Pengertian Artikel, Ciri, Struktur & Jenisnya | Bahasa Indonesia Kelas 12

Pengertian Artikel, Ciri, Struktur, dan Jenisnya | Bahasa Indonesia Kelas 12

Artikel Bahasa Indonesia kelas XII ini menjelaskan pengertian, ciri, struktur dan jenis-jenis sebuah artikel.

--

Jika kamu memiliki hobi membaca, apalagi tulisan-tulisan nonfiksi, pasti kamu nggak asing lagi dengan istilah artikel. Kamu bisa menemukan tulisan artikel pada rubrik khusus di majalah, koran, atau artikel ilmiah yang bisa kamu temukan di Google Scholar, Scopus, dan lain-lain. Bahkan, saat ini pun kamu sedang membaca sebuah artikel, lho.

Hmm, tapi apa sih yang dimaksud dengan artikel itu? Bagaimana struktur dan apa saja jenis-jenis artikel? Simak penjelasan berikut, ya.

 

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Artikel bertujuan untuk menyampaikan gagasan dilengkapi data dan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. Sebuah artikel dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca, lho. Menurut kamu, ketika membaca Blog Ruangguru, manfaat apa yang dirasakan? Komen di bawah yaa~

 

Tujuan Artikel

Setiap hal yang kita coba untuk sampaikan dalam tulisan, tentunya memiliki tujuan, ya guys. Tulisan-tulisan tersebut misalnya teks prosedur yang tujuannya untuk memberi petunjuk, teks eksplanasi untuk menjelaskan sesuatu. Nah di artikel ini kita membahas tentang tujuan dari teks artikel.

Tujuan dari artikel bisa di lihat dari 2 sudut pandang, yakni tujuan bagi penulis artikel, dan tujuan bagi pembacanya. Tujuan teks artikel bagi penulis iyalah:

  • Sarana untuk menyampaikan gagasan,
  • Sarana untuk berpikir secara sistematis,
  • Sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah,
  • Sarana untuk menguraikan atau membahas pokok masalah yang telah ditentukan oleh peneliti,
  • Sarana untuk menjelaskan atau membahas suatu masalah sesuai bidang ilmu tertentu.

Nah itu tadi beberapa tujuan artikel bagi penulis. Sementara itu, tujuan dan manfaat yang diterima pembaca artikel adalah sebagai berikut:

  • Sarana mendapatkan pengetahuan dan informasi
  • Sarana untuk mengedukasi 
  • Sarana hiburan bagi pembaca


Ciri-ciri Artikel

Setelah tau tujuan artikel dari sisi penulis maupun pembaca, sekarang kita pelajari tentang apa saja ciri-ciri artikel, ya! Kamu dapat mengidentifikasi sebuah teks artikel, jika tulisan tersebut memiliki ciri sebagai berikut:

Ciri - ciri artikel

 

1. Isi tulisan dalam artikel didasari oleh fakta

Seluruh tulisan dalam artikel merupakan kejadian yang nyata dan bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

 

2. Bersifat faktual dan informatif

Artikel bersifat faktual yang berarti berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran. Serta informatif yang berarti memberikan informasi berdasarkan hasil penelitian yang dapat dipastikan kebenarannya.

 

3. Mengandung opini atau gagasan yang subyektif

Artikel ditulis berdasarkan gagasan atau opini penulisnya. Akan tetapi, pemikiran tersebut dilandasi oleh fakta, hasil penelitian, maupun teori.

 

4. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Agar mudah untuk diterima pembaca, artikel juga ditulis dengan komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Maka dari itu artikel juga disebut sebagai tulisan ilmiah populer.

 

5. Penulisan artikel dibuat dengan sistematis

Artikel memiliki bagian-bagian tertentu dan ditulis secara sistematis,  sehingga pembaca dapat mengerti isinya dengan mudah.

Nah, setelah kamu tahu pengertian dan ciri-ciri artikel. Kira-kira kamu tertarik nggak untuk membuat artikel? Eiits, tapi sebelum itu, kamu harus tahu dulu gimana struktur sebuah artikel. 

Hmm, seperti yang kita tahu, setiap teks pasti memiliki struktur. Dengan memahami struktur teks, kita dapat lebih mudah untuk membuat artikel, lho!

---

Sebelum lanjut ke materi struktur artikel, aku mau kasih tau program persiapan UTBK terlengkap dari Ruangguru, nih! Yu, klik banner di bawah untuk informasi lebih lanjut~

Paket Kilat UTBK

 

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian Pernyataan pendapat atau tesis, bagian argumentasi, dan bagian pernyataan ulang atau reiterasi. Penjelasannya ada di bawah ya:

1. Pernyataan pendapat atau tesis

Bagian pada struktur artikel ini berisi uraian aktual yang penting untuk dijadikan pijakan pembahasan di dalam artikel.

2. Argumentasi

Kemudian, bagian argumentasi yang berisi permasalahan yang coba dibahas dan akan dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan ulang atau Reiterasi

Bagian struktur artikel yang terakhir yakni berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke dalam bentuk simpulan.

 

Jenis-jenis Artikel

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitan, jenis artikel dibedakan menjadi empat macam nih. Kita bahas jenis-jenis artikel satu persatu ya:

 

1. Artikel praktis

Artikel praktis merupakan artikel yang mengutamakan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini cenderung naratif, artinya pesan yang disusun sesuai dengan urutan waktu, peristiwa, atau tahapan. 

Kamu pernah membaca artikel tentang petunjuk membuat sesuatu atau cara memperbaiki dan mengoperasikan suatu alat? Nah, itu termasuk ke dalam artikel praktis.

contoh artikel praktis

Contoh artikel praktis yang membahas langkah-langkah penting dalam mengisi PDSS SNMPTN
(sumber: www.ruangguru.com/blog)

 

2. Artikel ringan 

Hal utama yang dibahas dalam artikel ini ialah masalah yang ringan dan nggak butuh pemahaman yang mendalam. Biasanya, penulis mengemas artikel ini dengan humor atau memberi kesan menghibur pembaca, tapi isinya tetap informatif ya. 

Jadi, pembaca tidak perlu berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan. Kamu bisa menemukan artikel ini di majalah remaja, koran, atau blog. Contohnya kayak di Blog Ruangguru di bawah ini.

contoh artikel ringan

Contoh artikel ringan yang membahas kenapa hujan bikin kita galau, mager, dan laper?(sumber: www.ruangguru.com/blog)

 

3. Artikel opini

Secara umum semua artikel adalah opini. Tapi, jenis artikel ini cuma ada di dalam surat kabar atau majalah yang punya penempatan khusus, lho. Penempatan khusus ini terdapat dalam rubrik misalnya kolom opini, tajuk rencana atau editorial, dan lain-lain. Oh ya, biasanya artikel ini membahas suatu permasalahan secara mendalam, jadi akan lebih baik bila penulis harus memiliki pemahaman dan sudah ahli di bidang tersebut.

 

4. Artikel analisis ahli 

Jenis artikel ini bisa dikatakan bentuk artikel yang paling “serius” diantara artikel lainnya. Artikel analisis ahli berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau penelitian, misalnya skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya. 

Ciri khasnya yaitu penyajiannya yang tidak panjang lebar tetapi tidak mengurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat pada jurnal-jurnal ilmiah. Bedanya, artikel lain biasa menggunakan bahasa populer, sedangkan artikel ini harus memakai bahasa baku atau ilmiah. Beberapa orang menyebutnya artikel ilmiah.

 

Contoh Artikel

Setelah membahas tentang pengertian, ciri, struktur, dan jenis dari artikel, kita coba untuk simak satu contoh dari artikel ya. Menurutmu artikel dibawah ini termasuk jenis apa, guys?

Contoh artikel

 

Itulah pengertian, struktur, dan jenis-jenis artikel. Terima kasih ya sudah belajar hari ini! Buat kamu yang masih penasaran tentang materi artikel atau materi bahasa Indonesia lainnya, kamu bisa banget nih liat materinya di ruangbelajar! ada fitur konsep kilat yang bisa bikin belajarmu jadi sat set sat set, dan juga menyenangkan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download sekarang!

ruangbelajar

Referensi:
Darmawati, Uti dan Y. Budiarti. 2014. Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK Muatan Nasional. Jakarta: Intan Pariwara



Artikel diperbarui 21 Januari 2022.

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru