Kecerdasan Emosional Sebagai Pengajar, Mengapa Penting?

Sabtian Adiansyah Jul 30, 2021 • 3 min read


SG_-_ruangpengajar_Kecerdasan_Emosional_Sebagai_Pengajar-01

Artikel ini adalah rangkuman acara NGUPAS (Ngumpul Asyik) Vol. 12 oleh tim ruangpengajar pada tanggal 28 Mei 2021 melalui live streaming di Zoom dengan pembicara Fathurrizqi Sefiyan, Master Teacher Pedagogy Ruangguru dan Annafi Avicenna Fikri, Senior Community & Counselling Officer Ruangguru.

--

Guna meningkatkan kesadaran pengajar tentang pentingnya kecerdasan emosional dalam pendidikan terhadap murid, orang tua murid, rekan kerja, dan lembaga pendidikan, NGUPAS Vol. 12 mengadakan webinar tentang pentingnya kecerdasan emosional bagi pengajar.

Pengelolaan emosi sangat penting dilakukan oleh pengajar pada saat pembelajaran maupun dalam menghadapi suatu masalah, karena dalam memecahkan suatu masalah harus disertai emosi yang benar-benar terkontrol dan mengurangi emosi negatif. Agar pembelajaran berlangsung optimal dan menghasilkan hasil belajar yang maksimal, pengajar diharapkan mampu mengembangkan kecerdasan emosional sebagai salah satu pengalaman dari etika kerja profesi sebagai pendidik.

Baca juga: Apa Saja Standar Kompetensi Guru yang Harus Dimiliki?

Kecerdasan emosi menentukan potensi kita untuk mempelajari keterampilan-keterampilan praktis yang didasarkan pada lima unsurnya yaitu kesadaran diri, memotivasi, pengaturan diri, empati, dan kecakapan dalam membina hubungan dengan orang lain. Jika dikaitkan dengan kecerdasan emosional seorang pengajar adalah kemampuan pengajar dalam mengenali emosi diri, pengendalian diri, memotivasi diri, empati dan membina hubungan guna memberikan wadah bagi para peserta didik untuk lebih memperhatikan perilaku mereka.

Secara tidak langsung peserta didik akan mengikuti apa yang pengajar lakukan. Hal ini terlihat ketika seorang pengajar memiliki kecerdasan berempati, yaitu kemampuan seseorang untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain dan seakan-akan orang lain tertarik dengan apa yang dilakukan pengajar tersebut. 

Maka dari itu, dibutuhkan pengetahuan dan panduan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya kecerdasan emosional bagi pengajar ke arah yang lebih baik. Nah, untuk tahu lebih jelasnya, simak beberapa poin di bawah ini yang disajikan dalam bentuk infografis.

kecerdasan emosional

kecerdasan emosional

kecerdasan emosional

kecerdasan emosional

kecerdasan emosional

SG_-_ruangpengajar_Kecerdasan_Emosional_Sebagai_Pengajar-07 (1)

kecerdasan emosional

kecerdasan emosional

-----

Demikian pembahasan tentang pentingnya kecerdasan emosional sebagai pengajar. Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda dalam mengelola emosional Anda sebagai pengajar. Ruangguru mengajak Anda untuk menjadi mitra pengajar di ruangpengajar. Dapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah sekarang juga! Yuk, daftarkan diri Anda dan ajak rekan Anda untuk daftar di ruangpengajar

ruangpengajar

Profile

Sabtian Adiansyah

Beri Komentar