hanya memiliki putik. Meskipun begitu, ada juga bunga yang punya dua alat kelamin, loh! Bunga jenis ini dinamakan bunga sempurna, karena punya benang sari dan putik sekaligus. Contohnya adalah bunga sepatu.

bagian-bagian bunga sebagai organ tumbuhan yang penting

 

Selain fisiknya yang cantik, apa sih fungsi utamanya bunga? Bunga adalah salah satu alat reproduksi tumbuhan. Perkembangbiakan ini sangatlah penting, kalau enggak, tumbuhan bisa punah. Nah, bunga berkembangbiak melalui penyerbukan. Apa itu penyerbukan ya?

apa itu proses penyerbukan

 

5. Buah

Setelah proses penyerbukan di bunga, akhirnya terjadilah proses pembuahan yang menghasilkan buah. Buah adalah hasil akhir dari penyerbukan yang terjadi di bunga. Buah terdiri atas beberapa struktur, yaitu:

bagian-bagian buah

 

Buah berfungsi sebagai tempat cadangan makanan dan melindungi biji. Makanya, buah mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh kita, loh. Oleh sebab itu, jangan lupa konsumsi buah sebagai penambah gizi harianmu, ya.

Baca Juga: Teknologi yang Terinspirasi dari Jaringan Tumbuhan

 

6. Biji

Bagian tumbuhan penting terakhir, yaitu biji. Biji adalah cikal bakal tanaman baru. Artinya, semua tumbuhan yang ada di bumi ini, asalnya dari biji. Berdasarkan jumlah kepingnya, biji dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu biji berkeping satu (monokotil) dan biji berkeping dua (dikotil).

Lalu, apa sih bedanya biji dikotil dengan monokotil? Secara jelas, kamu bisa membedakan keduanya, karena baik biji dikotil maupun monokotil, punya perbedaan yang spesifik, mulai dari akar, batang, daun, bunga, hingga buah. Berikut ciri-ciri tumbuhan monokotil dan dikotil yang bisa kamu amati:

perbedaan tumbuhan dikotil dengan monokotil

 

Jadi, itulah enam organ tumbuhan yang penting beserta fungsinya. Tapi, kalau cuman tahu organ-organnya, itu masih kurang cukup loh. Seharusnya kamu juga tahu tentang tumbuhan secara menyeluruh. Mau belajar lebih lengkap? Yuk, tonton aja videonya di ruangbelajar! Ada video animasi yang menarik dan nggak bosenin, biar kamu makin semangat belajarnya.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi: 

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTS Edisi Revisi 2017. Jakarta: Balitbang Kemendikbud

Sumber Foto:

Foto ‘Pohon Baobab di Madagaskar, Afrika’ [daring], Tautan: https://kumparan.com/kumparansains/pohon-pohon-baobab-kuno-di-afrika-mati-secara-misterius/full

Artikel ini diperbarui pada 3 Oktober 2023.

Almas Tyas